Pakai Masker Praktis Sheet Mask, Jangan Lakukan Kesalahan Berikut

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Minggu, 25 November 2018 07:20 WIB
Pakai Masker Praktis Sheet Mask, Jangan Lakukan Kesalahan Berikut

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebagian orang suka memakai sheet mask atau masker siap pakai yang berbentuk lembaran tipis. Masker ini lebih praktis karena tinggal membuka kemasannya dan mengepaskan bentuknya pada wajah, tunggu beberapa menit, dan rasakan manfaatnya.

Baca: Lagi Tren Masker Arang, Coba Bikin Sendiri dengan Resep Ini

Buat kamu yang tak punya waktu untuk membuat ramuan masker sendiri, mengaduk-aduk bahan masker sampai tercampur rata, dan perlahan mengaplikasikan masker dengan kuas ke wajah, sheet mask bisa menjadi alternatif yang tepat. Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Siloam Jakarta, Edwin Tanihaha mengatakan tak ada batasan usia dalam memakai masker.

Mengenai penggunaan sheet mask yang kian digemari, Edwin mengingatkan ada beberapa hal yang kerap terlewat sebelum, saat, dan setelah menggunakannya. Praktis boleh, tapi hal-hal prinsip ini tak bisa ditinggalkan:

1. Tak membersihkan wajah
Sebagaimana syarat utama merias wajah dan menjelang tidur, wajah juga harus dalam kondisi bersih sebelum memakai masker. Selain praktis, salah satu kelebihan sheet mask adalah tekstur yang ringan sehingga mudah meresap ke dalam kulit.

Jadi, jangan sampai ada sisa kotoran yang menghalangi penyerapan nutrisi dari masker. Kalau sampai tak terserap, akibatnya akan mengendap dan memicu timbulnya jerawat.

"Sebelum pakai masker, bersihkan wajah agar penyerapan lebih maksimal," kata Edwin Tanihaha. "Bisa juga dengan mengaplikasikan krim malam atau serum sebelum menggunakan sheet mask agar serum bisa menyerap lebih dalam."

2. Perhatikan kandungannya
Perhatikan kebutuhan kulitmu dan sesuaikan dengan kandungan pada sheet mask. Untuk kulit kering, Edwin Tanihaha menyarankan masker yang mengandung pelembap dan kaya asam hialuronat, vitamin B5, vitamin C, serta ekstrak buah murbei.

Untuk kulit berjerawat, pilih sheet mask yang mengandung minyak pohon teh untuk mengurangi minyak berlebih. Adapun kulit berminyak, menurut dia, lebih baik memilih masker yang mengandung vitamin C atau teh hijau untuk mengontrol minyak.

3. Durasi memakai masker
Edwin Tanihaha mengatakan durasi maksimal pengaplikasian masker adalah 20 sampai 30 menit. Jika lebih dari itu, masker akan mengering dan menarik kembali kandungan yang sudah masuk ke dalam kulit. "Waktu yang tepat untuk melepaskan sheet mask adalah saat masih lembap kemudian esens yang masih tersisa bisa dipakai untuk leher dan tangan," ucap Edwin.

4. Mencuci wajah setelah pakai masker
Wajib membersihkan wajah ketika memakai masker bubuk atau krim. Tapi saat menggunakan sheet mask, Edwin Tanihaha mengatakan justru tak boleh membilasnya. Musababnya, fungsi utama sheet mask adalah memberikan kelembapan ekstra pada wajah. "Jika dibasuh, maka kandungan itu akan hilang," kata Edwin.

5. Tidak menepuk-nepuk wajah
Sensasi dingin sheet mask saat menyentuh kulit wajah membuat terlena dan ingin menikmati kesegarannya. Namun demikian, Edwin Tanihaha mengimbau untuk menepuk-nepuk permukaan wajah saat menggunakan sheet mask agar penetrasi kandungan dalam masker bisa lebih dalam sehingga hasil akhirnya lebih optimal.

AURA

Artikel lainnya:
Cerahkan Wajah dengan Air Beras Hingga ke Sarinya, Ikuti Cara Ini