Jasvir Sanghera atau Mama Duu, koki asal Thailand di Thai Food Festival, di Le Meridien, Jakarta Pusat, Senin 1 Oktober 2018 (Tempo/Astari P Sarosa)

kuliner

Nikmati Makanan Autentik Thailand di Thailand Food Festival

Rabu, 3 Oktober 2018 15:51 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan Thailand memiliki cita rasa yang kaya rempah. Beberapa makanan Thailand yang populer antara lain Panaeng Nue, Nam Prikong, Gaeng Poo, Mango Sticky Rice, dan Gai Takrai. Panaeng Nue adalah menu tradisional Thailand Tengah dari daging sapi dengan saus kari.

"Sekarang jarang orang bisa memasak makanan ini karena resepnya cukup rumit," kata koki asal Thailand Jasvir Sanghera atau Mama Duu di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin 1 Oktober 2018.

Makanan khas Thailand, Mango Sticky Rice, yang ada di Thailand Food Festival di Hotel Le Meridien Jakarta. TEMPO/Astari P Sarosa

Mama Duu yang pernah menjadi kepala koki di JW Marriott Khao Lak Resort dan Spa, Thailand dan sudah bekerja di dunia kuliner selama 30 tahun, akan memasak Nam Prikong yang berwujud daging sapi panggang dan di negara asalnya menggunakan kulit babi. Namun di Indonesia, menu ini tidak menggunakan bahan tersebut sehingga tetap halal.

Makanan Thailand yang autentik di Thai Food Festival, di Le Meridien, Jakarta Pusat, Senin 1 Oktober 2018 (Tempo/Astari P Sarosa)

Ada pula Gaeng Poo, yaitu kepiting dengan kari dari Phuket, makanan khas Thailand populer Mango Sticky Rice, dan Gai Takrai, yaitu ayam cincang dengan serai. "Semua hidangan itu bisa dinikmati di Thailand Food Festival di Hotel Le Meridien dari tanggal 1 sampai 21 Oktober 2018," kata Roger Rechsteiner, Direktur Makanan dan Minuman Le Meridien Jakarta, Senin 1 Oktober 2018.

Makanan Thailand yang autentik di Thai Food Festival, di Le Meridien, Jakarta Pusat, Senin 1 Oktober 2018. TEMPO/Astari P Sarosa

Tak cuma mencicipi makanan khas Thailand, Roger Rechsteiner menambahkan, pengunjung juga bisa belajar masak makanan Thailand melalui kelas memasak bersama Koki Mama Duu.

Makanan khas Thailand Gaeng Poo yang ditawarkan di Thailand Food Festival. TEMPO/Astari P Sarosa

"Ini inisiatif yang sangat bagus karena menonjolkan kelezatan makanan Thailand. Saya rasa Thailand Food Festival ini akan banyak digemari karena budaya Indonesia dan Thailand mirip," kata Jiraporn Sudanich, Deputy Chief of Mission dari Kedutaan Besar Kerajaan Thailand.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA