4 Makanan yang Baik untuk Ginjal

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang-kacangan. Pixabay.com

Ilustrasi kacang-kacangan. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ginjal adalah organ yang menghasilkan hormon penting untuk kesehatan, menyeimbangkan elektrolit, dan m menyaring produk limbah dari darah. Untuk menjaga fungsi dan kesehatannya, berikut makanan yang baik untuk ginjal dan sebaiknya dikonsumsi setiap hari.

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah makanan super berukuran kecil namun ampuh dalam mengurangi peradangan dan memuaskan rasa lapar Anda dengan cepat. Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan protein nabati, serat, antioksidan, lipid yang menyehatkan jantung, dan asam lemak omega-3.

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga dapat membantu pembersihan ginjal dengan lebih efektif karena kaya akan potasium dan fosfor.

2. Bawang putih

Bawang putih terkenal dengan kualitas terapeutiknya, dan salah satu bahan utamanya adalah allicin, yang memiliki kualitas antibakteri dan anti-inflamasi. Konsumsi bawang putih secara teratur dapat melindungi fungsi ginjal, menurunkan tekanan darah, dan mencegah penyakit jantung yang terkait dengan kolesterol tinggi.

3. Paprika

Paprika merah baik untuk kesehatan ginjal karena kandungan potasiumnya yang rendah. Paprika juga mengandung mineral lain, pewarna, rasa, serat, asam folat, vitamin C, B6, dan A, dan likopen, antioksidan yang melindungi terhadap beberapa jenis kanker.

4. Ikan berlemak

Karena kaya akan asam lemak omega-3, ikan berlemak memberikan manfaat kesehatan kardiovaskular dengan mengurangi peradangan. Salmon menurunkan kolesterol darah, sehingga menurunkan risiko penyakit ginjal. Komposisi proteinnya yang berkualitas tinggi meningkatkan kesehatan otot dan umum.

Pilihan Editor: 3 Jenis Makanan Ini Berbahaya untuk Ginjal, Ada Daging Olahan

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."