Ilustrasi silica gel. Pixabay.com

ragam

Jangan Buang Silica Gel, Manfaatkan untuk Kebersihan Rumah

Rabu, 2 Mei 2018 12:52 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Dalam sebuah kemasan produk biasanya terdapat bungkusan kecil yang berisi butiran-butiran bola kecil seperti kristal. Itu adalah silica gel. Benda ini sebenarnya memiliki banyak manfaat. Namun sayang, biasanya orang langsung membuang benda tersebut beserta kemasan barang atau produk yang dibelinya.

Silica gel umumnya ditempatkan bersama sebuah produk di dalam kemasan agar produk tersebut tidak berjamur. Sebab, benda ini bisa menyerap lembap. Jika digunakan pada rumah tangga, benda ini bisa dimanfaatkan untuk urusan kebersihan rumah. Mengutip laman metro.co.uk, berikut ini beberapa tips menggunakan silica gel untuk kebersihan rumah.

Artikel lainnya:
3 Kebiasaan yang Bikin Kamar Tidur Selalu Berantankan
Singkirkan 10 Benda yang Bikin Kamar Tidur Tak Nyaman

Menjaga handuk dari aroma tidak sedap
Selain dapat menghilangkan aroma tidak sedap pada baju olahraga dan sepatu, silica gel dapat menjaga handuk bebas dari bau apek. Anda dapat meletakkan benda tersebut di dekat tempat gantungan handuk, yang identik dengan kelembapan karena digunakan untuk mengeringkan tubuh.

Menjaga kualitas foto lama
Foto yang bersih dari debu tetap bisa rusak. Jadi, agar lebih awet, gunakan silica gel. Sebab, silikon dioksida ini dapat membantu menjaga foto-foto lama agar tidak saling menempel, atau merekat pada kaca bingkai akibat lembap. Anda dapat menyimpan gel tersebut di dalam boks yang di dalamnya terdapat foto-foto.

Menghilangkan bau tidak sedap
Rumah bersih bukan berarti bebas bau. Terlebih, bau tidak bisa disapu ke luar rumah layaknya debu dan kotoran lain. Nah, dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan silica gel untuk menyerap bau tak sedap. Benda ini juga bisa diletakkan dalam tas olahraga agar aroma tak sedap dari sepatu serta kaos berkeringat tidak menempel di dalamnya.

Menjaga perhiasan tetap berkilau dan bersih
Perhiasan yang disimpan dalam rumah bisa rusak karena udara yang lembap. Kerusakan ini berupa pudar atau kusamnya warna perhiasan. Jadi, untuk mencegahnya, cobalah meletakkan silica gel di dalam kotak atau wadah perhiasan. Gel ini akan menjaga kilau asli perhiasan Anda.

Baca juga: Gaji Generasi Milenial Rp 10 Juta tapi Susah Punya Rumah, Kenapa?

Membantu mengeringkan ponsel basah
Mungkin tanpa sengaja ponsel Anda terjatuh di kamar mandi atau wastafel. Cara sederhana yang umum dilakukan untuk mengeringkan ponsel tersebut adalah meletakkannya di dalam butiran beras. Daripada merendam ponsel basah tersebut di dalam beras, Anda dapat menggunakan silica gel. Benda ini jauh lebih efisien dan lebih mudah menyerap air, sehingga ponsel cepat kering secara sempurna.