7 Cara Menyimpan Kue Kering agar Tahan Lama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Konsumen memilih paket hantaran kue lebaran di J & C Cookies di Bandung, Jawa Barat, 30 Maret 2023.  TEMPO/Prima Mulia

Konsumen memilih paket hantaran kue lebaran di J & C Cookies di Bandung, Jawa Barat, 30 Maret 2023. TEMPO/Prima Mulia

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kue kering menjadi sajian tak terpisahkan saat berkumpul bersama keluarga dan sahabat di momen Ramadan dan Lebaran. Namun, bagaimana agar kue kering tetap lezat dan segar meskipun disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama?

Berikut cara menyimpan kue kering agar tetap tahan lama dan menjaga kelezatannya:

1. Simpan dalam Wadah Kedap Udara

Salah satu kunci utama agar kue kering tetap baik adalah menyimpannya dalam wadah kedap udara. Hindari menyimpan kue kering di tempat terbuka atau dalam kemasan yang tidak kedap udara, karena udara bisa membuat kue cepat menjadi lembek dan kehilangan teksturnya. Gunakan wadah plastik atau toples yang rapat dan pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalamnya.

2. Hindari Tempat Panas

Suhu dan cahaya matahari dapat mempercepat proses pengoksidasi pada kue kering, sehingga membuatnya cepat rusak. Pastikan tempat penyimpanan kue kering berada di tempat yang sejuk, kering, dan tidak terkena sinar matahari langsung. Hindari juga meletakkan kue kering, terutama yang memiliki cokelat atau icing di dekat sumber panas seperti kompor atau oven.

3. Gunakan Kertas Roti atau Tisu

Sebelum menyimpan kue kering dalam wadah, alasi bagian bawah dan atas kue dengan kertas roti atau tisu. Hal ini akan membantu menyerap kelembaban yang mungkin ada pada kue dan mencegahnya menjadi lembek. Pastikan kertas roti atau tisu yang digunakan bersih dan kering untuk menghindari pertumbuhan jamur.

4. Pisahkan Jenis Kue yang Berbeda

Jika Anda menyimpan beberapa jenis kue kering dalam satu wadah, pastikan untuk memisahkan antara satu jenis dengan jenis lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah aroma dan rasa dari satu jenis kue menular ke kue yang lain. Gunakan pembatas atau wadah terpisah untuk setiap jenis kue kering agar tetap segar dan memiliki rasa yang autentik.

5. Jangan Simpan Dekat Bahan Berbau

Kue kering mudah menyerap aroma dari bahan-bahan lain di sekitarnya. Oleh karena itu, hindari menyimpan kue kering terlalu dekat dengan bahan-bahan yang memiliki aroma kuat atau berbau tengik seperti bawang, bawang putih, atau rempah-rempah. Pilih tempat penyimpanan yang jauh dari sumber aroma yang tidak diinginkan.

6. Perhatikan Kadar Kelembaban

Kue kering cenderung menjadi lembab jika disimpan dalam kondisi yang belum kering. Pastikan kue sudah kering dan benar-benar dingin ketika dimasukkan ke toples.

Selain itu, tempat penyimpanan kue kering seharusnya memiliki kadar kelembaban yang rendah, terutama jika Anda tinggal di daerah dengan udara lembab. Anda bisa menggunakan silica gel atau bahan penyerap kelembaban lainnya untuk menjaga kue tetap kering.

7. Rutin Periksa dan Bersihkan Wadah

Selalu periksa kondisi wadah penyimpanan kue kering secara rutin. Pastikan wadah tersebut dalam keadaan bersih dan kering sebelum digunakan kembali. Bersihkan wadah secara teratur untuk menghindari semut, dan pertumbuhan jamur atau bakteri yang dapat merusak kue. Dengan menjaga kebersihan wadah penyimpanan, kue kering Anda akan tetap segar dan tahan lama.

Pilihan Editor: 5 Tips Memulai Bisnis Kue Kering

YAYUK WIDIYARTI | MEUTIA MURTI DEWI | MILA NOVITA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."