10 Tips Persiapan Magang di Luar Negeri Tanpa Cemas dan Percaya Diri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ariel Syalia Prananda, mahasiswa komunikasi Unair saat magang selama 4 bulan di kantor Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Indonesia. Dok. Unair

Ariel Syalia Prananda, mahasiswa komunikasi Unair saat magang selama 4 bulan di kantor Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Indonesia. Dok. Unair

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengikuti program magang di luar negeri adalah salah satu cara terbaik untuk memperluas pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman profesional. Namun, seperti halnya dengan setiap perjalanan, ada risiko tidak terduga. Misalnya, dijebak sindikat perdagangan orang seperti yang terjadi di Jerman. 

Melakukan berbagai persiapan dan strategi sebelum berangkat bisa meminimalisir hal tersebut. Dikutip dari Goabroad, inilah 10 tips penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan Anda selama menjalani program magang di luar negeri: 

1. Riset Destinasi Anda

Sebelum berangkat, luangkan waktu untuk melakukan riset menyeluruh tentang negara dan kota tempat Anda akan magang. Ketahui tentang budaya, kebiasaan, aturan, dan kondisi keamanan di sana. Mengetahui informasi ini akan membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik dan mengurangi risiko kesulitan yang tidak perlu.

2. Peroleh Informasi Medis

Pastikan Anda memiliki asuransi kesehatan yang berlaku di negara tujuan Anda. Periksa apakah vaksin tertentu diperlukan atau disarankan sebelum berangkat. Selain itu, catat informasi kontak penting, seperti nomor darurat lokal dan alamat rumah sakit terdekat. Jika Anda akhirnya membutuhkan perawatan medis saat berada di luar negeri, tidak perlu khawatir karena tidak perlu mengeluarkan biaya sendiri. 

3. Perhatikan Keamanan dan Lingkungan Sekitar

Selalu sadar akan lingkungan sekitar Anda. Hindari daerah yang dianggap berbahaya atau memiliki tingkat kejahatan tinggi, terutama pada malam hari. Gunakan transportasi yang aman dan pastikan untuk memahami rute perjalanan Anda sebelum berangkat.

4. Tetap Terhubung dengan Orang-orang Terpercaya

Buatlah saluran komunikasi yang terbuka dengan rekan magang, supervisor, penegak hukum, atau kontak lokal lainnya yang dapat membantu Anda dalam situasi darurat atau memberikan saran dan dukungan selama masa tinggal Anda.

5. Jaga Kesehatan Mental dan Emosional Anda

Adaptasi dengan lingkungan baru dan budaya yang berbeda dapat menimbulkan stres dan tekanan mental. Cari cara untuk menjaga kesehatan mental dan emosional Anda, seperti berolahraga, menjaga pola makan yang sehat, dan mencari dukungan dari teman-teman atau profesional jika diperlukan. Ini juga merupakan salah satu waktu paling penting untuk menerapkan strategi perawatan diri. Magang di luar negeri bisa membuat stres, karena tidak hanya menavigasi budaya negara baru, namun juga mencoba mencari tahu budaya tempat kerja yang baru.

6. Patuhi Aturan dan Kebijakan Lokal

Pelajari aturan dan peraturan yang berlaku di negara tempat Anda magang, termasuk tentang visa, izin tinggal, dan peraturan lalu lintas. Patuhi aturan tersebut dengan seksama untuk menghindari masalah hukum atau konsekuensi lainnya. Lakukan riset terhadap komunitas tuan rumah Anda dan cari tahu lebih banyak tentang berbagai wilayah di kota tersebut. Bicaralah dengan penduduk setempat.

7. Simpan Salinan Dokumen Penting

Pastikan Anda memiliki salinan dokumen penting seperti paspor, visa, asuransi, dan kartu identitas lainnya. Simpan salinan tersebut di tempat yang aman dan jauhkan dari dokumen asli Anda.

8. Jangan Mudah Percaya

Jangan mudah percaya pada tawaran yang terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, dan waspadai penipuan atau kecurangan yang mungkin terjadi. Jangan ragu untuk bertanya kepada rekan magang atau supervisor jika Anda merasa ada yang mencurigakan.

9. Tetap Berkomunikasi dengan Keluarga dan Teman di Rumah

Berbagi informasi tentang keberadaan dan rencana perjalanan Anda kepada keluarga dan teman-teman di rumah. Tetaplah berkomunikasi secara teratur dengan mereka untuk memberi tahu kondisi Anda dan memperoleh dukungan dari jauh.

10. Ikuti Insting Anda

Terakhir, percayalah pada insting dan intuisi Anda. Jika Anda merasa tidak nyaman atau meragukan situasi tertentu, segera cari bantuan atau keluar dari situasi tersebut. Mungkin tidak ada cara yang lebih aman selain mempelajari  bahasa lokal . Jika magang Anda tidak dilakukan di negara berbahasa Inggris, pelajari dasar-dasarnya sebelum berangkat ke luar negeri.

Itulah 10 tips yang bisa dilakukan saat bersiap magang ke luar negeri. Semoga bermanfaat!

Pilihan Editor: Selain Beasiswa, Program Magang di Luar Negeri juga Bisa Menjadi Pilihan Menarik

MYESHA FATINA RACHMAN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."