Tips Perawatan untuk Mencegah Penuaan Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Potret perempuan dengan gaya poni bottleneck atau bottleneck bangs di Instagram penata rambut Tom Smith asal Amerika Serikat. Foto: Instagram/@tomsmithhd

Potret perempuan dengan gaya poni bottleneck atau bottleneck bangs di Instagram penata rambut Tom Smith asal Amerika Serikat. Foto: Instagram/@tomsmithhd

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter spesialis dermatologi rambut dan estetika dari Universitas Udayana, Nevristia Pratama, memberikan kiat mencegah penuaan rambut sedari dini. Salah satunya dengan menutrisi rambut melalui vitamin dan makanan tinggi protein.

"Kita dapat konsumsi nutrisi atau suplemen vitamin untuk kesehatan rambut, salah satunya makanan tinggi protein, dapat juga konsumsi vitamin C dan B5, dan suplemen dengan kandungan biotin atau zinc," kata Nevri dalam Talkshow dan Media Gathering Ellips di Jakarta, Rabu, 20 Maret 2024.

Nevri menjelaskan penuaan rambut juga bisa terjadi akibat kebiasaan sederhana yang ternyata merusak rambut dan berpotensi rambut menjadi gampang rapuh seperti menyisir dan mengikat rambut saat basah. Berikut tips merawat rambut untuk mencegah penuaan.

Sisir dan Ikat Rambut Saat Kering

Nevri menyarankan untuk menyisir dan mengikat rambut saat rambut sudah kering dan saat styling rambut tidak dianjurkan terlalu panas dan sesuaikan dengan jenis rambut.

"Styling boleh cuma sebaiknya secukupnya dan panasnya nggak terlalu tinggi sesuai dengan jenis rambut," katanya.

Vitamin Rambut

Nevri mengatakan perawatan rambut juga bisa dilakukan dari luar, yakni dengan mengaplikasikan produk vitamin rambut yang mengandung antioksidan tinggi seperti moroccan oil, argan oil, dan flavonoid.

Salah satu fungsi senyawa antioksidan, yaitu untuk melindungi rambut dari proses penuaan dan radikal bebas sinar UV matahari. Antioksidan juga memiliki fungsi lain, yaitu menjaga kelembaban rambut.

"Moroccan oil diketahui bahan utama produk perawatan rambut yang bagus karena mengandung minyak argan, zaitun dan esensial lain, memperkuat struktur rambut helaian dan elastisitas, mencegah peradangan kulit kepala agar pertumbuhan rambut lebih optimal," katanya.

Pijat Rambut

Selain itu juga pijatan lembut pada rambut juga dapat memperlancar peredaran darah di kepala sehingga membuat pertumbuhan rambut lebih optimal.

Potong dan Cuci Rambut

Usahakan juga untuk memotong rambut setidaknya 2 kali setahun agar tidak ada rambut bercabang. "Harus rutin cuci rambut dengan sampo sesuai dengan kondisi rambut, dan potong rambut agar ada pertumbuhan rambut," ucap Nevristia.

Pilihan Editor: Tanda Rambut Menua, Tidak Hanya Beruban

ANTARA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."