Dear Ladies, Kamu Masuk Kategori Perempuan Alpha, Beta atau Omega?

Ilustrasi perempuan tersenyum (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

keluarga

Dear Ladies, Kamu Masuk Kategori Perempuan Alpha, Beta atau Omega?

Jumat, 13 Agustus 2021 20:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjalani berbagai peran merupakan hal yang lumrah bagi perempuan masa kini, terutama di area urban. Mulai dari keseharian dalam meniti karier dan pekerjaan, membangun keluarga, hingga pergaulan sosial di lingkungan masyarakat.

Dalam menjalani kehidupan yang kompleks tersebut, para perempuan mandiri ini kerap menghadapi berbagai tantangan sehingga membutuhkan support system yang tepat guna menerapkan porsi work-life balance yang sesuai sehingga dapat menjalani hidup dengan bahagia.

Ibu independen dituntut untuk mampu memberikan yang terbaik di dalam urusan keluarga maupun pekerjaan. Penerapan pola hidup yang seimbang pun merupakan hal penting yang tak bisa dielakkan.

Certified Image Consultant dan Professional Trainer Mia Dharma menjelaskan bahwa perempuan masa kini dikategorikan ke dalam tiga kelompok, Alpha, Beta, dan Omega. Alpha adalah seorang yang percaya diri, cerdas, berkarakter kuat, berani dan tahu apa yang diinginkannya.

Memiliki kepribadian yang tidak jauh dari perempuan Alpha, perempuan Beta cenderung lebih perlahan dan berhati-hati, serta lebih senang menjadi pendamping untuk rekan-rekannya.

"Terakhir, adalah perempuan Omega yang kerap memiliki ikatan yang kuat dengan orang di sekitarnya dengan sikapnya yang keibuan dan pengertian sebagai daya tarik," ucapnya dalam talkshow Empowered Alpha Moms, Kamis 12 Agustus 2021.

Dengan berbagai macam tanggung jawab, sebagai seorang perempuan yang menjalani berbagai peran, baik sebagai seorang ibu, istri, karyawan, CEO, pebisnis, dan lain sebagainya, perempuan dihadapkan kepada kondisi yang tidak mudah dan sarat dengan tantangan. Untuk menjalani semua hal tersebut, pastinya diperlukan support system yang cukup baik, untuk perempuan dapat berfungsi dengan maksimal sesuai dengan potensi, kelebihan yang dia miliki, serta tujuan yang ingin dicapai dalam hidup.

Perempuan tidak bersaing dengan pria, namun sebenarnya perempuan tengah bersaing dengan dirinya sendiri, untuk tetap tampil percaya diri, dan yakin bahwa dirinya mampu dan kuat untuk menghadapi segala hal yang ada dihadapannya. Keyakinan dan kepercayaan diri lah yang harus terus diciptakan dan dibangun dalam diri seorang perempuan. Ada ungkapan yang mengatakan, ‘when you look good, you feel good about yourself, and you will do good’.

"Ungkapan itulah yang menjadi dasar bahwa perempuan selalu ingin tampil menarik, bukan untuk orang lain, tetapi untuk dirinya sendiri, sehingga dia merasa nyaman dengan dirinya, dan dapat berfungsi dan maksimal dalam menjalani aktivitas sehari hari, sebagai seorang ibu yang akan berdampak bagi generasi yang dilahirkan,” ungkap Mia Dharma.

Para perempuan diharapkan mengenali kekuatan dan kekurangan dirinya dengan baik, sehingga dapat menggali potensi yang dimilki dengan tepat. Tak hanya itu, terdapat hal penting lainnya yang harus dipahami, yaitu perempuan harus memahami apa panggilan hidupnya. Secara umum, perempuan dianugerahi dengan kekuatan seperti keluwesan yang lebih dalam membangun networking serta lebih berempati dibandingkan dengan lelaki.

Mia juga mengingatkan bahwa perempuan harus mampu mengatur energinya, termasuk mengatur tingkat kemarahan/kegilaan (managing madness). “Choose your battle wisely, selektiflah terhadap masalah, argumen, dan konfrontasi yang dihadapi. Gunakan waktu untuk hal-hal yang penting dan ikhlaskan sisanya,” tambah Mia.

Fashion Designer Tities Sapoetra yang hadir dalam acara ini memberikan tips dalam berpakaian sekaligus memperlihatkan beragam pilihan pakaian yang sesuai untuk para perempuan Alpha dalam menjalani kehidupan yang padat.

“Pilih dan gunakan pakaian yang nyaman atau ukurannya sesuai, sehingga tetap nyaman. Bisa juga menggunakan pakaian yang fitnya oversized, tapi pastikan ukurannya pas. Jika suka, moms juga bisa memadukan warna bold ke dalam style-nya atau cutting yang unik, asimetris misalnya, sehingga penampilan akan terlihat beda dan stylish. Selain itu, aksesoris tambahan seperti belt, scarf atau twilly juga dapat menunjang penampilan moms dalam beraktivitas,” jelas Tities.

Dalam menyikapi fenomena tersebut Wings Care, berinovasi melalui merek Royale by SoKlin, meluncurkan varian terbaru Royale by Soklin Sunny Day dan Royale by Soklin Sweet Floral guna melengkapi support system ibu-ibu mandiri untuk dapat menjalani kesehariannya dengan lebih semangat serta mendapatkan full protection di pakaiannya.

"Tak hanya itu, teknologi Royale Activ Touch yang mampu menebar wangi di setiap sentuhan juga hadir pada kedua produk ini. Dengan kata lain, semakin banyak aktivitas yang dilakukan, semakin terasa pula wangi segarnya,” ujar Catherine Florencia Budiono, Brand Manager Royale by SoKlin.

Baca:Perempuan Beta Introvert, Wanita Omega Berempati Tinggi, Perempuan Alpha?