Yang Harus Dimakan Penderita Diabetes usai Divaksin Covid-19

Ilustrasi puth dan kuning telur. (Pixabay/Ponce_Photography)

kesehatan

Yang Harus Dimakan Penderita Diabetes usai Divaksin Covid-19

Rabu, 4 Agustus 2021 12:40 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penderita diabetes rentan alami peningkatan risiko komplikasi saat positif Covid-19. Maka dari itu, mereka harus mendapatkan vaksinasi. Sama seperti hari-hari sebelum divaksin, pola makan sehat tetap haru dijaga usai divaksin. Sebab hal itu akan membantu menjaga kadar glukosa darah tetap stabil dan berperan penting dalam membangun kekebalan tubuh. 

"Penting sekali untuk memerhatikan pola makan yang seimbang bagi penderita diabetes, terutama setelah melakukan vaksinasi Covid-19," saran Dr Anil Reddy, spesialis diabetes senior, RS Lord, Tadipatri, Anantapur, India dikutip dari Indian Express, Rabu, 4 Agustus 2021. 

Lantas, apa saja jenis makanan yang disarankan?  Berikut makanan yang cocok disantap penderita diabetes setelah suntik vaksin Covid-19 guna cegah peradangan dan bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1. Ikan 

Ikan kaya akan lemak omega-3 yang membantu meningkatkan kekebalan. Juga, ikan membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan perasaan sehat secara keseluruhan.

2. Telur

Telur adalah sumber protein yang kaya yang membantu membangun kekebalan. Telur juga mengandung asam amino esensial yang memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Ayam

Kita semua tahu sup ayam kaya akan kandungan anti-inflamasi atau peradangan, sehingga sup ayam membantu setelah vaksinasi atau sakit. Daging ayam memiliki kandungan lemak yang minim, sehingga cocok untuk penderita diabetes dan hipertensi. Sebagai sumber protein yang kaya, ayam dapat dikonsumsi dua hingga tiga kali seminggu setelah vaksin Covid-19.

4. Buah dan sayur

Buah-buahan dan sayuran Buah-buahan dan sayuran kaya akan antioksidan, mineral, dan vitamin yang membantu memperkuat kekebalan.

5. Kunyit

Kunyit kaya akan kurkumin yang baik untuk kesehatan dan membantu mencegah stres pada manusia. Orang biasanya rentan stres sebelum atau sesudah vaksinasi. Minum susu kunyit atau susu emas dapat mengurangi stres dan membantu meningkatkan kekebalan.

Selain makanan, penderita diabetes yang baru saja divaksinasi harus memastikan bahwa mereka terhidrasi dengan baik. Pastikan banyak mengonsumsi banyak cairan seperti buttermilk dan jus buah segar. Hal itu untuk menghindari efek samping umum dari vaksin Covid-19 seperti demam, nyeri di lengan, lemas, dan nyeri sendi. Jika seseorang mengalami demam atau sakit parah, mereka dapat memeriksakan diri ke dokter dan minum obat seperti yang disarankan oleh dokter untuk meredakan gejala.

Baca juga: 8 Sinyal Kadar Gula Anda Tinggi, Waspada Diabetes