Makanan Kaya Vitamin D dan Magnesium Bisa Cegah Osteoporosis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi kacang. Unsplash/Maksim Shutov

ilustrasi kacang. Unsplash/Maksim Shutov

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda bahwa Anda secara bertahap mulai kehilangan tulang sejak usia 35? Sebuah laporan yang ditulis bersama oleh ahli gizi, dokter Carrie Ruxton menyarankan bahwa sejak pandemi dimulai, perkembangan tulang pada anak-anak telah terancam, meningkatkan risiko osteoporosis di masa dewasa. Osteoporosis identik dengan tulang yang melemah, sehingga meningkatkan risiko patah tulang yang menyakitkan.

Menurut penelitian, makanan yang tepat dapat memainkan faktor besar dalam memperkuat tulang untuk orang dewasa dan anak-anak. "Tulang yang kekurangan vitamin, protein, mineral, dan olahraga dapat memiliki efek yang merugikan," ujar mereka dilansir dari Express. Setidaknya ada tiga makanan yang menurut penelitian bisa cegah osteoporosis sejak usia dini berikut ini.

1. Yoghurt

Untuk membantu meminimalkan risiko osteoporosis, para ahli menganjurkan Anda untuk mengonsumsi yoghurt. Pemodelan ilmiah yang dibuat oleh British Nutrition Foundation menemukan bahwa menambahkan satu cup yoghurt setiap hari dapat berkontribusi pada kadar kalsium yang sangat dibutuhkan.

Makanan padat nutrisi tidak hanya merupakan sumber kalsium yang baik, tetapi juga merupakan sumber protein yang baik. Meskipun beberapa yoghurt dapat diperkaya dengan vitamin D, yoghurt juga dapat mengandung yodium, kalium, fosfor vitamin B. Nilai gizi yang diberikan yoghurt untuk kesehatan tulang diakui dengan baik.

Baca juga: 3 Kondisi yang Bikin Perempuan Lebih Rentan Terkena Osteoporosis

2. Makanan tinggi magnesium

Magnesium adalah mineral penting lainnya yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan tulang. Magnesium dikatakan membantu mengontrol hormon PTH - paratiroid - yang membantu mengontrol kadar kalsium darah dan mencegah kerusakan tulang.

Sumber magnesium yang sangat baik adalah sayuran berdaun hijau, seperti kubis, sejenis sawi, bayam. Sumber lain yang kaya magnesium adalah kacang-kacangan, seperti kacang Brazil, kacang mete, kacang tanah, walnut, dan hazelnut. Kacang-kacangan juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang.

3. Makanan tinggi vitamin D

Makanan utama dalam kesehatan tulang adalah yang mengandung vitamin D. Mengabaikan kebutuhan vitamin D dapat memperburuk kesehatan tulang, karena nutrisi sangat penting untuk penyerapan kalsium dari makanan. Makanan yang kaya vitamin D, yakni ikan salmon, Iikan kembung, ikan sarden, telur, jamur, sereal dan yoghurt.

Selain mengonsumsi makanan yang tepat untuk mencegah osteoporosis, olahraga juga tak kalah pentingnya. Jenis olahraga yang tepat adalah menahan beban. Berjalan kaki, berlari, menari, melompat-lompat, bermain bola jaring atau tenis, mendaki, dan melakukan aerobik high-impact juga berdampak baik untuk kesehatan tulang.


Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."