8 Sinyal Kadar Gula Anda Tinggi, Waspada Diabetes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi diabetes. Freepik.com

Ilustrasi diabetes. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tubuh selalu memberikan beberapa isyarat atau sinyal ketika Anda mengonsumsi hal yang berbahaya. Terlalu banyak konsumsi gula bentuk aneka minuman atau makanan akan membuat ketidakseimbangan pada tubuh.

Konsumsi gula rafinasi atau makanan manis secara berlebihan dapat membuat beberapa ketidakseimbangan hormon, seperti diabetes, penyakit terkait jantung, dan penyakit kronis.

Melansir dari femina.in, Senin 21 Juni 2021, berikut tanda yang diberikan tubuh saat Anda mengonsumsi terlalu banyak konsumsi gula :

1. Berat Badan
Tanda pertama, terpenting, dan paling jelas dari mengonsumsi gula berlebih secara teratur adalah penambahan berat badan. Jika gula yang dikonsumsi tidak dibakar oleh tubuh seperti melakukan usaha fisik, maka gula akan disimpan dalam tubuh dalam bentuk lemak. Itu akan menambah berat badan Anda dan dapat dengan mudah dikorelasikan dengan BMI.

2. Sering Migrain
Ketika Anda keinginan pada cokelat atau makanan manis, harus bersiap menghadapi lonjakan kadar gula darah. Dengan kata lain, itu akan terjadi peningkatan kadar gula dalam darah secara tiba-tiba. Hal ini dapat menyebabkan banyak gangguan termasuk migrain parah.

3. Gigi Berlubang
Cupcakes, brownies, donat, atau permen berbahan dasar sirup gula yang berlebihan dapat memicu produksi bakteri di dalam mulut. Bakteri ini mengubah gula menjadi zat yang menyerang email gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

4. Kulit Berminyak dan Berjerawat
Mengonsumsi gula berlebihan akan tingkatkan hormon insulin dalam darah. Hormon insulin akan produksi zat berminyak dan berlilin yang disebut sebum. Sebum ini yang menyebabkan kulit lebih berminyak, jerawat, atau ketidaksempurnaan dan kulit yang buruk.

5. Perubahan Suasana Hati
Permen atau cokelat yang berlebihan menyebabkan perubahan mendadak pada kadar gula darah. Ini menghasilkan pelepasan insulin di pankreas untuk menurunkan kenaikan glukosa darah secara tiba-tiba. Roller coaster kadar gula darah ini menyebabkan iritabilitas dan perubahan suasana hati.

6.Ketidakseimbangan Hormon
Ada banyak manifestasi ketidakseimbangan hormon seperti sindrom pramenstruasi, gejala menopause, gangguan tiroid, pubertas dini. Dan diet kaya gula akan menimbulkan jenis masalah ini.

7. Menginginkan Gula Sepanjang Waktu
Saat makan permen satu, Anda akan cenderung mengulangi memakannya. Dengan kata lain, efek makan gula sebanding dengan efek minum obat.

8. Merasa Dehidrasi
Kelebihan konsumsi makanan manis dapat menyebabkan peningkatan pembentukan urin dalam tubuh untuk mengeluarkan limpahan. Akibatnya, tubuh mendesak untuk minum lebih banyak air untuk buang air kecil.

Baca: Kue Lebaran Melimpah, Atur Jadwal Camilan Anda Agar Kadar Gula Stabil

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."