Sama-sama Jaga SBY, Begini Cara Annisa Pohan dan Aliya Rajasa Bagi Tugas

Kedekatan Annisa Pohan dan iparnya, Aliya Rajasa/Instagram- ruby_26

keluarga

Sama-sama Jaga SBY, Begini Cara Annisa Pohan dan Aliya Rajasa Bagi Tugas

Sabtu, 24 April 2021 11:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Annisa Pohan mengisahkan bahwa ia dan anggota keluarga lainnya bahu membahu menjaga ayah mertuanya, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY sepeninggal Ani Yudhoyono yang wafat pada 1 Juni 2019. Dari segi lokasi, rumah Aliya Rajasa dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas yang paling dekat dengan kediaman SBY di Cikeas, Jawa Barat. Tapi bukan berarti, ia dan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY tak terlibat menjaga Presiden Indonesia keenam ini

Menurut Annisa, tidak ada pembagian hari khusus di antara ia dan adik iparnya, Aliya Rajasa, dalam menjaga SBY. Mereka lebih bersifat fleksibel dan senang melakukannya bersama-sama. Jika ada yang berhalangan, salah satu di antara mereka akan menggantikan dengan senang hati.

" 'Sekarang giliran kamu, sekarang giliran aku' itu enggak sih. Jadi, kalau sama-sama bisa kita lakukan, kita sama-sama. Kalau misalkan enggak bisa, misalnya kemarin bapak (SBY) harus check up ke rumah sakit, Aliya harus ngajar anaknya di rumah, 'mam, titip ya Pepo, aku enggak bisa nganterin'. Aku yang nganterin. Jadi, kita bener-bener with the flow aja (mengalir), ucapnya dalam Cerita Cantika 33 "Kartini yang Menginspirasi di Instagram Cantika, Jumat, 23 April 2021.

"Kadang-kadang kita empat-empatnya anterin dokter. Sebisa mungkin anak-anaknya, masya allah. Mas Agus sama Mas Ibas kalau sama orang tuanya luar biasa lah," lanjutnya.

Baca juga: Curahan Hati Annisa Pohan Jadi Ibu: Rezeki yang Tak Bisa Ditukar dengan Apa pun

Selain menemani SBY ke dokter, ia dan Aliya juga berdiskusi soal menu makanan sehat untuk ayah mertuanya. Begitu pula soal penampilan seragam batik khas keluarga Yudhoyono. Dulunya, itu merupakan ranah sang ibu mertua, kini dipikirkan bersama Aliya. 

Untuk soal merawat tanaman koleksi Ani Yudhoyono, Annisa mengaku ia dan Aliya hanya sebatas mengawasi. Sebab sudah ada orang yang bertugas mengurusi itu selama puluhan tahun. 

Annisa juga mengungkapkan jika ada peralatan rumah tangga yang rusak atau bocor di rumah Cikeas, SBY akan meminta staf rumahnya yang juga sudah bekerja puluhan tahun untuk mengurus, tak selalu menunggu Annisa atau Aliya.

"Setelah ibu berpulang, bapak lebih banyak mengurus itu semua, kan enggak bisa nungguin saya atau Aliya. Ada AC rusak atau bocor, bapak minta tolong orang rumah untuk benerin," ucap perempuan 39 tahun ini.

Annisa Pohan mengisahkan setiap akhir pekan mereka rutin mengunjungi SBY. Komunikasi antaranggota keluarga juga terjalin setiap hari.

Baca juga: Intip Gaya Annisa Pohan dan Aliya Rajasa Liburan Keluarga sebelum Ramadan