Curahan Hati Annisa Pohan Jadi Ibu: Rezeki yang Tak Bisa Ditukar dengan Apa pun

(kanan ke kiri) Annisa Pohan bersama putrinya, Almira Tunggadewi Yudhoyono. Instagram.com/@annisayudhoyono

keluarga

Curahan Hati Annisa Pohan Jadi Ibu: Rezeki yang Tak Bisa Ditukar dengan Apa pun

Jumat, 23 April 2021 21:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Annisa Pohan mengungkapkan pencapaian yang paling membanggakan untuknya bisa menjadi seorang ibu. Ia menjelaskan menjadi seorang ibu adalah anugerah luar biasa dan tak akan ditukarnya dengan apa pun.

"Itu (menjadi ibu) rezeki yang enggak bisa aku tukar dengan apa pun, mau aku luls S2 dengan predikat cumlaude, mau jadi ibu persit yang punya banyak anggota, mau jadi model menang gadis sampul, apa pun yang ada di dunia ini enggak ada yang bisa menukar achievement saya menjadi seorang ibu," ujar Annisa Pohan dalam Cerita Cantika 33 "Kartini yang Menginspirasi" di Instagram Cantika, Jumat, 23 April 2021.

Menurut istri Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY ini, suka duka beserta tantangan menjadi seorang ibu adalah perasaan yang luar biasa dan membahagiakan. Annisa mengungkapkan salah satu tantangan menjadi ibu yang dihadapinya saat ini adalah Almira Tunggadewi Yudhoyono atau Aira sedang beranjak remaja. Kini, Aira sedang di masa-masa mencari jati dirinya, kata Annisa. 

"Sedang puber, lagi masa mencari identitas diri, perubahan hormonal, perubahan tubuhnya dari anak-anak menjadi dewasa, jadi usia yang lagi susah-susahnya," ucap perempuan 39 tahun ini.

Oleh karena itu, ia mengungkapkan saat ini ia dan suami banyak memaklumi atas perubahan Aira kecil menjadi Aira remaja. "Kami harus banyak memaklumi," lanjutnya. 

Selain banyak memaklumi Aira di masa puber, Annisa mengisahkan selalu memberi ruang kepada putrinya untuk mengekspresikan apa pun, termasuk soal cita-cita.  Annisa mengisahkan Aira sempat mengungkapkan ingin menjadi juru masak, berubah menjadi pelukis, lalu seniman hingga pebisnis.

Ia dan AHY berkomitmen mendukung penuh apa pun pilihan putrinya, asalkan ia fokus dalam mewujudkannya. Ia meyakini hal apa pun yang dilakukan dengan fokus akan membuahkan hasil yang manis. 

"Saya selalu support (dukung), saya tekankan ke anak saya profesi apa pun pada masa kini, apalagi masa depan itu sudah menjadi profesi yang menghasilkan selama kamu 100 persen fokus di situ," pungkas Annisa Pohan.

Baca juga: Unggah Foto 4 Bulanan Kehamilan, Annisa Pohan: Momen yang Ditunggu-tunggu