Cerita Citra Kirana Bikin MPASI Pertama Athar: Kata Dokter Harus yang Enak

Citra Kirana. Instagram.com/@citraciki

keluarga

Cerita Citra Kirana Bikin MPASI Pertama Athar: Kata Dokter Harus yang Enak

Minggu, 21 Februari 2021 08:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Citra Kirana atau Ciki membagikan momen pertama ia membuat Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau MPASI untuk putranya, Keene Atharrazka Adhitya atau Athar. Dalam unggahan video terbaru yang diunggah di kanal YouTube Ciky Citra Rezky, Sabtu, 20 Februari 2021, istri Rezky Adhitya itu menunjukkan sejumlah persiapan sebelum membuat mashed potato dan hati ayam sebagai menu pertama MPASI Athar.

Aktris berusia 26 tahun itu terlihat menyiapkan blender dan steamer khusus untuk Athar. Ia lalu mencuci sejumlah peralatan masak dengan sabun khusus bayi di bawah air mengalir. Usai menyiapkan peralatan, ia beralih mengeluarkan bahan-bahan makanan, yaitu tiga buah kentang, hati ayam, susu full cream, dan keju.

Ciki menjelaskan bahwa menurut dokter anaknya, buatlah MPASI yang enak dan seperti yang ia makan asalkan diblender. "Jadi, kata dokternya Athar, kalo bikin MPASI itu harus yang enak aja, gapapa. Pake garam, pake gula, gak masalah. Karena sekarang tuh justru makanan MPASI pertama itu bisa kasih makanan yang kita makan, asalkan diblender. Jadi, gak ribet," ucapnya.

Menurut Ciki, ia sempat gugup menjelang MPASI pertama Athar. Selama masa persiapan itu, ia banyak membekali diri mempelajari resep MPASI dari aplikasi video.

"Nervous banget nunggu Athar mo makan ini. Jadi, tiap hari aku searching menu-menu MPASI untuk anak. Sampe kalau buka Tiktok, aku tuh pake hastag MPASI. Jadi, kan banyak tuh yang share tentang MPASI di TikTok gitu," imbuhnya.

Sebagai ibu baru, Ciki mengaku terus berupaya memberikan yang terbaik untuk Athar. Sambil bercerita, Ciki mengupas dan memotong kentang, lalu dilanjutkan dengan memotong hati ayam. Kedua bahan tersebut dicuci dengan air matang, kemudian dimasukkan ke dalam steamer selama 30 menit.

Lalu, dimasukkan ke blender dan ditambahkan susu full cream secukupnya serta dua kubus kecil keju. Bersama Rezky, Ciki mencicipi rasa MPASI tersebut, lalu menambahkan susu karena kurang terasa.

Momen Citra Kirana dan Rezky Adhitya memberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau MPASI pertama kepada anak pertama mereka, Keene Atharrazka Adhitya atau Athar. Mereka bagikan momen tersebut di unggahan video Athar Mulai MPASI!! Makan Lahap Banget kanal YouTube Ciky Citra Rezky, Sabtu, 20 Februari 2021. Tangkapan layar YouTube Ciky Citra Rezky

Kemudian Ciki memindahkan makanan sebanyak tiga sendok makan dari blender ke dalam mangkok merah. Menurutnya, untuk MPASI pertama, cukup tiga sendok makan. Ciki dan Rezky bergantian menyuapi MPASI ke Athar. Ciki sempat mengingatkan Rezky untuk tidak terlalu banyak memberi minum kepada Athar. 

"Gapapa, kata dokternya, gak boleh tiap dua suap dikasih minum. Selesain dulu atau sebelumnya dikasih minum," tukasnya.

Sambil menyuapi, Ciki dan Rezky mengajak bercanda dan mengobrol putranya yang genap berusia 6 bulan pada 28 Februari 2021. Athar terlihat menikmati MPASI pertamanya. Tak lupa, pasangan yang menikah pada 1 Desember 2019 itu memuji sang anak di sela-sela makan. "Pinter sekali anak mama, pinter sekali. Enak gak, enak gak," tukas pesinetron Tukang Bubur Naik Haji itu.

Ciki dan Rezky juga menetapkan waktu memberi MPASI selama 30 menit. "Abis itu jangan dipaksa, kalau enggak mau, yaudah," ucapnya.

Seperti yang telah mereka sepakati, saat Athar sudah tidak ingin makan lagi, mereka pun menyelesaikan suapannya. Sisa MPASI di mangkok merah itu sekitar satu sendok makan. 

"Enggak abis guys, gapapa. Karena ini baru pertama kali," ungkap Citra Kirana sambil membersihkan peralatan makan Athar.

Baca juga:

Rutinitas Citra Kirana agar Putranya Tidur Nyenyak, Membaca Buku dan Bernyanyi