Cara Meracik Masker Putih Telur yang Sesuai Tipe Kulit Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi putih dan kuning telur. (Pixabay/Baljeet Singh)

Ilustrasi putih dan kuning telur. (Pixabay/Baljeet Singh)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Putih telur yang kaya protein, vitamin, dan mineral dipercaya meningkatkan kekencangan kulit wajah semakin baik. Oleh karena itu, masker putih telur menjanjikan banyak khasiat yang baik bagi kulit wajah meskipun belum teruji secara ilmiah. Ada sejumlah pula hal-hal yang harus diperhatikan saat pemakaiannya.

Cara pembuatan masker putih telur pun mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda bisa mengombinasikan dengan bahan-bahan lain untuk mendapatkan hasil maksimal. Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah memisahkan putih dan kuning telur. Kemudian, aduk rata putih telur sampai berbusa. Anda bisa mengaplikasikan putih telur itu ke wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Selain cara itu, ada juga beberapa kombinasi lain dari masker putih telur yang bisa disesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda. Kulit berminyak bisa membuat masker putih telur dengan perpaduan lemon. Caranya, campurkan putih telur dengan lemon dalam sebuah wadah. Aduk terus hingga merata dan berbusa. Kemudian, aplikasikan tipis ke kulit wajah dengan kuas bersih atau kapas. Hindari area mata. Lalu diamkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Anda bisa mengaplikasikan cara ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Ilustrasi memisahkan kuning telur. thekitchn.com

Sementara untuk kulit kombinasi, selain menambahkan lemon, Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu. Sama seperti cara di atas, aduk rata semua bahan dan aplikasikan ke kulit wajah dengan kuas atau kapas. Kemudian, diamkan selama 15 menit dan bilas wajah dengan air hangat. Tapi jika kulit terasa sakit terkena lemon, sebaiknya segera membilasnya karena bisa jadi kulit Anda termasuk yang sensitif.

Bagi pemilik kulit kering, membutuhkan masker yang dapat menjaga kelembapan wajah. Salah satu alternatifnya adalah masker putih telur dengan campuran anggur. Caranya, blender putih telur dengan 7-8 anggur hingga merata. Kemudian, aplikasikan ke kulit wajah menggunakan kapas atau kuasDiamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat. Disarankan menggunakan anggur yang memiliki biji agar mendapatkan manfaat dari minyak biji anggur. Setelah selesai menggunakan masker putih telur ini, aplikasikan pelembap ke wajah.

Selalu ingat bahwa mengaplikasikan masker putih telur hanya boleh setelah wajah dibilas dengan bersih. Jangan lupa juga mencuci tangan dengan bersih sebelum mengaplikasikan ke wajah. Tujuannya untuk menghindari kuman dan bakteri dari wajah atau tangan. Waspadai juga jangan sampai masker putih telur tertelan karena telur mentah mengandung bakteri Salmonella. Jika masuk ke tubuh, bisa saja menyebabkan infeksi. 

Selain itu bagi yang memiliki kulit sensitif, aplikasikan dulu masker putih telur di area kecil di wajah atau kulit lain. Jika tidak ada reaksi seperti kulit kemerahan, gatal, atau nyeri, maka masker putih telur boleh dicoba sebagai perawatan masker alami di rumah.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."