7 Tahapan Perawatan Kulit Kombinasi, Salah Satunya Pelembap Gel

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

Ilustrasi wajah wanita. Unsplash.com/Andreas Fidler

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jenis kulit bermacam-macam bentuknya mulai dari kulit berminyak atau kulit kering. Tetapi beberapa di antara kita juga memiliki kombinasi kulit berminyak dan kering. Untuk ciri-ciri kulit kombinasi biasanya berminyak di daerah dahi, hidung dan dagu. Sementara bagian lain dari wajah Anda akan normal atau kering. Namun, kondisi ini bisa berbeda pada setiap orang. Jika Anda ingin tahu apakah Anda memiliki kulit kombinasi atau tidak, cara sederhananya letakkan tisu di wajah Anda. Jika tisu tersebut menunjukkan area berminyak pada dahi, hidung, dan dagu, maka Anda memiliki kulit kombinasi.

Melansir laman Pink Villa, berikut ini sejumlah langkah perawatan untuk kulit kombinasi

1. Hindari menggunakan sabun

Jika Anda memiliki kulit kombinasi, maka Anda harus menghindari penggunaan sabun. Sebab sabun mengeringkan kulit Anda dan bisa menyebabkan iritasi yang semakin memperburuk masalah kulit Anda. Pilihlah jenis pembersih seperti foam.

2. Tabir surya

Tabir surya sangat penting untuk setiap jenis kulit wajah karena berperan sebagai perisai pelindung kulit Anda saat berada di luar ruangan. Beli tabir surya sesuai jenis kulit Anda dan bacalah bahannya dengan hati-hati sebelum membeli tabir surya.

3. Toner

Toner membantu jenis kulit kombinasi Anda dengan memberikan keseimbangan sempurna. Ini menyeimbangkan kulit Anda dengan menghilangkan kotoran dan membantu mengecilkan pori-pori terbuka.

4. Pelembap

Gunakan pelembap yang memberi gizi pada area kering dan melembapkan area berminyak di wajah Anda. Pelembap berbasis gel sangat ideal untuk kulit kombinasi, karena tidak terlalu krim dan tidak terlalu berair.

5. Pembersih wajah

Wajah Anda akan berminyak di beberapa daerah, sementara di beberapa daerah akan kering, oleh karena itu penting untuk menggunakan pembersih pada kulit Anda. Pembersih yang lembut akan membantu Anda menghapus semua riasan dari kulit dan membiarkan kulit Anda bernapas sepanjang malam.

6. Krim malam

Krim malam akan memperbaiki dan melembapkan kulit, sehingga wajah bercahaya di pagi hari karena kulit Anda menyerap semua kandungan vitamin dari krim.

7. Eksfoliasi

Diperlukan proses pengelupasan kulit atau eksfoliasi untuk menghilangkan komedo dan mencegah penumpukan sel-sel kulit mati. Selain itu, eksfoliasi merangsang sirkulasi darah dan membuka pori-pori wajah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."