Ayah Kena PHK, Bagaimana Menjelaskan Situasi ke Anak?

Ilustrasi keluarga. Shutterstock

keluarga

Ayah Kena PHK, Bagaimana Menjelaskan Situasi ke Anak?

Sabtu, 18 Agustus 2018 09:43 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Suami baru saja kena pemutusan hubungan kerja atau PHK. Keadaan di rumah pun mulai berubah dan timbul ketegangan. Anak pun bertanya-tanya apa yang terjadi.

Ketika anak mempertanyakan perubahan-perubahan yang terjadi setelah ayahnya di-PHK, jelaskan kondisi yang sebenarnya mengapa kini mereka harus membantu ayah dan ibu di rumah dan uang jajan harus dikurangi. Anak-anak juga perlu mengerti kondisi orang tua mereka.

Artikel lain:5 Sinyal Anak Kelebihan Asupan GaramSandra Dewi Rutin Ganti Mainan Anak Setiap BulanSibuk Berbisnis, Prioritas Utama Ussy Sulistiawaty Anak dan Suami

Kebiasaan Duduk Anak yang Berisiko Bikin Kaki Berbentuk X

“Komunikasi yang terbuka sangat diperlukan di masa-masa seperti ini,” ujar psikolog Roslina Verauli, M.Psi.

Selanjutnya, pasangan suami istri harus kompak, sama-sama berpikir keras mencari sumber penghasilan baru. Kalau memang mencari pekerjaan di perusahaan lain memakan waktu lama dan sulit, istri bisa memberikan ide atau alternatif, seperti mencoba usaha kecil. Ulurkan tangan untuk membantu.

“Saat ini saya rasa banyak cara mendapatkan uang. Apa pun bisa jadi uang,” tutur Roslina.

Selama tidak emosional, istri dan suami akan menemukan peluang-peluang baru yang mendatangkan pemasukan, Roslina meyakinkan. 

AURA