Piala Dunia 2018 Jadi Tonggak Kebebasan Wanita Iran Nonton Bola

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Suporter wanita Iran memberikan dukungan kepada tim kesayangannya saat melawan Spanyol dalam pertandingan Grup B Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, Rusia, 21 Juni 2018.  REUTERS/Sergio Perez

Suporter wanita Iran memberikan dukungan kepada tim kesayangannya saat melawan Spanyol dalam pertandingan Grup B Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Kazan, Rusia, 21 Juni 2018. REUTERS/Sergio Perez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Piala Dunia 2018 menjadi peristiwa bersejarah bagi perempuan Iran. Untuk pertama kali, mereka dibolehkan menonton pertandingan olahraga laki-laki di dalam sebuah stadion. Para perempuan Iran mendatangi Stadion Tehran Azadi pada Rabu, 20 Juni 2018 untuk menyaksikan pertandingan antara tim nasional Iran melawan Spanyol di Piala Dunia 2018 Rusia.

Baca juga:
Piala Dunia 2018 Bikin Kamu dan Pacar Berantem karena Beda Fans
Buat Wanita yang Ingin Nobar Piala Dunia 2018, Cek Dulu Aturannya

Ini adalah terobosan setelah 38 tahun pemerintah Iran melarang kaum perempuan menyaksikan olahraga yang dilakoni oleh laki-laki. Mereka juga tidak bisa berada di dalam stadion yang sama dengan laki-laki. Perempuan yang melanggar aturan ini bakal ditangkap dan terancam dijatuhi hukuman denda atau masuk penjara.

Antusiasme para perempuan Iran saat menonton Piala Dunia 2018 di Stadion Tehran Azadi begitu tinggi. Mereka memakai seragam tim nasional Iran dan mengecat wajahnya dengan bendera negara tersebut. Beberapa perempuan bahkan membawa vuvuzela atau terompet yang populer di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Tim nasional Iran menangkap semangat dukungan kaum perempuannya. Akun Twitter resmi tim nasional mengunggah sebuah foto yang menunjukkan seorang perempuan sedang berdiri di dalam stadion sambil membentangkan bendera Iran. "Stadion Azadi, sekarang!" tulis keterangan foto.

Artikel lainnya:
Pacar Cristiano Ronaldo Pamer Cincin Rp 11 Miliar di Piala Dunia
Ada Piala Dunia 2018, Ada Juga Kontes Kecantikan Piala Dunia 2018

Kendati tim nasional Iran gagal menaklukkan Spanyol, Piala Dunia 2018 menjadi momentum untuk membuat perubahan signifikan bagi kaum hawa di Iran.

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."