Ilustrasi pasangan. Freepik.com/Jcomp

cinta

6 Alasan Istri Bosan pada Suami, Kamu Merasakannya?

Jumat, 17 Maret 2023 10:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu merasakan bosan pada suami, padahal tak bertengkar? Jika iya, bisa jadi gairah Anda menurun karena kurangnya kebersamaan atau mencoba hal baru bersama. Suami Anda tidak semakin dewasa juga bisa menjadi penyebab kamu bosan dengan dia. Yuk, kita simak sederet alasan istri bosan pada suami, menurut pakar hubungan:

1. Tidak Bahagia dengan Aspek Lain dalam Hidup

Menurut Ronnie Ann Ryan, pelatih intuitif dan pembaca masa lalu, terkadang alasan istri bosan pada suami karena dia tidak bahagia dengan hal lain dalam hidupnya. Kebenaran pahitnya adalah lebih mudah memilih suami daripada memperbaiki masalah lainnya, jadi di situlah fokusnya berakhir.

Sebagai pakar hubungan selama 20 tahun, Ronnie telah belajar banyak tentang hubungan dan mengakui bahwa ia sendiri pun telah jatuh ke dalam perangkap kebosanan ini. Begitu ia menyadari bahwa ia menyalahkan banyak hal untuk hal-hal yang tidak sebesar yang ia bayangkan, ia meluangkan waktu untuk mencari lebih dalam dan menangani apa masalah yang sebenarnya terjadi.

"Menakjubkannya adalah hubungan saya dengan pasangan jauh lebih membaik setelah saya menghilangkan tekanan yang tidak pantas dari pasangan," ungkapnya seperti dikutip dari Your Tango, pada Selasa, 14 Maret 2023.

2. Suami Belum Dewasa

Menurut Ruth Schimel, konsultan karier dan kehidupan juga penulis, meskipun setiap pernikahan memiliki keunikannya sendiri, beberapa penyebab istri bosan pada suami adalah wanita semakin dewasa dan pasangannya tidak. Walhasil, daya tarik asli memudar dan nilai-nilai tidak lagi dibagikan atau diungkapkan.

    3. Kurang Variasi dan Pengalaman Baru dalam Pernikahan

    Sejumlah istri bosan pada suami karena monoton dalam pernikahan, menurut pakar hubungan, Dr. Tarra Bates-Duford. Meskipun konsistensi bisa jadi penting dalam hubungan apa pun, variasi bisa sama pentingnya. "Mengubah keadaan dan menciptakan variasi dalam pernikahan dapat menjaga percikan, minat, serta hasrat tetap hidup dalam hubungan," jelasnya.

    Baca juga: Dear Para Suami, Simak Cara Menghadapi Istri yang Sedang Marah

    <!--more-->

    4. Kurang Spontanitas

    Konsistensi penting untuk hubungan perkawinan yang sehat, namun terlalu banyak prediktabilitas dapat menyebabkan sikap apatis. Ini bisa termasuk berada dalam pola yang sama, seperti kencan malam reguler di restoran yang sama ditambah dengan film yang ditonton dari rumah; liburan berulang dan hobi yang hanya melibatkan satu pasangan yang dapat menimbulkan perasaan dikucilkan.

    Ketika pasangan melakukan lebih banyak hal bersama tanpa keragaman, hal itu menyebabkan kurangnya minat dan kegembiraan terhadap pasangannya dari waktu ke waktu, menyebabkan jarak yang tidak diinginkan di antara mereka dan mengakibatkan kebosanan terkait pengalaman bersama.

    5. Kurang Bersenang-senang Berdua

    Hubungan jangka panjang membutuhkan banyak waktu, energi, dan upaya untuk tetap bertahan. Meskipun banyak hubungan dimulai dengan kegembiraan dan antusiasme yang besar, sangat mudah bagi pernikahan untuk terjebak dalam kebiasaan yang dapat diprediksi dari waktu ke waktu, menurut - Dr. Cortney Warren, psikolog klinis bersertifikat.

    Bekerja, mengurus anak, membersihkan rumah, mengatur kegiatan, hingga mengelola kewajiban keuangan, kesibukan sehari-hari tersebut dapat menyedot waktu dan energi sehingga menyisakan sedikit ruang untuk bersenang-senang dalam hubungan pernikahan. Maka dari itu, salah satu penyebab istri bosan pada suami mereka hanya karena kurangnya kegembiraan.

    Meskipun kelihatannya sepele, tapi cobalah restoran atau jenis masakan baru, rencanakan jalan-jalan untuk melakukan sesuatu yang belum pernah kalian berdua lakukan bersama sebelumnya, seperti mendengarkan podcast dan diskusikan isinya, atau bahkan duduk sendirian di rumah dan menyaksikan matahari terbenam bersama.

    Cobalah sesuatu untuk membuat koneksi dan menunjukkan kepada pasangan bahwa kamu ingin berbagi pengalaman yang berbeda dengan mereka.

    6. Tidak Lagi Mencari Petualangan Baru Bersama

    Salah satu penyebab istri bosan pada suami karena pria mereka tidak ingin melakukan petualangan baru bersama. Mungkin sang istri sedang mencari pengalaman untuk membantu mereka menyalakan kembali gairah mereka, tapi sang suami tidak menunjukkan minat. Jika kamu merasa bosan dengan suami, carilah pelatih atau konselor yang dapat membantumu untuk lebih memahami kebutuhan satu sama lain.

    Pilihan Editor: 3 Alasan Utama Suami Kehilangan Minat dengan Istri

    WIDYA FITRIANINGSIH | YOUR TANGO

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika