Ilustrasi kaki. Foto: Unsplash.com/Lucrezia Carnelos

kesehatan

Kenali Sebab-sebab Kaki Dingin

Jumat, 4 Maret 2022 19:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kaki dingin merupakan salah satu reaksi normal tubuh terhadap suhu yang lebih dingin. Kala berada di wilayah yang lebih dingin, pembuluh darah di beberapa bagian tubuh termasuk kaki akan menyempit. Walhasil, aliran darah di area tersebut berkurang, sehingga jumlah panas tubuh juga akan menurun.

Akan tetapi, untuk beberapa orang kakinya tetap terasa dingin di tengah cuaca panas. Apa sebabnya? Berikut sejumlah penyebab kaki dingin selain dari pengaruh suhu dikutip dari Real Simple, Kamis, 3 Maret 2022.

1. Tubuh Anda benar-benar tipe yang dingin

Beberapa individu secara alami merasa lebih dingin lebih sering dan/atau lebih parah daripada yang lain, kata Aarti Agarwal, MD, kepala petugas kesehatan di Juno Medical.

Meskipun ini kadang-kadang merupakan gejala dari suatu kondisi kesehatan, tapi untuk beberapa kasus kaki dingin karena massa otot yang lebih rendah. Mereka yang kedinginan mungkin memiliki massa otot yang relatif lebih sedikit untuk ukuran tubuh mereka. Karena otot menghasilkan panas, tubuh mereka mungkin mencoba membuat mereka tetap hangat dengan mengalihkan panas dari ekstremitas mereka seperti tangan dan kaki Anda.

2. Sirkulasi darah buruk

Jika Anda memiliki sirkulasi darah yang buruk, darah Anda mungkin tidak mengalir dengan bebas atau secepat yang seharusnya. Karena sirkulasi darah dapat mempengaruhi suhu tubuh, penurunan aliran darah ini dapat menyebabkan Anda merasa kedinginan. Dr. Agarwal mencatat bahwa pembuluh darah di kaki dan tangan Anda adalah yang terkecil dan paling sensitif. Jadi, sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan kaki dan tangan Anda terasa sangat dingin.

"Ada banyak alasan untuk sirkulasi darah yang buruk," kata Dr. Agarwal.

Merokok dan obesitas adalah faktor risiko umum, serta kondisi kesehatan mendasar lainnya seperti penyakit arteri perifer atau penyakit raynaud. Berolahraga secara teratur, berhenti merokok, dan pola makan seimbang adalah kebiasaan sehat yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi Anda. Tetapi Anda juga dapat menemui dokter untuk mengetahui apakah sirkulasi Anda yang buruk terkait dengan kondisi medis lain.

<!--more-->


3. Anda sedang stres

Jika Anda sedang stres atau cemas, respons perlawanan dari tubuh Anda kemungkinan akan muncul. Ketika ini terjadi, detak jantung dan tekanan darah Anda akan meningkat, bisa jadi Anda bernapas lebih berat. Ini karena tubuh Anda bekerja untuk mengarahkan sumber daya—seperti darah, nutrisi, dan oksigen—ke kelompok otot utama Anda. Bagaimanapun, ini adalah otot-otot yang paling mungkin membantu Anda melawan secara efektif.

Karena tangan dan kaki Anda bukan kelompok otot utama, mereka mungkin mengalami penurunan aliran darah selama masa stres. Dan karena sirkulasi memainkan peran kunci dalam pengaturan suhu tubuh, ini dapat menyebabkan tangan dan kaki Anda terasa dingin dan/atau lembap.

4. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme merupakan kondisi di mana kelenjar tiroid Anda kurang aktif. Kelenjar tiroid adalah kelenjar kecil di bagian depan leher Anda, dan tugasnya adalah memproduksi hormon yang memengaruhi cara tubuh Anda menggunakan energi.

Jika Anda menderita hipotiroidisme, secara bertahap dapat menyebabkan tubuh Anda melambat dan berfungsi dengan kurang baik. Dan itu bisa membuat Anda merasa lelah, sakit, depresi hingga menjadi lebih sensitif terhadap dingin.

Beberapa orang dilahirkan dengan hipotiroidisme, dan ada juga beberapa hal yang dapat menyebabkannya di kemudian hari (obat-obatan tertentu, peradangan tiroid, dan penyakit Hashimoto).

Ada juga beberapa faktor risiko yang berbeda seperti wanita, orang berusia di atas 60 tahun, mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah tiroid, penderita diabetes, dan banyak lagi dapat lebih rentan terhadap hipotiroidisme. Perlu dicatat bahwa banyak kondisi lain yang terkait dengan hipotiroidisme dapat menyebabkan kaki dan tangan Anda menjadi dingin, khususnya, sementara hipotiroidisme dapat menyebabkan perasaan dingin secara umum.

Ilustrasi kaki. Unsplash.com/Jan Romero

5. Anda mungkin memiliki penyakit tertentu

"Jika Anda mengalami intoleransi dingin karena kondisi medis, kemungkinan akan disertai dengan gejala lain," kata Dr. Agarwal. "Namun, itu selalu merupakan ide yang baik untuk mencari saran dari dokter Anda untuk masalah kesehatan yang mungkin Anda miliki." Potensi penyakit dari gejala kaki dingin seperti berikut

Neuropati Perifer: Ini berarti sistem saraf tepi Anda—saraf dan sel saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang Anda—telah rusak, membuat saraf Anda kurang efektif dalam mengirimkan sinyal ke seluruh tubuh Anda.

Neuropati dapat memengaruhi saraf di bagian tubuh mana pun, termasuk kaki Anda. Dan jika saraf yang bertugas mendeteksi suhu rusak, mereka mungkin mulai memberi tahu seluruh tubuh Anda bahwa kaki Anda dingin, padahal sebenarnya tidak.

Peripheral Arterial Disease (PAD): Gangguan pembuluh darah akibat pembuluh darah menjadi sangat sempit atau tersumbat, sehingga tidak dapat membawa darah dari jantung ke organ lain. Ini dapat disebabkan oleh penumpukan plak lemak di arteri Anda atau aterosklerosis. PAD biasanya memengaruhi kaki atau lengan. Dan Anda mungkin berisiko lebih tinggi jika Anda merokok, memiliki tekanan darah tinggi, menderita diabetes, memiliki kolesterol tinggi, atau berusia di atas 60 tahun.

Penyakit Raynaud: Adalah kelainan pembuluh darah langka yang biasanya memengaruhi jari tangan dan kaki. Jika Anda menderita penyakit Raynaud, pembuluh darah Anda mungkin menyempit saat Anda kedinginan atau stres—menyebabkan kurangnya sirkulasi ke bagian tubuh tertentu (seperti jari tangan dan kaki). Anda mungkin berisiko lebih tinggi jika Anda seorang wanita, berusia di atas 30 tahun, memiliki riwayat penyakit dalam keluarga, atau tinggal di tempat dengan iklim dingin.

Penyakit Buerger: Suatu kondisi pembuluh darah, lebih dikenal sebagai tromboangiitis obliterans, yang dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak, mencegah darah mengalir dengan baik.

Ini dapat menyebabkan pembekuan darah, dan juga dapat menyebabkan tangan dan kaki Anda terbakar, tergelitik, berubah warna, atau menjadi dingin.

"Pembuluh darah terkecil [kita] ada di tangan dan kaki, jadi kita lebih sensitif terhadap perubahan di area ini," kata Dr. Agarwal. "Jika pembuluh darah di tangan atau kaki menyempit karena alasan apa pun—menyebabkan penurunan aliran darah—sehingga mengalami sensasi dingin."

Anemia: Kondisi ini di mana tubuh Anda tidak memproduksi cukup sel darah merah, atau tubuh Anda menghancurkan terlalu banyak sel darah merah. Sel darah merah bertanggung jawab untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh—tanpa cukup, tubuh berjuang untuk berfungsi dengan baik. Inilah sebabnya mengapa anemia dapat membuat Anda merasa lelah, lemah, pusing, dan kaki dingin.

<!--more-->

Cara Mengatasi Kaki Dingin

Berikut adalah beberapa tips dasar dan kebiasaan sehat untuk menghangatkan kaki Anda yang dingin:

- Regangkan atau gerakkan kaki Anda. Menurut Dr. Agarwal, bergerak dapat membuat beberapa darah mengalir ke kaki Anda, yang dapat membantu Anda menghangatkannya.

- Olahraga teratur adalah salah satu cara mudah untuk meningkatkan sirkulasi Anda, yang dapat membantu Anda mencegah kaki dingin sebelum terjadi.

-Rendam dalam rendaman kaki hangat. Isi bak mandi Anda atau bejana yang cukup besar dengan air hangat dan rendam kaki selama sekitar 15 menit untuk memanaskannya dan meningkatkan sirkulasi ke area tersebut.

- Gunakan botol air panas atau bantalan pemanas. Lalu, selimuti kaki dengan salah satu kedua benda itu.

- Karena stres dapat menyebabkan ekstremitas kaki dingin, ada baiknya mengurangi stres di mana pun Anda bisa.

- Kaus kaki adalah cara yang jelas untuk menghangatkan dan melindungi kaki yang dingin secara kronis. Mau yang lebih baik? Manjakan diri Anda dengan sepasang kaus kaki hangat yang mewah untuk kenyamanan ekstra.

- Berhenti merokok. Sebab penggunaan tembakau secara umum telah dikaitkan dengan beberapa gangguan pembuluh darah yang berbeda.

Baca juga: Tanda-tanda di Kaki yang Mencerminkan Gangguan Jantung

REAL SIMPLE