Ketahui 5 Bahaya Menahan Perut agar Terlihat Rata

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang perut. Foto: Freepik.com/8photo

Ilustrasi wanita memegang perut. Foto: Freepik.com/8photo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa di antara kita yang memiliki perut buncit punya kebiasaan menahan perut agar terlihat rata saat berfoto atau kala berdiri memakai gaun pas badan. Ternyata kebiasaan itu berdampak buruk pada perut hingga otot panggul. Yuk, kita simak apa saja bahayanya?

1. Tekanan Ekstra pada Otot Perut

Banyak orang akan melakukan menahan perut agar terlihat rata tanpa berpikir, ini hampir merupakan refleks. "Sebenarnya itu ada dampak jangka panjang yang terkait dengan 'mencengkeram perut', karena Anda menahan ketegangan yang signifikan di satu bagian tubuh Anda untuk waktu yang lama," kata guru kesehatan,  kesehatan kata guru kesehatan Erika Weiss kepada Daily Mail dikutip dari Times of India, Sabtu, 5 Agustus 2023.

2. Sindrom Jam pasir

Menahan perut secara teratur dapat menyebabkan ketidaksempurnaan dan ketidakseimbangan bentuk dan penampilan tubuh yang dikenal dengan sindrom jam pasir. Ini adalah kondisi medis di mana bentuk diafragma berubah, sehingga mengganggu kemampuannya untuk membuka sepenuhnya. Ini menghasilkan pernapasan yang dangkal.

Baca juga: Kurangi Lemak di Perut dengan Pilihan Sarapan Ini

3. Berkurangnya Kapasitas Pernapasan Bisa Membuat Anda Merasa Lelah

Karena bentuk diafragma yang terdistorsi dan lebih sedikit ruang di perut, dua komplikasi utama mungkin muncul.

"Meskipun ada penelitian terbatas yang melihat efek sindrom jam pasir itu sendiri pada kapasitas pernapasan, penelitian tentang pengikat perut (di mana seluruh perut atau hanya sebagian diikat untuk membantu pemulihan dari cedera otot atau setelah operasi), menunjukkan penurunan 34 persen mengembuskan napas dan pengurangan 27 persen - 40 persen dalam kapasitas paru-paru total," kata sebuah laporan di The Conversation.

Pernapasan yang berkurang cenderung membuat orang tersebut mudah lelah.

4. Melemahkan Otot Dasar Panggul

Tekanan konstan pada perut dapat melemahkan otot-otot dasar panggul dan ini dapat mempengaruhi fungsi kandung kemih, rahim, dan rektum. Hal ini meningkatkan risiko terjadinya kebocoran urin dan feses atau inkontinensia urin atau feses.

5. Risiko Komplikasi Lain

Kebiasaan menahan perut agar terlihat rata juga bisa memicu beberapa komplikasi seperti nyeri punggung bawah, nyeri leher, sakit kepala, dan refluks asam. Karena mobilitas diafragma berkurang, ada tekanan ekstra pada leher dan bahu yang menyebabkan nyeri leher dan sakit kepala. Ini juga menyebabkan ketegangan otot di punggung bawah dan membuat orang tersebut sulit bergerak.

Pilihan Editor: Selain Makanan Manis, Ini 6 Penyebab Perut Kamu Jadi Buncit

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."