Jenis Olahraga yang Disarankan untuk Penderita PCOS, Jalan Kaki hingga Berenang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

Ilustrasi wanita berjalan kaki. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS) adalah gangguan hormonal umum pada wanita yang dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk menstruasi yang tidak teratur, penambahan berat badan, jerawat, dan pertumbuhan rambut yang berlebihan. Dengan rutin berolahraga, penderita PCOS salah satu cara yang efektif untuk mengelola gejala PCOS dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

"Berolahraga secara teratur dapat meringankan gejala PCOS, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi kemungkinan berkembangnya masalah kesehatan lainnya," kata Dr. Seema Sharma,  Konsultan Obstetri dan Ginekologi di Rumah Sakit Apollo Cradle dan Anak di Motinagar New Delhi, India dalam sebuah wawancara dengan Hindustan Times Lifestyle, seperti dikutip dari Hindustan Times, Kamis, 30 Maret 2023.

Menurut Dr. Sharma, berikut adalah rutinitas teratas yang harus dicoba oleh wanita PCOS:

- Olahraga yang meningkatkan detak jantung dan memompa darah, seperti joging, bersepeda, atau berenang, dapat membantu wanita penderita PCOS menurunkan resistensi insulin dan lemak perut.

- Membangun massa otot tanpa lemak melalui latihan ketahanan meningkatkan metabolisme Anda dan membuat otot Anda lebih sensitif terhadap insulin. Latihan yang berfokus pada pembentukan massa dan kekuatan otot, seperti angkat besi, push-up, dan lunges, adalah pilihan yang sangat baik untuk  penderita PCOS.

- Dengan latihan yoga teratur, Anda dapat menurunkan stres dan meningkatkan sensitivitas insulin. Fleksibilitas, keseimbangan, dan kekuatan semuanya ditingkatkan sebagai hasilnya.

- Pelatihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT) adalah bentuk latihan yang berganti-ganti antara semburan kerja yang intens dan periode pemulihan singkat. Penurunan berat badan dan penurunan resistensi insulin adalah dua hasil positif dari jenis latihan ini.

Baca juga: Penderita PCOS, Simak Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Sementara itu, Dr. Ashwini Bhalerao Gandhi, Konsultan Ginekolog di Rumah Sakit PD Hinduja dan Pusat Penelitian Medis di Mumbai, India, menegaskan bahwa latihan terbaik untuk wanita dengan PCOS adalah yang membantu meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi peradangan, dan mendorong penurunan berat badan. Berikut beberapa contoh menurut Dr. Gandhi.

- Latihan kardio teratur seperti berlari, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mendorong penurunan berat badan. Targetkan setidaknya 30 menit latihan kardio intensitas sedang, lima kali seminggu.

- Latihan kekuatan seperti latihan angkat besi atau berat badan, dapat membantu meningkatkan massa otot dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Bertujuan untuk setidaknya dua sesi latihan kekuatan per minggu.

- Yoga adalah bentuk latihan berdampak rendah yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan fleksibilitas. Ini juga dapat membantu mengatur siklus menstruasi dan mengurangi gejala PCOS. Carilah kelas yoga yang berfokus pada pengurangan stres dan relaksasi.

- Pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) melibatkan latihan intens diikuti dengan periode istirahat. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk membakar kalori dan meningkatkan sensitivitas insulin. Namun, penting untuk memulai secara perlahan dan membangun secara bertahap untuk menghindari cedera.

- Jalan kaki adalah olahraga berdampak rendah yang dapat dilakukan di mana saja dan tidak memerlukan peralatan khusus. Bertujuan untuk setidaknya 30 menit jalan cepat, lima kali seminggu.

Penderita PCOS, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga apa pun dan kemudian memilih aktivitas fisik yang ingin Anda lakukan secara teratur karena hasilnya akan terlihat dalam beberapa bulan.

Pilihan Editor: 7 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita PCOS

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."