9 Manfaat Kacang Hitam untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang hitam (Pixabay.com)

Ilustrasi kacang hitam (Pixabay.com)

IKLAN

5. Membantu Mengelola Gula Darah

Serat dan protein yang terkandung dalam kacang hitam memperlambat pencernaan, sehingga memperlambat respons gula darah, membantu Anda menghindari lonjakan gula yang tidak diinginkan setelah makan.

Satu studi yang diterbitkan di Nutrients menemukan hal ini, dengan peserta menunjukkan respons gula darah rendah setelah makan kacang hitam dan nasi, jika dibandingkan dengan hanya makan nasi saja.

Studi lain menemukan bahwa menambahkan kacang hitam ke dalam makanan khas Barat mengurangi kebutuhan insulin setelah makan pada orang dewasa dengan sindrom metabolik. Namun studi lain menemukan kacang hitam untuk meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insulin di seluruh tubuh.

Meskipun ini adalah berita bagus bagi mereka yang menderita diabetes atau masalah metabolisme lainnya, ini juga merupakan kemenangan bagi semua orang karena ini berarti energi berkelanjutan tanpa rasa takut setelah makan.

6. Sumber Pati Resisten

Dalam kacang hitam, Anda juga akan menemukan banyak pati resisten. Pati resisten adalah sejenis karbohidrat yang, tidak seperti pati lainnya, tidak dipecah di usus kecil. Ini berarti tidak akan meningkatkan gula darah, meningkatkan kekuatan pengaturan gula darah kacang hitam.

Plus, pati resisten membantu memberi makan bakteri usus kita yang sehat, menjaga keteraturan usus, meningkatkan rasa kenyang, mengurangi kolesterol, dan bahkan dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker usus besar. Ini juga berfermentasi perlahan di usus besar yang berarti menghasilkan lebih sedikit gas daripada jenis serat lainnya.

Baca juga: 5 Manfaat Kacang Macadamia untuk Tubuh, Jaga Kesehatan Usus dan Tulang

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."