9 Manfaat Kacang Hitam untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kacang hitam (Pixabay.com)

Ilustrasi kacang hitam (Pixabay.com)

IKLAN

3. Menyehatkan Usus

Kacang hitam sangat tinggi dalam jenis serat tertentu yang disebut prebiotik. Kandungan tersebut berperan penting untuk menjaga kesehatan usus yang optimal. Prebiotik pada dasarnya adalah serat yang tidak dapat dicerna yang membuatnya sampai ke mikrobioma usus Anda, yang ditemukan di usus besar.

Begitu tiba di usus besar, prebiotik menjadi makanan bagi bakteri usus kita yang sehat, yang sangat penting bagi kesehatan seluruh mikrobioma. Kesehatan mikrobioma usus telah dikaitkan dengan kesehatan beberapa sistem tubuh, mulai dari kesehatan otak, kekebalan tubuh, hingga kesehatan jantung, dan seterusnya. Dan makan makanan yang sehat untuk usus adalah salah satu cara terbaik untuk menjaganya tetap dalam kondisi optimal.

4. Kaya Vitamin B

Kacang hitam juga menawarkan berbagai vitamin B, terutama folat dan thiamin. Semua vitamin B adalah kunci untuk metabolisme energi dan pertumbuhan sel yang efektif, tetapi masing-masing juga memiliki manfaat uniknya sendiri.

Folat membantu pembentukan sel darah merah, tetapi sangat penting untuk dikonsumsi wanita hamil. Sebab folat berperan penting dalam perkembangan tabung saraf untuk bayi yang sedang tumbuh.

Faktanya, pada akhir 1990-an, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mulai meminta produsen sereal untuk menambahkan asam folat (yaitu folat) ke sereal sarapan untuk memastikan orang Amerika mendapatkan cukup gizi penting ini.

Sementara itu, thiamin membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan sangat penting untuk metabolisme karbohidrat yang sehat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."