Mengenal Manfaat Skin Fasting untuk Kulit Wajah dan Cara Melakukannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi membersihkan wajah. Freepik.com

Ilustrasi membersihkan wajah. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rutin memakai produk perawatan kulit atau skincare salah satu rumus menjaga kesehatan kulit. Namun yang tak kalah pentingnya adalah puasa kulit atau skin fasting. Apa manfaat skin fasting? Yuk, kita simak dari pengertiannya terlebih dahulu. Skin fasting adalah masa istirahat sementara dari produk perawatan kulit tertentu. Saat Anda melakukan skin fasting, Dr. Jaliman, dokter kulit yang berbasis di New York, Amerika Serikat, menyarankan penerapan basic skincare yakni pembersih, pelembap, dan tabir surya.

“Ada bakteri yang akan masuk ke kulit Anda, [serta] minyak, kotoran, [dan] polutan, jadi Anda tetap perlu membersihkan kulit Anda (saat skin fasting). Begitu pula dengan pelembap yang menghidrasi dan tabir surya untuk proteksi dari paparan sinar ultraviolet berlebihan,” jelas dokter Jaliman dikutip dari laman Women's Health, pada Rabu,15 Maret 2023.

Setelah masa skin fasting, Anda perlahan-lahan akan menambahkan produk kembali ke rejimen Anda, meskipun Anda mungkin menemukan bahwa Anda tidak membutuhkan semuanya, menurut Dr. Jaliman.

Manfaat Skin Fasting

Dr. Jaliman mengatakan dia tidak mengetahui adanya penelitian yang mendukung tren ini, tetapi mencatat bahwa ada banyak manfaat potensial skin fasting selain merampingkan rutinitas skincare dan mungkin menghemat uang.

“Mungkin Anda menggunakan terlalu banyak produk skincare yang menyebabkan iritasi pada kulit, seperti terlalu banyak asam yang menyebabkan kemerahan dan kering,” jelasnya. “Atau mungkin Anda menggunakan terlalu banyak minyak dan menyebabkan jerawat. Skin fasting memberi kulit Anda kesempatan untuk menyeimbangkan kembali.

Dengan kata lain, Anda sering membiarkan kulit Anda kembali ke pH idealnya dan karenanya mendukung pelindung alaminya. Kemudian, saat Anda mulai menggunakan produk tambahan lagi, Anda dapat mengetahui esensi perawatan kulit Anda.

Efek Buruk Skin Fasting

Jika Anda menggunakan produk yang benar-benar Anda butuhkan dan kemudian Anda menghentikannya, Anda mungkin membuat kulit Anda menjadi lebih buruk untuk sementara, menurut Dr. Jaliman. Misalnya, jika kulit berminyak dengan pori-pori tersumbat dan Anda berhenti menggunakan exfoliant, Anda mungkin akan mengalami lebih banyak pori-pori tersumbat dan kulit mati.

Baca juga: Do dan Don'ts Perawatan Kulit, Jangan Abaikan Hidrasi dan Pakai Retinol Sesuai Kebutuhan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."