Mengenal Manfaat Skin Fasting untuk Kulit Wajah dan Cara Melakukannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi membersihkan wajah. Freepik.com

Ilustrasi membersihkan wajah. Freepik.com

IKLAN

Yang Perlu dan Tidak Jalani Skin Fasting

Dr. Jaliman merekomendasikan skin fasting bagi mereka yang memiliki kulit tidak bermasalah, artinya mereka tidak berurusan dengan kondisi kulit seperti jerawat, rosacea, atau eksim di bawah bimbingan dokter kulit.

Jika Anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat atau masalah khusus seperti eksim atau rosacea,  Jaliman mencatat bahwa Anda dapat mencoba skin fasting, di mana Anda menyimpan produk yang Anda tahu Anda butuhkan, seperti asam salisilat atau produk eksim, dan memotongnya. Dengan kata lain, Anda dapat menyesuaikan tren ini untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Jika Anda tidak yakin apakah aman atau disarankan untuk menghentikan produk dari rejimen Anda (bahkan untuk sementara), konsultasikan dengan dokter kulit Anda.

Cara Melakukan Skin Fasting

Berikut proses skin fasting langkah demi langkah Dr. Jaliman secara umum:

- Hentikan penggunaan semua produk Anda, kecuali pembersih dua kali sehari, pelembap sekali atau dua kali sehari, dan tabir surya Anda di pagi hari (ditambah jika perlu aplikasi ulang).

- Setelah satu atau dua minggu, tambahkan produk kembali dan lihat bagaimana kulit Anda. Setelah satu atau dua minggu lagi, tambahkan kembali produk lain. Selama kulit Anda dapat menoleransinya, Anda dapat terus mengikuti proses ini.

- Jika Anda melihat kulit Anda memerah (atau reaksi lain yang tidak diinginkan) setelah Anda mulai menggunakan produk tertentu lagi, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghilangkannya dari rutinitas Anda sama sekali.

- Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memotong suatu produk jika tidak membuat perbedaan pada kulit Anda selama beberapa minggu. (Anda dapat membuat catatan atau gambar untuk membantu melacak reaksi kulit Anda).

- Jalani proses ini sekali dalam satu musim—atau kapan pun Anda merasa perlu mengevaluasi kembali rangkaian produk Anda.

- Jangan mengganti pembersih, pelembap, atau tabir surya Anda selama proses ini, saran Dr. Jaliman. 

Pilihan Editor: Cerita Velove Vexia Alami Kulit Kering dan Sensitif, Riset sekaligus Selektif Pilih Produk

WOMEN's HEALTH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Halaman

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."