7 Manfaat Buttermilk untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi  buttermilk. Shutterstock

Ilustrasi buttermilk. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minum buttermilk setelah makan siang atau makan malam tidak hanya melancarkan pencernaan, tetapi juga mencegah peningkatan asam lambung. Tak mengherankan buttermilk digunakan sebagai obat tradisional selama ribuan tahun dalam Ayurveda untuk mengobati masalah pencernaan. Apalagi manfaat buttermilk untuk tubuh?

Buttermilk adalah salah satu sumber protein untuk membangun otot, kulit, dan tulang, menurut Palki Chopra, pakar penurunan berat badan sekaligus pendiri Bites.Nutritious di India.

"Selain itu, buttermilk juga lebih rendah kalori dibandingkan susu dan tinggi kalsium, vitamin B12, dan kalium. Buttermilk dapat dikonsumsi kapan saja sepanjang hari," lanjut Chopra seperti dilansir Hindustan Times, pada Kamis, 2 Maret 2023.

Buttermilk juga kaya kalsium, kalium, dan vitamin B12 yang baik untuk tubuh. Dengan sederet kandungan gizi tersebut, minum segelas buttermilk dapat berdampak baik untuk kesehatan. Yuk, kita simak apa saja keuntungannya di bawah ini.

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Bakteri sehat dan asam laktat dalam buttermilk membantu pencernaan dan meningkatkan metabolisme tubuh

2. Bantu Mengobati Sindrom Iritasi Usus Besar

Mengonsumsi buttermilk secara teratur dapat mengurangi timbulnya beberapa penyakit perut seperti sindrom iritasi usus besar.

3. Mencegah Peningkatan Keasaman

Mengonsumsi buttermilk dapat membantu mengatasi keasaman. Dengan menambahkan bumbu seperti jahe kering atau merica, dapat meningkatkan khasiatnya dan mencegah keasaman.

4. Membantu Mengatasi Refluks Asam Lambung

Memberikan efek pendinginan pada tubuh terutama pada sistem pencernaan dan mengurangi iritasi pada lapisan lambung yang disebabkan oleh refluks asam.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu fondasi untuk sistem kekebalan tubuh adalah usus yang sehat, dan buttermilk mendorong pertumbuhan flora usus yang sehat sehingga dapat meningkatkan segala hal, mulai dari pencernaan hingga kekebalan tubuh.

6. Bantu Menurunkan Berat Badan

Buttermilk juga dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan karena merupakan camilan rendah kalori dengan kaya gizi.

7. Sumber Elektrolit

Buttermilk baik dikonsumsi di musim panas karena merupakan sumber elektrolit yang baik seperti kalium, yang membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Buttermilk merupakan produk sampingan dalam proses pembuatan mentega dari krim. Anda bisa menikmati buttermilk apa adanya dengan rasa tawar atau menambahkan beberapa rempah seperti merica, bubuk ketumbar, atau jahe kering.

Pilihan Editor: Bahan Pengganti Telur untuk Membuat Kue, dari Buttermilk hingga Tahu Sutra 

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."