Bahan Pengganti Telur untuk Membuat Kue, dari Buttermilk hingga Tahu Sutra

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tahu. Foto: Freepik.com/Jcomp

Ilustrasi tahu. Foto: Freepik.com/Jcomp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ingin membuat kue, tapi kamu kehabisan telur di rak dapur atau kulkas? Kamu bisa improvisasi menggunakan sejumlah bahan pengganti telur. Menurut ahli diet terdaftar dan pakar kesehatan usus, Amanda Sauceda, ada enam bahan pengganti telur yang bisa dipilih, juga kaya gizi.

Mengenai pengganti mana yang harus dipilih, itu tergantung pada apa yang kamu buat. Di sini, Sauceda memberikan tips tentang cara mengetahui kapan harus menggunakan masing-masing dari  bahan pengganti telur terbaik.

Berikut bahan pengganti telur yang direkomendasikan oleh ahli diet

1. 1 Sdm Biji Rami Giling + 3 Sdm Air

Ilustrasi biji rami. Shutterstock

Biji rami penuh dengan serat dan Sauceda mengatakan bekerja paling baik sebagai bahan pengganti telur untuk makanan padat yang dipanggang, seperti waflle atau muffin.

"Trik untuk menggunakan biji rami adalah kamu harus menggunakan rami giling dan diamkan setidaknya selama lima menit hingga membentuk gel," kata Sauceda. Kemudian, masukkan saja ke dalam adonan seperti yang kamu lakukan pada telur biasa.

2. 1/4 Cangkir Buttermilk

Ilustrasi buttermilk. Shutterstock

"Buttermilk adalah pengganti telur yang bagus untuk kue karena buttermilk tidak akan membuat kue padat," kata Sauceda.

Jika kamu tidak memiliki buttermilk di lemari es, kamu bisa membuatnya sendiri dengan menambahkan satu sendok makan cuka atau jus lemon ke dalam satu cangkir susu (atau susu kacang), aduk, dan diamkan selama lima menit.

3. 1/2 buah Pisang Tumbuk

Ilustrasi pisang. REUTERS

Jika kamu ingin pengganti telur juga menambahkan sedikit rasa manis pada makanan, Sauceda mengatakan pisang tumbuk adalah cara yang baik. Dia suka menggunakannya saat membuat pancake.

"Saya juga menambahkan selai kacang di atasnya dan itu adalah kombo yang unggul," katanya.

4. 1 Sdm Biji Chia + 3 Sdm Air

Ilustrasi Biji Chia. Wowfood.club

Mengenai bahan pengganti telur, Sauceda mengatakan "telur" chia bekerja mirip dengan telur rami dan dapat digunakan dengan banyak cara yang sama, dalam makanan yang dipanggang padat. "Biji chia juga perlu didiamkan dalam air selama lima menit agar gel," tambahnya sebagai tip memasak.

5. 1/4 Cangkir Tahu Sutra

Ilustrasi tahu sutra. Shutterstock

Saat menggunakan tahu sebagai pengganti telur, Sauceda mengatakan penting untuk memastikan bahwa itu adalah tahu sutra karena lebih ringan dan memiliki kandungan air yang lebih tinggi daripada jenis tahu lainnya.

"Jika kamu menginginkan pengganti telur tanpa rasa, tahu sutra bagus untuk digunakan," katanya.

Bila kamu penggemar berat telur orak-arik, kamu uga bisa menggunakan tahu sutra sebagai penggantinya di sini, mencampurkan sayuran dan keju untuk sedikit menambah rasa.

6. 1/4 Cangkir Saus Apel

Ilustrasi saus apel. Shutterstock

"Saus apel paling baik digunakan saat kamu hanya perlu mengganti satu telur. Sebab, jika kamu menggunakan terlalu banyak saus apel, struktur makanan yang dipanggang mungkin tidak akan berfungsi dengan baik," kata Sauceda.

Mirip dengan pisang tumbuk, saus apel juga merupakan cara untuk menambahkan sedikit rasa manis pada resep, tanpa harus menambahkan gula murni.

Telur penuh dengan vitamin dan nutrisi sehat, jadi jika kamu menggunakannya, bagus sekali. Tetapi jika tidak, salah satu dari enam bahan pengganti telur di atas akan memastikan kamu tidak terhambat pada apa yang kamu coba buat.

Baca juga: Masak Telur Rebus Ada Ilmunya, Baca Tips Merebus Telur yang Benar

WELL+GOOD

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."