Kaleidoskop 2022: 8 Artis yang Melahirkan Anak Pertama, dari Nikita Willy hingga Anisa Rahma

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Nikita Willy melahirkan anak pertamanya bersama Indra Priawan, Issa Xander Djokosoetono, pada Kamis, 7 April 2022 (Instagram/@indrapriw)

Nikita Willy melahirkan anak pertamanya bersama Indra Priawan, Issa Xander Djokosoetono, pada Kamis, 7 April 2022 (Instagram/@indrapriw)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kaleidoskop 2022 kali ini memotret deretan artis yang melahirkan anak pertama di sepanjang tahun ini. Kehadiran buah hati tentunya menciptakan kegembiraan tersendiri di tengah keluarga. Ungkapan bahagia dan syukur kerap dibagikan di akun media sosial mereka. Begitu pula kisah mereka menjalani peran sebagai ibu baru. 

Berikut 8 artis yang melahirkan anak pertama yang dihimpun dalam kaleidoskop 2022 versi Cantika.

1. Aurel Hermansyah

Aurel Hermansyah merupakan salah satu artis yang melahirkan anak pertama di awal tahun 2022. Ia melahirkan bayi perempuan lewat operasi caesar pada 22 Februari 2022. Sehari sebelum persalinannya, keluarga intinya, termasuk ibu kandung Krisdayanti dan ibu sambung Ashanty, turut menginap di rumah sakit untuk memberikan dukungan moril kepada istri Atta Halilintar itu.

Seperti kebanyakan kreator konten, Aurel dan Atta baru mengumumkan nama anak dan menunjukkannya ke publik beberapa hari setelah kelahirannya. Keduanya memilih mengumumkan itu di momen akikah. Cucu pertama Krisdayanti dan Anang Hermansyah itu diberi nama Ameena Hanna Nur Atta.

Nama tersebut sudah dipersiapkan sejak Ameena dalam kandungan, menurut pasangan yang menikah pada 3 April 2021 itu. 

Kita ngobrol (nama Ameena) dari (usia kandungan Aurel) tujuh bulan. Tujuh bulan udah siapin nama," ujar Atta dalam vlog yang diunggah di kanal Youtube Ricis Official, Senin, 21 Maret 2022.

"Tapi nama depan (yang sudah pasti), ya. Nama tengahnya, dia dah lahir, belum ada nama tengahnya. H-nya apa, ya," timpal Aurel

(dari kiri) Aurel Hermansyah bersama putrinya, Ameena Hanna Nur Atta. Foto: Instagram/@aureliehermansyah

Dalam pengasuhan Ameena, di vlog lain, Aurel mengungkapkan Atta berperan lebih banyak ketimbang dirinya sebagai pemimpin keluarga. 

"Sebenarnya kalau di rumah, rules-nya lebih (banyak peran) Atta. Dia mau mendidik Ameena gimana, terserah Atta, papanya," ujar Aurel dikutip dari vlog yang diunggah di kanal Youtube Nikita Willy Official, Sabtu, 15 Oktober 2022.

"Kalau aku di sisi ibu, kalau ibu di mana-mana kan 'yaudahlah dengerin aja dulu, papa'. Aku sih pengennya ngedidiknya kita kayak temenan aja. Ameena harus terbuka. Kalau soal didik anak lebih ke papanya, aku ngikut aja deh," jelas perempuan 24 tahun itu.

2. Nadine Chandrawinata

Di hari yang sama dengan Aurel melahirkan, pasangan artis Nadine Chandrawinata dan Dimas Angara juga dikaruniai anak pertama. Lewat akun Instagram masing-masing, keduanya bagikan kabar bahagia kelahiran sang buah hati disertai namanya.

"Hi Namaku “Nadi Djiwa Anggara” 22.02.2022 panggil saja saya “Djiwa”," bunyi keterangan foto yang diunggah pada Selas malam, 22 Februari 2022.

Dalam foto yang diunggah tampak Nadine menggendong anaknya yang berjenis kelamin perempuan tengah lelap tertidur. Wajahnya yang tanpa riasan tampak semringah dengan kehadiran buah hati. Wajah Dimas yang berada di samping kirinya juga tampak berseri-seri.

Nadine dan Dimas dikaruniai buah hati setelah empat tahun pernikahan. Nadine umumkan kehamilannya ke publik bertepatan dengan ulang tahun Dimas ke-33 pada September 2021. 

Kala itu, usia kehamilan Nadine sudah memasuki empat bulan alias trimester kedua. Selama kehamilannya, Nadine kerap membagikan foto yang memamerkan baby bump dan maternity shoot dalam berbagai tema, salah satunya mengenakan busana dari gorden dan sisa kian kala berpose di tepi pantai.

Nadine Chandrawinata bersama putrinya, Nadi Djiwa Anggara/Foto: Instagram/Nadine Chandrawinata

Nadine dan Dimas juga sepakat tidak ingin mengetahui jenis kelamin anak pertamanya hingga waktu persalinan. Bahkan mereka meminta dokter kandungannya untuk tidak memberi tahu perihal jenis kelamin buah hati. Keduanya hanya ingin menikmati masa-masa menjadi calon orang tua.

Menjalani peran sebagai ibu baru, Nadine mengaku Djiwa membuatnya menjadi pribadi yang lebih teratur.

"Djiwa buat aku bangun lebih pagi. Sebenarnya aku gak terlalu morning person (orang yang bangun pagi) banget (sebelumnya), kecuali olahraga," ujar Nadine dikutip dari podcast TS Talks 190#1 yang diunggah di kanal Youtube TS Media, Senin, 7 November 2022.

Selain itu, lanjut Nadine, Djiwa membuatnya semakin lebih terencana dan sistematis. "Aku harus ngelakuin ini, sebelum Djiwa bangun, atau apa. Semuanya (berpikir lebih ke depan)," tutur Puteri Indonesia tahun 2005 itu.

"Djiwa bisa bikin aku lebih teratur. jadi aku punya sistem lebih baik dalam kehidupan. Bukan hanya aku berpikir untuk diri aku sendiri, sekarang aku harus berpikir Djiwa gimana, Dimas gimana, rumah gimana," tuturnya.

Dalam mengasuh Djiwa, Nadine Chandrawinata memilih tanpa bantuan pengasuh bayi alias babysitter. Pertimbangannya, ia ingin mengikuti langsung setiap perkembangan sang putri.

3. Nikita Willy

Aktris, Nikita Willy melahirkan anak pertama berjenis kelamin laki-laki pada 7 April 2022. Sang putra diberi nama Issa Xander Djokosoetono. Terkait lokasi kelahirannya, Nikita dan suami, Indra Priawan Djokosoetono sepakat memillih Amerika Serikat karena pertimbangan fasilitas kesehatan.  

Nikita diketahui melahirkan di Rumah Sakit Cedars-Sinai Medical Center, Beverly Hills, Los Angeles, California, Amerika Serikat dan ditangani oleh dokter Thais Aliabadi. Dokter kandungan tersebut juga dokter langganan selebriti Hollywood seperti Beyonce, Chrissy Teigen, hingga Kylie Jenner.

Lewat akun media sosialnya, perempuan 28 tahun itu kerap berbagi perjalanannya menjadi ibu. Di bulan pertama menjadi ibu, Nikita Willy mengaku bulan pertama menjadi ibu bukan hal yang mudah baginya. Sebab ada beragam perubahan dalam keseharian dan penampilan saat mengurusi buah hati. Ada momen-momen di mana ia tak suka becermin.

"Bulan pertama memiliki bayi baru lahir mungkin merupakan hal tersulit yang pernah Anda lakukan," tulisnya di Instagram, 7 Mei 2022.

"Emosi, kurang tidur, tubuh berubah, jarang memakai riasan, rambut berminyak, pakaian saya pas, tubuh saya bergulung-gulung. Saya melihat ke cermin dan terkadang saya tidak menyukai apa yang saya lihat," ungkapnya.

Nikita Willy bersama anak pertamanya, Issa Xander Djokosoetono. Foto: Instagram/@nikitawillyofficial94

Seiring berjalannya waktu, Nikita Willy menyadari bahwa setiap perubahan yang terjadi merupakan proses berharga yang sayang untuk dilewatkan. Ia semakin menikmati proses menjadi ibu.

"Tapi kemudian saya ingat tubuh saya telah melalui banyak hal, itu diperbolehkan untuk sembuh. Dan saya benar-benar pencipta kehidupan! Dan itu luar biasa! Hormati setiap bagiannya!" jelas bintang sinetron Putri yang Ditukar itu.

Dalam mengasuh Issa, hingga saat ini, Nikita dan Indra sepakat tak menggunakan jasa pengasuh bayi alias baby sitter. Mereka ingin terlibat langsung dalam setiap perkembangan Issa.

"Sejauh ini belum ada baby sitter, mungkin karena kita terbiasa dengan apa yang kita lakukan di LA (Los Angeles) kemarin. Jadi, bener-bener cuma aku, Indra, dan dibantu mamaku, mamanya Indra," ujar Nikita dalam video "Nikita Willy & Indra Quality Time Bareng Baby Issa di Jakarta" yang diunggah di kanal Youtube Nikita Willy Official, Sabtu, 10 September 2022.

Sementara saat di Indonesia, Nikita mengaku dibantu para asisten rumah tangga (ART) untuk mencuci botol susu bayi ataupun peralatan lainnya. 

Dalam mengurus Issa di rumah, Nikita dan Indra berbagi tugas secara berkala. 

"Pembagiannya adalah kalau misalkan yang nidurin malam hari, aku. Yang bacain cerita, Indra. Yang mandiin (Issa) aku dibantu mbak. Trus pagi-pagi, siapa yang bangun duluan, aku atau Indra, menyapa Issa lebih dulu. Aku bawa turun Issa ke taman (di kawasan apartemen mereka) untuk jalan-jalan," jelasnya

"Kalau siapa pun yang ada di rumah, pasti nidurin dia nap atau third nap. Kalau misalkan aku enggak ada, ya Indra, atau sebaliknya," imbuhnya.

Mereka juga menetapkan jadwal harian untuk Issa agar bisa disesuaikan dengan aktivitas mereka, misalnya berolahraga atau bekerja dari rumah.

"Jadi, kita tahu dia tidur siang 1, 2, 3-nya jam berapa. Jadi, di sela-sela itu kita bisa tinggal buat olahraga," ucapnya. 

4. Ayla Dimitri

Pemengaruh di dunia kecantikan dan mode, Ayla Dimitri dan suami, Rama Devara Sofyar, dikaruniai bayi laki-laki pada 31 Mei 2022. Ayla berencana melahirkan lewat miss V, namun karena kondisi kesehatan, memutuskan menjalani operasi caesar. Ayla dan Rama menamai sang bayi dengan Gili.

Dalam menjalani peran barunya sebagai ibu, Ayla mengaku banyak penyesuaian yang ia lakukan. Diakui Ayla, jika sebelumnya ia bisa menerima tawaran kerjasama atau kolaborasi dari banyak pihak, kini ia benar-benar memilih yang sesuai dengan waktunya. 

"Rasanya sudah beda ya, sekarang sudah ada anak jadi enggak bisa juga sering ditinggal, jadi sementara ini belum lama lahiran rasanya lebih memilih prioritas sama keluarga, apa-apa sekarang termasuk kerjaan atau menghadiri acara tertentu seperti saat ini lebih dipilih lagi," kata Ayla Dimitri saat ditemui di instalasi pop-up Kate Spade di Plaza Indonesia, Jumat, 16 September 2022.

Ayla Dimitri bersama anak pertamanya, Gili. Foto: Instagram/@ayladimitri

Di kesempatan lain, Ayla mengaku di bulan pertama menjadi ibu cukup melelahkan karena masa beradaptasi. Seiring berjalan waktu, ia menemukan formula terbaik dalam menjalani peran ibu di antara sederet aktivitasnya. 

"Dunia baru sekali. Bulan pertama menantang karena seperti roller coaster. Awalnya overwhelming, tapi sekarang alhmdulillah mulai ketemu celahnya, ketemu polanya, udah mulai ajeg. Kapan harus membagi waktu dengan keluarga, kapan harus kerja, dan me time," kata perempuan 36 tahun itu ditemui di Jakarta Pusat, pada Selasa, 1 November 2022.

Bagi Ayla, me time adalah suatu keharusan, terlebih di masa-masa beradaptasi menjalani peran baru sebagai ibu.

"Aku mencoba semakin lebih tertib bagi waktu (sejak menjadi ibu). Me time harus ada, banyak banget jenisnya. Buat aku, selain olahraga, membaca buku, menyempatkan diri lima menit untuk meditasi. Pembagian waktu dengan jelas membuat aku pasti waras," jelasnya.

5. Ria Ricis

Kreator konten, Ria Ricis melahirkan anak pertama lewat operasi caesar pada 26 Juli 2022. Ia dan suami, Teuku Ryan, dikaruniai bayi perempuan cantik. Keduanya kompak bagikan kabar bahagia tersebut di akun Instagram masing-masing.

"Bismillah, alhamdulillah telah lahir anak pertama kami hari Selasa, 26 Juli 2022 pukul 08.26 pagi hari di Rsia Bina medika Bintaro dengan sehat dan cantik. Insyaallah sholiha ya sayang. Mirip siapa ya anak kitaa?," tulis pria asal Aceh itu.

Sama seperti Aurel dan Atta, Ricis pun baru mengumumkan nama dan menunjukkan foto setelah bebeapa kelahiran sang putri.

Nama anak Ria Ricis baru diumumkan setelah 11 hari kelahirannya. Pengumuman tersebut bersamaan dengan acara akikah pada Jumat, 5 Agustus 2022. 

Nama anak pertama kita adalah Cut Raifa Aramoana,” kata Ryan saat siaran langsung acara akikah dan syukuran anaknya di YouTube.

Ria Ricis bersama anak pertamanya, Cut Raifa Aramoana. Foto: Instagram/@riaricis1795

Ricis juga mengungkap arti nama anaknya saat ditanya ustad Syam, salah satu penceramah di acara akikah dengan dekorasi tema lautan.

Cut’ kan dari Aceh. ‘Raifa’ itu artinya bijaksana, berbuat baik, intinya kebaikan. Dalam agama, Raifa artinya kebaikan. ‘Aramoana’ (artinya) ‘jalan kecil menuju pantai’,” ujar perempuan 27 tahun ini.

Bisa diterka pemilihan nama Aramoana juga dipengaruhi kecintaan Ricis kepada laut. Menyelam di laut salah satu kegiatan favorit perempuan dengan nama lahir Ria Yunita itu.

Saat ditanya jumlah anak yang diinginakan, pasangan yang menikah pada 12 November 2021 itu berharap dikaruniai tiga anak.

6. Indah Permatasari

Aktris Indah Permatasari melahirkan anak pertamanya dengan komika Arie Kriting pada 1 September 2022. Lewat akun Instagramnya, pemeran Tari di film Wedding Agreement itu bagikan kabar bahagia tanpa menyebut nama dan jenis kelamin sang buah hati.

"Alhamdulillah. Terima Kasih Ya Allah. Telah Lahir buah hati kami dengan selamat." tulis Indah di video Reels Instagram.

Hingga saat ini, Indah dan Arie tetap kompak belum membagikan detail informasi sang bayi, termasuk foto wajah menggemaskannya. 

Indah Permatasari bersama anak pertamanya. Foto: Instagram/@indahpermatas

Dalam menjalani peran barunya sebagai ibu, perempuan 25 tahun itu mengatakan terus beradaptasi dengan sang buah hati.

"Menjadi seorang Ibu memang tidak mudah, namun menjadi Anak pun juga tidak mudah. Mereka punya struggle-nya masing masing, beradaptasi dengan semua hal," tulis Indah di Instagram pada awal November silam.

Tak lupa ia juga merapalkan harapan kepada buah hatinya agar tetap bisa menjadi teman. "Semoga kelak kita bisa berteman ya Nak sampai kapanpun, dan semoga aku bisa menjadi Ibu yang kamu inginkan," ungkapnya

7. Anisa Rahma

Mantan personel girlband Cherrybelle, Anisa Rahma melahirkan anak kembar berjenis kelamin perempuan pada 13 Oktober 2022. Anisa menjalani operasi caesar sehari setelah hari ulang tahunnya yang ke-32.

"Alhamdulillah telah lahir anak kembar kami..anak pertama yang Allah hadirkan langsung, 2 anak perempuan.. Lahir pd tanggal 13 Oktober yang hanya beda sehari dengan maminya," tulis Anisa di Instagram pada Kamis, 13 Oktober 2022.

Di unggahan itu, Anisa juga mengumumkan nama panggilan anak kembarnya, Alma dan Alsha. Tujuh hari kemudian baru diungkap nama lengkap kedua putrinya, yaitu Almashira Atqiya Shanum dan Alshamira Afiza Shanum.

Perjuangan Anisa untuk dikaruniai keturunan terbilang panjang. Lewat akun media sosialnya, ia bagikan kisahnya secara terbuka.

Aku di sini mau sharing bahwa proses panjang yang kami jalani nggak mudah, banyak pasang surutnya. Bahkan aku sempet istirahat dan break selama 1 tahun. Kuncinya, sebagai pasangan harus saling menyemangati dan berjuang, bukan salah satunya aja. Karena kan emang memiliki buah hati itu keinginan berdua bukan salah satunya aja..” tulis Anisa di Instagram Mei 2022.

Anisa Rahma bersama suami, Anadito Dwis, di momen akikah anak kembarnya, Almashira Atqiya Shanum dan Alshamira Afiza Shanum, pada November 2022. Foto: Instagram/@anisarahma_12

Anisa diketahui hamil anak kembar setelah menjalani program bayi tabung. Ia menantikan momen kehamilan sejak menikah dengan Anandito Dwisempat tahun lalu.

Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, diketahui Anisa mengaku mengalami penyumbatan tuba falopi dan polip di rahim. Kedua kondisi itu mempengaruhi kesuburan wanita. Ditambah lagi, suaminya memiliki masalah kualitas spermanya.

Mengetahui kondisi tersebut, pasangan yang menikah pada September 2018 itu pun mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Anandito dibimbing oleh dokter spesialis andrologi Androniko Setiawan dan hasilnya menggembirakan.

Sementara, Anisa menjalani histeroskopi dengan bantuan konsultan fertilitas endokrinologi reproduksi Beeleonie untuk mengangkat polip-polip yang ada di rahim. Setelah semua permasalahan berhasil diatasi, perjalanan bayi tabung pun dimulai.

Anisa mulai menjalani program bayi tabung sejak 2019 dan sempat beberapa kali gagal. Menurut Anisa Rahma, kuncinya adalah jangan stres, dibuat nyaman, jangan patah semangat, sabar menanti waktu yang tepat, dan banyak berdoa.

8. Alika Islamadina

Pemengaruh kecantikan dan mode, Alika Islamadina termasuk deretan artis yang melahirkan anak pertama sepanjang tahun 2022. Ia dikaruniai anak pertama pada 25 Oktober 2022. Anak pertama Alika dengan fotografer Raja Siregar berjenis kelamin perempuan. 

Alika Islamadina bersama anak pertamanya, Zulu. Foto: Instagram/@alikaislamadina

"Alhamdulillah. Tidak ada kata yang bisa menggambarkan betapa kami mencintaimu, anak perempuanku, Zulu kami," tulis keponakan Alya Rohali itu dalam bahasa Inggris di Instagram dua hari setelah melahirkan.

Perlahan namun pasti, Alika akhirnya menunjukkan wajah putrinya di penghujung tahun ini. Di awal kelahiran Zulu, ia membagikan foto Zulu tanpa menunjukkan wajahnya.

Selain kaleidoskop 2022 artis yang melahirkan anak pertama, simak pula kaleidoskop 2022 artis yang melahirkan anak kedua di artikel selanjutnya.

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLON I SILVY | ECKA PRAMITA | MILA NOVITA | INSTAGRAM

Baca juga: Skincare Lokal Paling Banyak Dicari Tahun 2022, dari Somethinc hingga Whitelab

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."