Gaya Parenting Nikita Willy dan Suami, yang Bagus dari Orang Tua dan Utamakan Sains

Nikita Willy bersama suami, Indra Priawan Djokosoetono, dan anak pertama mereka, Issa Xander Djokosoetono. Foto: Instagram/@indpriw

keluarga

Gaya Parenting Nikita Willy dan Suami, yang Bagus dari Orang Tua dan Utamakan Sains

Sabtu, 16 Juli 2022 21:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Nikita Willy dan suami, Indra Priawan, bagikan pengalaman mereka menjadi orang tua baru-baru ini. Hal itu diungkapkan kala mereka menjawab beberapa pertanyaan seputar mengasuh anak atau parenting dari warganet. Salah satu pertanyaan seputar gaya parenting ala mereka untuk sang putra, Issa Xander Djokosoetono, yang lahir pada awal April 2022.

"Apakah Niki dan Indra akan menggunakan pola parenting orang tua kalian dulu atau punya gaya parenting sendiri?" ujar Nikita membacakan pertanyaan warganet dari layar ponselnya dikutip dari vlog yang diunggah pada Sabtu, 16 Juli 2022.

"Pokoknya, apa yang bagus dulu diajarin orang tua kita bakal kita terapkan ke anak kita. Yang jelek gak diterapkan. Akan berusaha berikan yang terbaik buat Issa," jawab Indra.

"Mungkin gaya parenting-nya ada yang sama (dengan orang tua), ada yang berbeda. Karena zaman juga udah berbeda, dan ada ilmu-ilmu baru juga tentang parenting. Jadi, gaya parenting kita sendiri, gak menutup kemungkinan minta banyak bantuan dari orang tua," tambah Nikita.

Indra kemudian menegaskan bahwa mereka lebih meyakini hal-hal soal pengasuhan anak yang berdasarkan sains, bukan mitos turun temurun. "Kalau kita maunya parenting berdasarkan sains, bukan mitos-mitos doang. Gak boleh ini, gak boleh itu karena mitos, tapi kalau gak ada background sains di belakangnya, kita gak akan ngikutin," papar Indra.

Setelah lebih dari tiga bulan menjadi orang tua, baik Nikita maupun Indra melihat perubahan masing-masing. Kini, mereka lebih memprioritaskan Issa dalam keseharian mereka. Salah satu contoh yang diungkap Nikita adalah dulunya Indra tidak suka ada suara berisik saat tidur, kini sudah terbiasa. Mengingat Issa tidur di kamar yang sama dan ada momen-momen menangis di malam hari.

"Dulu kayaknya kamu kalau tidur gak boleh ada yang berisik, kalau sekarang mau gak mau ada bayi menangis atau harus feeding (menyusui)," imbuh aktris 28 tahun itu.

(dari kanan) Nikita Willy bersama suami, Indra Priawan Djokosoetono, dan anak pertama mereka, Issa Xander Djokosoetono. Foto: Instagram/@nikitawillyofficial94

Indra pun balik memuji Nikita dengan menyatakan sekarang istrinya kuat begadang dari sebelumnya demi menjaga anak bergantian. 

Mengingat Nikita dan Indra hobi jalan-jalan, keduanya juga sepakat selalu memilih tempat liburan yang ramah untuk Issa ke depannya. Mereka ingin Issa juga menikmati perjalanan, tak hanya untuk kesenangan mereka berdua.

Nikita juga mengisahkan bahwa ia terkejut melihat Issa tumbuh begitu cepat. Sepertinya baru kemarin ia melahirkan, tapi kini Issa sudah tumbuh berkembang seperti sudah bisa fokus menatap mata saat diajak ngobrol, tertawa, dan hampir balik badan sendiri. "Cepet banget (pertumbuhannya), gak berasa," ucapnya.

Bicara soal panggilan Issa untuk mereka berdua, Nikita memilih dipanggil ibu dan Indra dipanggil papa. Dipanggil ibu oleh buah hati adalah salah satu mimpi Nikita. 

"Kayaknya gimana gitu kalau nanti dia dewasa manggil kita ibu," imbuhnya.

Dalam hal pengenalan bahasa, keduanya mengaku kini fokus memakai bahasa Inggris saat berkomunikasi dengan Issa. Pertimbangannya mencegah keterlambatan berbahasa atau speech delay jika menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris secara bersamaan, menurut dokter anak mereka. Meski begitu, Issa tetap mendengar bahasa Indonesia dari angota keluarga lainnya seperti kedua neneknya, jelas Nikita.

"Kita ngomong sama dia kan bahasa Inggris. Cuma kan kayak tante-tantenya, grandma-nya, semuanya bahasa Indonesia. Jadi, otomatis dia mendengar dua bahasa," ungkap bintang sinetron Putri yang Ditukar itu.

Nikita Willy dan Indra Priawan menikah pada 16 Oktober 2022. Menjelang satu tahun pernikahan, keduanya mengumumkan kabar bahagia tengah menanti anak pertama. Nikita melahirkan Issa secara normal pada 7 April 2022 di Los Angeles, Amerika Serikat.

Baca juga: Pengalaman Pertama Nikita Willy Bawa Anak Naik Pesawat: Anteng Banget