Cara Mengatasi Insecure yang Dirasakan Ibu, Belajar dari Kesalahan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi ibu mencium anak. Foto: Unsplash.com/Omar Lopez

Ilustrasi ibu mencium anak. Foto: Unsplash.com/Omar Lopez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Terkadang, dalam banyak hal seringkali seorang perempuan merasa dirinya tak sempurna sebagai ibu karena melakukan kesalahan sehingga membuat hatinya sedih atau insecure. Apakah Sahabat Cantika pernah mengalaminya? Lalu, adakah sisi positif merasa diri tak sempurna sebagai ibu?

Psikolog Keluarga Ajeng Raviand mengatakan jika orang yang merasa dirinya tidak sempurna akan berusaha memperbaiki diri. "Para ibu akan terus belajar dan mencoba yang terbaik untuk anak-anak apa pun prosesnya. Ini, sambung dia, nanti menjadi jejak yang mengingatkan mereka bahwa telah berupaya keras untuk buah hati," ucapnya dalam Press Conference Talkshow “Confession of (Im) perfect Moms” bersama Lotte Choco Pie di Jakarta, Minggu, 18 Desember 2022. 

Ajeng memaklumi, saat seorang perempuan memiliki anak maka prioritas berubah yakni untuk sang buah hati. Apa pun akan dilakukan dan diberikan demi mereka, termasuk cinta. Namun sayangnya, bentuk cinta yang ditampilkan bisa berbeda.

"Misalnya pada anak sulit makan, memaksa anak makan. Sementara anak menangis. Dilematis kalau enggak makan nanti sakit, tetapi kalau dipaksa anak jadi tidak suka sama saya (ibu)," kata dia.

Ajeng pun mengatakan, sebagai ibu kadang seseorang sudah berupaya semaksimal mungkin tetapi kadang masih saja ada kekurangan. Kadang melakukan kesalahan dan menyesal karena sudah berbuat sesuatu yang sebetulnya wajar.

Terdapat banyak cara mengatasi insecure, salah satunya ialah belajar dari kesalahan. "Kita belajar dari kesalahan. Berusaha dari hal-hal yang enggak kita tahu dan sekarang memahaminya. Terima bahwa hal-hal tersebut semakin menguatkan agar menjadi ibu yang terbaik untuk anak kita," saran Ajeng.

Ajeng yang juga seorang ibu mengakui dirinya tak sempurna. Dia mengatakan, semua ibu ingin yang terbaik untuk anak-anak mereka baik itu dari sisi kesehatan, akademis maupun pengetahuan.

Dia berharap agar semua ibu punya aktivitas berdaya, tetapi tetap punya waktu untuk menjadi lebih baik dengan memperbaiki diri. Tak hanya itu, sesama ibu diharapkan tidak saling menghakimi tapi saling mendukung satu sama lain.

Dalam kesempatan itu, Marketing Manager PT LOTTE Indonesia, Ingen Ate Malem Meliala ingin menyampaikan pesan apresiasi kepada ibu yang selalu memberikan yang terbaik pada anak terlepas dari semua kesibukan yang dia hadapi.

Salah satu bentuk apresiasi ini yakni melalui kegiatan "The Confession" yang terinspirasi dari iklan TV LOTTE Choco Pie terbaru yang berjudul sama. "Hal ini sesuai komitmen LOTTE Choco Pie sejak awal, yakni memberikan yang terbaik untuk para ibu dan mendukung momen kebersamaan antara ibu dan anak," demikian kata dia.

Baca: Perubahan Nadine Chandrawinata setelah menjadi Ibu: Djiwa Bikin Aku Lebih Teratur

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."