Alleira Batik Kolaborasi dengan Anak Down Syndrome untuk Koleksi NYFW 2023 The Show

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Salah satu busana rancangan Alleira Batik yang ditampilkan di New York Fashion Week Spring/Summer 2023, di Spring Studio, pada 11 September 2022. Foto: Cantika/Silvy Riana Putri

Salah satu busana rancangan Alleira Batik yang ditampilkan di New York Fashion Week Spring/Summer 2023, di Spring Studio, pada 11 September 2022. Foto: Cantika/Silvy Riana Putri

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahun 2022 merupakan kali kedua Alleira Batik mengikuti rangkaian gelaran Pekan Mode New York atau New York Fashion Week. Yang pertama pada tahun 2018, Alleira tampil di rangkaian Alleira New York Fall/Winter 2019. Di New York Fashion Week Spring/Summer atau NYFW S/S 2023 The Show yang diselenggarakan pada 11 September mendatang, Alleira Batik bakal memamerkan 10 karya bertema "Paradise" yang terinspirasi dari keindahan ukiran, relief, arsitektur Bali.

Di setiap koleksi tersebut, terdapat prin hasil lukisan dari anak-anak down syndrome usia sekolah dasar, 6 - 12 tahun.

"Tahun ini kami berkolaborasi dengan Careys Care. Ada seni lukis yang dihasilkan dari anak-anak down syndrome. Temanya ukiran-ukiran dari Bali kita kombinasikan dengan motif batik dari Alleira," ujar Zaka Hamzah, Chief Operating Officer (COO) Alleira Batik di konferensi pers "Indonesia Now Road to New York Fashion Week S/S 23-The Show" di Hutan Kota Plataran, Jakarta, pada Kamis, 25 Agustus 2022.

Menurut Zaka, sebelumnya Alleira Batik mengadakan lomba melukis yang diikuti ratusan anak down syndrome beberapa bulan lalu. Hasil karya para pemenang dari lomba tersebut yang terpilih menghiasi koleksi busana untuk NYFW 2023 The Show.

Konferensi pers Indonesia Now, grup show beranggotakan enam desainer, menggelar peragaan busana di NYFW S/S 2023 The Show, pada 11 September 2022, di Spring Studio, New York, Amerika Serikat. Foto: Cantika/Silvy Riana Putri

"Nama-nama pelukis yang lukisannya dipakai untuk New York Fashion Week The Show antara Lain Revan, Nabila, dan Reachi," ungkap pria berkacamata itu.

Berkolaborasi dengan anak down syndrome, lanjut Zaka, adalah salah satu langka agar karya-karya mereka tidak hanya dilihat di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

"Kami mau mengangkat mereka bisa menghasilkan karya yang bisa dibawa ke fashion internasional," tegasnya.

Menurut Zaka, ini bukan kali pertama Alleira Batik kolaborasi dengan anak down syndrome dalam gelaran mode internasional. Saat menjadi bagian dari rangkaian Paris Fashion Week 2018, Alleira bekerja sama dengan model down syndrome asal Australia.

"Sejak saat itu, kita ingin tetap melanjutkan kolaborasi dengan anak down syndrome. Jadi, makanya tahun ini kita tetep angkat karya-karya anak down syndrome," tuturnya.

Selain berkolaborasi dengan Carys Care, Alleira Batik juga menggandeng lini sepatu Syu Shu milik penyanyi Vicky Shu untuk alas kaki dan perhiasan tema Candi Borobudur dari Amero Jewellery untuk penampilan model di New York Fashion Week 2023 The Show.

Baca juga: Bocoran Detail dan Inspirasi 6 Desainer yang Tampil di New York Fashion Week 2023 The Show

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."