Profil Mar Galceran, Anggota Parlemen Spanyol yang Mengidap Down Syndrome

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Mar Galceran. thechroniclesinsight

Mar Galceran. thechroniclesinsight

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mar Galceran telah membuat tonggak sejarah politik di Spanyol dengan menjadi anggota parlemen pertama yang mengidap down syndrome. Pada usia 45 tahun, ia terpilih menjadi anggota dewan regional Valencia, dengan tekad yang kuat untuk diakui kemampuannya dan bukan karena disabilitasnya. 

Perjalanan Galcerán menuju pencapaian bersejarah ini berlangsung selama beberapa dekade, ditandai dengan advokasinya untuk memasukkan individu dengan disabilitas intelektual dalam wacana publik.

Mar Galcerán telah mengukir namanya dalam sejarah politik Spanyol sebagai anggota parlemen pertama yang menderita down syndrome. Terpilih menjadi anggota dewan regional Valencia, perempuan berusia 45 tahun ini bertekad untuk diakui kemampuannya, bukan karena disabilitasnya.

Sudah berpuluh-puluh tahun dia berjuang untuk memastikan bahwa penyandang disabilitas intelektual menjadi bagian dari perbincangan. Namun, sejauh mana kemajuan yang telah dicapainya, baru-baru ini terungkap ketika Mar Galcerán menjadi anggota parlemen Spanyol pertama yang mengidap down syndrome. 

“Ini belum pernah terjadi sebelumnya,” ucapnya kepada Guardian. “Masyarakat mulai melihat bahwa penderita Down Syndrome mempunyai banyak kontribusi. Tapi ini jalan yang sangat panjang.”

Prestasi Mar Galceran yang Ingin Dilihat Sebagai Pribadi 

Prestasinya telah dicapai selama beberapa dekade. Ketika Galcerán berusia 18 tahun, dia bergabung dengan Partai Rakyat (PP) yang konservatif setelah tertarik pada apa yang dia sebut sebagai partai yang menganut tradisi.

Perlahan-lahan dia naik ke jajaran aparat partai. Komitmennya membuahkan hasil pada Mei lalu ketika ia masuk dalam daftar nama ke-20 dalam daftar calon yang diusung  Pilkada Valencia.

Berita bahwa Galcerán telah memperoleh kursi di parlemen daerah muncul segera setelahnya. “Selamat datang Mar,” tulis pemimpin PP di wilayah tersebut, Carlos Mazón, di media sosial. “Berita bagus untuk politik, mengatasi hambatan.”

Prestasi tersebut melambungkan Galcerán ke peringkat teratas di antara segelintir pengidap down syndrome yang berhasil melewati hambatan untuk memasuki dunia politik. Pada tahun 2020, Éléonore Laloux menjadi orang pertama dengan kelainan genetik di Prancis yang terpilih untuk jabatan publik, sebagai anggota dewan kota di kota utara Arras, sementara Fintan Bray dari Irlandia dipuji karena membuat sejarah setelah ia terpilih menjadi anggota politik pada 2022

Di Spanyol, jalur Galcerán dalam dunia politik dirintis oleh Ángela Bachiller, yang pada tahun 2013 menjadi anggota dewan kota Spanyol pertama yang mengidap down syndrome di kota utara Valladolid.

Namun, Galcerán mungkin menjadi orang pertama di Eropa yang bergabung dengan parlemen regional atau nasional, menurut federasi down syndrome Spanyol.

“Kami belum pernah mendengar tentang orang lain,” kata Agustín Matía Amor dari Down España. “Ini merupakan langkah maju yang besar dan merupakan contoh inklusi yang nyata.”

Dia dengan cepat menunjukkan bahwa pencapaian tersebut juga merupakan cerminan dari dekade yang dihabiskan Galcerán dalam upaya memajukan status penderita sindrom Down di Spanyol. Selama lebih dari 20 tahun Galcerán telah bekerja sebagai pegawai negeri di Valencia, yang terakhir membantu menciptakan kebijakan inklusif, menambah empat tahun yang ia habiskan di pucuk pimpinan Asindown, sebuah organisasi di Valencia yang didedikasikan untuk membantu keluarga dengan anak-anak penderita sindrom Down. .

“Ini merupakan kabar baik sekaligus pengakuan atas karyanya serta berbagai inisiatif yang ia ikuti,” kata Matía Amor. “Ini adalah contoh bagus tentang apa yang mungkin terjadi.”

Meskipun pengambilan sumpah Galcerán pada bulan September dipuji oleh media Spanyol, dia mengatakan reaksi warganet punberagam. “Anda dapat menemukan segala macamnya di media sosial,” katanya. “Ada orang yang mendukung saya. Tapi ada juga yang menganggap saya tidak mampu. Tapi mereka adalah orang-orang yang tidak mengenal saya atau latar belakang saya.”

Ketika dia mulai mengenal peran barunya, dia menggambarkannya sebagai tanggung jawab yang sangat besar. “Saya ingin belajar bagaimana melakukannya dengan baik, untuk warga Valencia, dan yang lebih penting, bagi kami yang memiliki kemampuan berbeda.”

Pada akhirnya ia berharap kehadirannya di DPRD dapat membantu menghilangkan berbagai prasangka yang masih melekat di masyarakat, terutama terkait dengan penyandang Down Syndrome. “Saya ingin orang-orang melihat saya sebagai pribadi, bukan hanya karena disabilitas saya.”

Pilihan Editor: Di Bawah Bimbingan NDSS, Berikut Detail Desain Barbie Down Syndrome

TIMES OF INDIA | THE GUARDIAN 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."