Intip Koleksi Desainer Indonesia di New York Fashion Week, dari Alleira Batik hingga Jeny Tjahyawati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Koleksi desainer Indonesia Catherine Njoo yang akan tampil di New York Fashion Week 2024 bertajuk Indonesia Now pada 10 Februari 2024/Foto: Doc. Catherine Njoo

Koleksi desainer Indonesia Catherine Njoo yang akan tampil di New York Fashion Week 2024 bertajuk Indonesia Now pada 10 Februari 2024/Foto: Doc. Catherine Njoo

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaNew York Fashion Week merupakan ajang Fashion Bisnis Internasional khusus untuk Industri Fashion yang mana pada minggu tersebut fashion house mengeluarkan koleksi baru untuk pasar retail di tahun berikutnya. Indonesia telah mengikuti ajang ini hampir 10 tahun baik designer atau brand yang melakukan solo shows atau group show dan menempatkan Industri fashion indonesia di peta fashion international.

Pada musim ini Indonesia Now akan menghadirkan Catherine Njoo yang sebelumnya di tahun 2017 pernah mengikuti NYFW, selain itu akan hadir juga Alleira Batik yang kembali hadir, ini merupakan musim ke tiga untuk Alleira yang akan berkolaborasi dengan Ende dan juga Musume, lalu akan hadir Hendy Huang, Jeny Tjahyawati, dan Hengki Kawilarang.

Pada tahun 2024 ini Indonesia sudah diakui sebagai "associate" dengan IMG new York Fashion Week, artinya kehadiran Indonesia Now semakin dikenal dan di akui oleh industri fashion khususnya di Amerika. Indonesia Now merupakan satu satu group shows di asia tenggara yang mendapatkan slot di ajang ini. Negara asia lainnya seperti concept Korea dan China. Acara akan digelar di FLATIRON 50th West 17th ST, 2nd Floor New York City dalam acara New York Fashion Week Fall Winter 24-25.

Konferensi pers dari para desainer asal Indonesia yang akan menampikan karya mereka di New York Fashion Week di Jakarta, Kamis, 1 Februari 2024/Foto: Doc. Indonesia Now

1.  Alleira Batik

Indonesia adalah negeri yang kaya, baik alam maupun budayanya. Keragaman budaya Indonesia sangatlah memikat, hal ini diakui oleh para pendatang dari dalam maupun luar negeri. Pesona karya seni batik yang memiliki banyak pesan dan keindahan membuat kain bercorak ini terlihat sangat indah dan cantik, dengan pengerjaan nya yang halus serta diakui oleh dunia Internasional sebagai warisan budaya Indonesia. Terus berinovasi dan mengikuti perkembangan tren yang ada menjadi salah satu cara Alleira untuk membuat produk berkualitas.

Alleira Batik merupakan salah satu merek batik ternama di Indonesia, yang mengusung tema batik modern dengan kualitas tinggi. Visinya menjadi batik Indonesia untuk diminati kelas dunia terus membuat Alleira menghasilkan karya yang semakin cemerlang.

Dalam usaha mengembangkan budaya ini, Alleira Batik membuat koleksi dengan menggabungkan dua kekuatan seni yang bernilai tinggi yaitu Batik dan Tenun. Kedua elemen seni tersebut melahirkan sebuah inspirasi baru di dunia fashion, yang tentu nya unik nan cantik dan menggoda. Keseluruhan koleksi kali ini Alleira Batik bekerja sama dengan Carys Cares dengan salah satu karya anak Down Syndrome Bernama Kamila dari Yayasan Potads.

Pada koleksi klali ini, Alleira batik mengusung tema Fusion Attractive yang akan diperagakan salah satu nya oleh model berkebutuhan khusus Down Syndrome yaitu Tiffany (@tiffanylifejourneys) pada tanggal 10 Februari 2024 dengan kelengkapan aksesoris sepatu dari Musume dan tas dari Ende Indonesia.

Karya seni ornamen klasik motif batik yang berpadu padan di dalam rangkaian flora, sedangkan ragam motif tenun memuncul unsur kekuatan yang begitu tegas. Koleksi kali ini sangat mempertegas komitmen Alleira dalam mengangkat motif-motif Tanah Air yang sangat kaya agar bisa terus diminati peminatnya di dalam maupun luar negeri.

Demi menghasilkan siluet busana yang simple namun tetap elegan, koleksi Fusion Attractive hadir dalam detail simple chic drapery dengan warna hitam, biru dan putih yang mana warna tersebut sangat harmonis jika dikombinasikan dengan warna terakota, hijau dan coklat, dengan material yang lembut dan bertekstur menjadikan koleksi ini sangat sempurna.

Alleira Batik dengan bangga menunjukan keseriusannya untuk menjadi salah satu merek dagang fashion yang akan mendunia. Mengenalkan batik Indonesia ke mancanegara dengan ciri khas warna serta inovasi pengambangan design dan motif eksklusifnya. Koleksi ini diharapkan dapat menjadi suguhan terbaik di awal Tahun 2024.

Koleksi desainer Indonesia Alleira Batik yang akan tampil di New York Fashion Week 2024 bertajuk Indonesia Now pada 10 Februari 2024/Foto: Doc. Alleira Batik

Pada kesempatan ini Alleira berkolaborasi dengan Ende, ENDE didirikan pada tahun 2013, muncul sebagai merek tas mewah lokal menawan yang berdedikasi untuk menampilkan warisan budaya Indonesia yang mendalam sambil menawarkan koleksi tas berkualitas tinggi yang dibuat dengan cermat, dan menyediakan saluran bagi pengrajin lokal berbakat. Didirikan oleh duo ibu-anak yang dinamis, Novita Dewi, seorang pengusaha sukses yang memandu merek dengan keterampilan kepemimpinannya yang luar biasa, dilengkapi dengan keahlian Bianca Victoria, seorang pemuda berprestasi dan creative .

Terinspirasi oleh seni warisan tradisional Indonesia yang tak lekang oleh waktu, tas-tas indah ini memadukan keanggunan modern dengan sentuhan daya tarik budaya. ENDE sangat percaya bahwa setiap individu memiliki cerita dan gaya hidup yang berbeda, sehingga memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menyesuaikan tas mereka sendiri dan berkreasi sangatlah penting. Komitmen ini menggarisbawahi dedikasi ENDE tidak hanya pada fesyen, namun juga peningkatan narasi pribadi melalui medium keahlian luar biasa dan kekayaan budaya.

Selain itu,  Alleira juga menggandeng Musume untuk melengkapi keseluruhan koleksi di musim ini Musume berarti 'anak perempuan' dalam bahasa Jepang, namun ini mewakili visi kuat kami untuk menciptakan dan menyediakan sepasang sepatu yang bergaya dan nyaman tanpa memandang warna dan ukuran kulit. 

Menurut Founder Musume, Tuty Zulfa dari satu anak perempuan hingga lebih banyak anak perempuan di luar sana, Musume menyampaikan pesan 'pemberdayaan perempuan' yang tercetak langsung di sepatu hak tinggi kami. Jalannya mungkin berat tapi itulah yang membentukmu menuju versi yang lebih baik, teruslah berjalan, maju dan maju.

"Musume sebenarnya adalah merek yang saya buat didedikasikan untuk orang tua saya, logonya sendiri 'M' seperti 2 pasang sepatu hak tinggi dan di tengahnya ada tak terbatas. Musume berdedikasi dan terinspirasi oleh orang tua saya. Itu sebabnya dari satu anak perempuan ke lebih banyak anak perempuan," ucap Tuty. 

Musume dengan bangga mempersembahkan alas kaki buatan dan rancangan lokal kepada dunia. Musume populer dengan desainnya yang unik, bentuk tumit nya, kenyamanannya dan juga pilihan ukuran yang beragam (35 - 44) yang dapat mengakomodasi ukuran lebih besar yang jarang ditemukan di Indonesia.

"Kami percaya bahwa setiap wanita berhak mendapatkan sepasang alas kaki yang bergaya dan nyaman tanpa memandang latar belakang, warna kulit, dan ukurannya. Kami berkolaborasi dengan Alleira menghadirkan 10 alas kaki yang modern dan edgy berbahan kulit sintetis," ucap Tuty.

2. Catherine Njoo

Siluet sempurna yang dipilih bersama dengan pancaran sinarnya melampaui kesaksian terhadap kecantikan abadi yang diperuntukkan bagi seluruh wanita di dunia ini. Koleksi Catherine Njoo, 'The Power of Aphrodite', adalah bukti nyata atas visi artistik dan dedikasinya untuk merayakan kekuatan dan kecantikan wanita.

Koleksinya menampilkan rangkaian gaun menakjubkan, masing-masing dibuat dengan cermat untuk menonjolkan keseksian ilahi dari seorang wanita kuat. Dengan setiap jahitan dan detail, Catherine menangkap esensi dewi Athena yang paling cantik, Aphrodite. Hiasan berwarna perak yang menghiasi gaun tersebut tidak hanya menambah sentuhan elegan tetapi juga berfungsi sebagai pengingat akan kecantikan bawaan yang ada dalam diri setiap wanita.

Dari sifon mengalir hingga renda bersulam rumit, koleksi Catherine menampilkan beragam kain dan tekstur yang menonjolkan bentuk feminin. Setiap gaun dirancang untuk menyanjung dan menonjolkan lekuk tubuh alami, memberdayakan setiap wanita yang memakainya.

Keanggunan dan keanggunan abadi yang terpancar dari koleksi ini melampaui batasan budaya, usia, dan latar belakang. Visi Catherine dalam merayakan keberagaman perempuan tergambar dengan indah di setiap karyanya.

'Kekuatan Aphrodite' telah menjadi simbol pemberdayaan dan ekspresi diri bagi perempuan di seluruh dunia. Merek besar Catherine Njoo dari Indonesia telah berhasil meraih kesuksesan di panggung fashion global, memikat penonton dengan desainnya yang menakjubkan dan pesannya yang memberdayakan.

Dengan dedikasi dan semangatnya yang tiada henti, koleksi Catherine Njoo pasti akan terus berkembang dan menginspirasi, meninggalkan dampak jangka panjang pada industri fashion dan wanita yang memakai kreasinya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."