Mattel Rilis Boneka Barbie Down Syndrome

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
French City Counsellor & Author Eleonore Laloux memegang boneka Barbie baru dengan sindrom Down, di Paris, Prancis, Rabu (19/4/2023). ANTARA/Mattel/Handout via REUTERS/Matthieu Suprin/am.

French City Counsellor & Author Eleonore Laloux memegang boneka Barbie baru dengan sindrom Down, di Paris, Prancis, Rabu (19/4/2023). ANTARA/Mattel/Handout via REUTERS/Matthieu Suprin/am.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Produsen mainan asal Amerika Serikat, Mattel, merilis boneka Barbie pertama dengan down syndrome. Karya ini harapannya bisa menjadikan rangkaian produk boneka itu lebih inklusif untuk berbagai kalangan.

"Tujuan kami adalah untuk memungkinkan semua anak dapat melihat diri mereka sendiri di Barbie, di samping itu juga mendorong anak-anak (lainnya) bermain dengan boneka yang tidak terlihat seperti mereka," kata Executive Vice President and Global Head of Barbie & Dolls Mattel dalam sebuah pernyataan, sebagaimana disiarkan Reuters pada Selasa 25 April 2023. 

Dalam membuat boneka Barbie dengan down syndrome, Mattel mengatakan telah bekerja sama dengan National Down Syndrome Society di Amerika Serikat. Boneka dengan down syndrome itu memiliki kerangka yang lebih pendek dan batang tubuh yang lebih panjang daripada boneka Barbie lainnya.

Wajah boneka baru itu juga berbentuk lebih bulat dan memiliki mata berbentuk almond, telinga lebih kecil, serta batang hidung yang datar. "Telapak tangan boneka itu bahkan memiliki satu garis, karakteristik yang sering dihubungkan dengan down syndrome," kata Mattel.

Dalam hal pakaian, boneka tersebut mengenakan rok berlengan kembung yang dihiasi kupu-kupu serta bunga berwarna kuning dan biru. Kedua warna tersebut diketahui merupakan warna dari simbol down syndrome.

Selain itu, boneka Barbie dengan down syndrome ini juga mengenakan kalung merah muda dengan tiga chevron ke atas yang mewakili tiga salinan kromosom ke-21 serta ortotik pergelangan kaki berwarna merah muda.

Pilihan Editor: Barbie Rilis Boneka Tribute Vera Wang, Gaya Busananya Serbahitam

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."