Mengenal Diet Rendah Gula, Berikut Jenis Makanan yang Direkomendasikan dan Dihindari

Ilustrasi wanita diet. Freepik.com/Schantalao

kesehatan

Mengenal Diet Rendah Gula, Berikut Jenis Makanan yang Direkomendasikan dan Dihindari

Kamis, 11 Agustus 2022 14:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Diet rendah gula berkisar pada gagasan pengurangan gula alami dan tambahan dalam makanan Anda. Meski demikian, bukan berarti kita harus berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan. Sebab gula dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai sumber energi.

"Penting untuk mengetahui atau membaca kandungan karbohidrat dan glukosa pada label makanan atau minuman," kata Dr Archana Batra, ahli diet dan ahli gizi, seperti dikutip dari laman Pink Villa

Menurut dokter Batra, diet rendah gula dapat membantu menjaga kadar glukosa yang sehat dalam tubuh dan membuat Anda sadar akan konsumsi gula harian. Diet rendah gula juga membantu dalam menjaga berat badan atau mempromosikan penurunan berat badan yang sehat.

Sejumlah risiko penyakit kronis seperti masalah jantung, diabetes, obesitas dan stroke dapat dicegah dengan menerapkan diet rendah gula. Selain itu, diet rendah gula membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan mental.

Daftar makanan yang direkomendasikan pelaku diet rendah gula

Untuk daftar makanan rendah gula, di antaranya buah-buahan termasuk buah jeruk yang merupakan sumber vitamin dan antioksidan yang sangat baik. Sementara itu, sayuran berdaun hijau seperti bayam, kubis, kangkung yang kaya serat, kalium,dan kalsium.

Biji-bijian, kacang-kacangan, ikan berlemak seperti salmon, rempah-rempah seperti kapulaga, kunyit, juga baik untuk diet rendah gula.

Daftar makanan yang harus dihindari pelaku diet rendah gula

Kunci lain untuk menerapkan diet rendah gula adalah menghindari makanan atau minuman kemasan dan lebih suka mengonsumsi makanan utuh.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari secara teratur karena kandungan karbohidrat atau gulanya yang tinggi seperti roti, minuman manis, makanan ringan kemasan, alkohol, hingga gula rafinasi.

Meskipun ada banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan diet rendah gula, tidak boleh dipahami bahwa kita tidak memerlukan glukosa atau karbohidrat sama sekali. Ini adalah sumber energi yang memberi ke tubuh kita, yang tanpanya Anda bisa mengalami sakit kepala, kelelahan, kelemahan, dan masalah kesehatan lainnya.

Diet rendah gula adalah tentang mendorong makanan alami segar dan tidak diproses. Sebelum mengikuti diet tertentu, jangka panjang atau jangka pendek, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi Anda dan mendapatkan rencana diet yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Baca juga: Minuman Rendah Gula yang Enak dan Cocok untuk Diet, Ini Pilihannya

PINK VILLA