Minuman Rendah Gula yang Enak dan Cocok Untuk Diet, Ini Pilihannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi kombucha. (Delish/Parker Feierbach)

Ilustrasi kombucha. (Delish/Parker Feierbach)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang yang menyukai makanan manis. Meskipun menyenangkan, tapi bila minuman manis dikonsumsi dalam jumlah banyak dan secara tidak teratur, bisa berakibat buruk pada kesehatan tubuh.

Tidak hanya kenaikan berat badan, namun minuman itu juga bisa menumbuhkan banyak jerawat, dan masalah kesehatan lain. Bila keinginan itu sulit dibendung, ada cara lain untuk mengalihkan keinginan mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula. Melansir dari pinkvilla, Sabtu 22 Mei 2021, berikut lima minuman yang dapat membantu menghentikan keinginan konsumsi makanan minuman manis:

1. Smoothie
Smoothie dapat menggunakan buah-buahan, sayuran, dan yoghurt. Minuman tersebut dapat menjadi pengganti yang lebih sehat dari kuliner manis. Smoothie juga memberi rasa kenyang untuk beberapa waktu. Rasa kenyang yang dihasilkan akan menekan ingin makan berlebihan atau binging dapat diatasi.

Ilustrasi air kelapa. shutterstock.com

2. Air kelapa
Air kelapa memiliki magnesium, kalium, mangan dan natrium yang bertindak sebagai elektrolit alami. Air kelapa memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Oleh karena itu, kadar glukosa di dalamnya sangat aman dikonsumsi.

3. Kopi dingin
Alih-alih membuat latte atau cappuccino, cobalah membuat minuman kopi dingin. Berdasarkan penelitian, ditemukan senyawa yang membantu menurunkan gula darah dan kolesterol dalam kopi polos dingin. Kopi yang dingin tidak asam dan memiliki sedikit rasa manis dibandingkan kopi panas, sehingga menjadikannya alternatif yang bagus.

4. Kombucha
Kombucha adalah teh hitam atau hijau yang difermentasi, berbuih, manis. Kombucha dikenal sebagai sumber yang kaya bakteri usus bermanfaat. Teh yang populer di Korea tersebut dapat membantu kesehatan pencernaan. Anda juga bisa menghiasi minuman dengan buah-buahan atau rempah-rempah untuk memanjakan lidah.

5. Sparkling water tanpa rasa
Minuman berkarbonasi bisa sangat menggoda, tetapi minuman itu memiliki kalori kosong dan gula rafinasi. Itu sangat tidak sehat dalam jangka panjang. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih air soda, meskipun dengan nol kalori dan tanpa gula, tetapi tetap memenuhi keinginan untuk minuman bersoda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."