Gaya Parenting ala Putri Titian, Dukung Perkembangan Emosional dan Sosial Anak

Putri Titian bersama dua anaknya. Foto: IG Putri Titian

keluarga

Gaya Parenting ala Putri Titian, Dukung Perkembangan Emosional dan Sosial Anak

Jumat, 22 Juli 2022 06:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang tua yang memiliki kekhawatiran terhadap kemampuan sosial emosional anak saat menghadapi masa transisi pascapandemi COVID-19 di mana aktivitas di luar rumah mulai berangsur normal. Hal tersebut juga dirasakan oleh aktris Putri Titian.

Perempuan yang akrab disapa Tian itu merasa bahwa anak keduanya, Iago, sulit beradaptasi dengan orang baru karena selama pandemi hanya menghabiskan waktu di rumah. Sementara anak pertamanya, Iori, menjadi lebih hiperaktif dan susah fokus.

"Iago baru belajar ngomong, tiba-tiba pandemi, semua terbatas. Dia lebih susah adaptasi dengan orang baru, malu, takut, dia juga suka ngambek," kata Tian saat virtual media gathering, Kamis, 21 Juli 2022. 

"Kalau Iori, karena dia sempat merasakan interaksi dengan orang lain, dia jadi over reacting. Pas keluar rumah heboh, enggak bisa fokus. Aku takut dia enggak bisa menerima pelajaran dengan baik," lanjut dia.

Untuk mengatasi hal itu, Tian mengatakan dia mulai membuat rencana harian sebagai salah satu gaya parenting. Tujuannya, agar saat bangun tidur, anak-anaknya tahu apa yang akan mereka lakukan seharian.

"Jadi anak-anak udah tahu mau ngapain, bangun jam berapa. Pokoknya semua kegiatan seharian udah terarah. Ini juga bikin mereka disiplin," kata Tian.

Selanjutnya, sebagai dukungan secara emosional dan sosial, Tian juga mengatakan dia mulai mengajak anak-anaknya berkegiatan di luar rumah, seperti berolahraga atau sekadar bermain di taman. Tujuannya, kata Tian, agar anak-anak belajar berinteraksi dengan setiap orang yang mereka temui.

"Biasanya kan nanti ketemu orang baru, jadi bisa menstimulasi mereka kalau ketemu orang itu harus bagaimana," ujar Tian. "Mulai dikenalin juga ke keluarga besar. Kalau selama pandemi tahunya orang tuanya aja, sekarang mereka tau ini oma, om, tante," sambungnya.

Tak lupa, Tian juga selalu memberikan asupan nutrisi yang seimbang bagi anak-anaknya agar mereka tetap sehat dan siap setiap berkegiatan di luar rumah. "Aku jaga nutrisi mereka. Kalau anak sehat juga kan mereka siap menerima apapun di luar sana. Itu sih yang aku lakukan selama ini," pungkasnya.

Baca: Ajarkan Nilai Kebaikan pada Anak, Putri Titian: Mulai dari Hal Sederhana