Ajarkan Nilai Kebaikan pada Anak, Putri Titian: Mulai dari Hal Sederhana

Putri Titian bersama dua anaknya. Foto: IG Putri Titian

keluarga

Ajarkan Nilai Kebaikan pada Anak, Putri Titian: Mulai dari Hal Sederhana

Kamis, 17 Maret 2022 21:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Putri Titian mengajarkan ragam nilai kebaikan pada kedua anaknya, yakni Theodore Iori Liem (5) dan Mykah Iago Liem (3), melalui tiga kata sederhana, yakni "maaf", "tolong", dan "terima kasih".

"Kalau mengajarkan kebaikan di rumah memang sudah dibiasakan dari kecil, sesederhana mengucapkan terima kasih ketika sudah ditolong sama mbak, atau saat dia mau minta tolong dia bilang 'suster, tolong bantuin aku cuci tangan, ya'," kata Putri Titian saat acara virtual bersama Bebelac, Kamis, 17 Maret 2022. 

"Terus kalau aku kelepasan marah-marah, malamnya aku biasakan minta maaf. 'Maaf ya, tadi mami marah-marah' terus aku cerita. Mereka juga jadi paham kalau siapapun yang salah harus minta maaf, enggak cuma anak kecil tapi orang dewasa juga. Itu tiga kata-kata yang kita biasakan," lanjut dia.

Selain itu, istri dari aktor Junior Liem itu juga mengaku selalu melibatkan anak-anaknya dalam aktivitasnya sehari-hari dan memberikan apresiasi terhadap kebaikan-kebaikan yang telah dilakukan anak.

"Tiap aku masak telur dadar, aku selalu tanya Lori mau bantuin mami kocok telur enggak? Terus pas udah jadi, aku bilang 'terima kasih ya udah dibantuin, telurnya pasti enak banget'," ujarnya.

Menurut Putri Titian, hal tersebut akan membuat anak merasa senang karena kebaikannya diapresiasi. Putri Titian mengungkapkan, nilai kebaikan dalam keluarga sangat penting untuk diajarkan oleh orang tua di rumah, apalagi saat pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, anak-anak tentu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

"Kalau dulu kan bisa kita bawa ke playground, mereka belajar antri. Terus di sekolah, belajar berbagi mainan sama temannya. Sekarang kan enggak bisa, jadi orang tuanya yang dituntut untuk kreatif," kata dia.

"Apalagi di umur golden age, mereka butuh stimulasi sebanyak-banyaknya untuk membantu perkembangan mereka," imbuhnya.

Baca: Putri Titian Kenang Masa Lalunya Bersama Junior Liem