Mengenal Lebih Jauh Varian Deltacron, Kombinasi Varian Delta dan Omicron

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Virus Corona atau Covid-19. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

Ilustrasi Virus Corona atau Covid-19. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration/File Photo

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Varian baru Covid-19, Deltacron telah ditemukan beredar di beberapa negara Eropa, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Deltacron merupakan gabungan dari varian Delta dan Omicron. Menurut pejabat tersebut, varian baru telah terdeteksi di Prancis, Belanda, dan Denmark. Selain itu, kasus varian baru yang potensial juga telah diidentifikasi di Amerika Serikat.

Peneliti AS di lab Helix yang bermarkas di San Mateo, California, yang diketahui bekerja sama dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dalam melacak COVID-19, baru-baru ini mengurutkan dan mengamati 29.719 sampel virus corona positif yang dikumpulkan antara 22 November hingga 13 Februari. Studi yang dipublikasikan di situs penelitian MedRxiv menemukan dua infeksi yang melibatkan versi Deltacron yang berbeda, yaitu kombinasi materi genetik yang ditemukan dalam varian Delta dan Omicron.

Philippe Colson dari IHU Mediterranee Infection di Marseille, Prancis, penulis utama studi tersebut mengatakan, selama pandemi SARS-CoV-2, dua varian atau lebih telah beredar bersama selama periode waktu yang sama dan di wilayah geografis yang sama. Ini menciptakan peluang untuk rekombinasi antara dua varian ini." ujarnya dilansir dari Times of India. Timnya menggambarkan tiga pasien di Prancis yang terinfeksi dengan versi SARS-CoV-2 yang menggabungkan protein lonjakan dari varian Omicron dengan "tubuh" varian Delta. 

Apa itu rekombinasi virus?

Rekombinasi virus adalah ketika setidaknya dua genom virus menginfeksi sel inang yang sama dan bertukar materi genetik selama replikasi untuk menghasilkan keturunan virus yang memiliki beberapa gen dari kedua galur induk. Dikatakan umum pada virus corona karena cara genom RNA mereka diduplikasi.

Hingga temuan terbaru, para ahli dan ahli epidemiologi mengklaim bahwa contoh rekombinasi virus sangat jarang karena tidak ada bukti klinis untuk membuktikan keberadaan yang sama. Tetapi dengan pengumuman yang dibuat oleh WHO dan sesuai dengan temuan baru-baru ini, para pakar terpaksa berpikir sebaliknya. Namun, para ahli mengatakan terlalu dini untuk mengkhawatirkan Deltacron.

Maria Van Kerkhove dari WHO "turun" ke Twitter untuk menjelaskan bagaimana ini diharapkan, terutama dengan sirkulasi Omicron dan Delta yang intens.

Selanjutnya, di tempat-tempat di mana Deltacron telah terdeteksi, jumlahnya sangat rendah, menurut ahli epidemiologi penyakit menular. Belum ada "perubahan dalam epidemiologi," dan sejauh menyangkut varian COVID baru, Van Kerkhove berkata, "Kami belum melihat perubahan dalam tingkat keparahannya. Tetapi ada banyak penelitian yang sedang berlangsung."

Virus diprogram untuk bermutasi. Virus SARs-COV-2 juga berevolusi dari waktu ke waktu dan karenanya, varian baru pasti akan muncul. Mutasi yang muncul dari strain lama atau asli disebut mutasi COVID atau 'varian' dari virus asli. Oleh karena itu, tidak seperti galur asli, varian baru mungkin memiliki kemampuan berbeda dalam menginfeksi seseorang dan mungkin memiliki urutan genom berbeda yang memungkinkannya menghindari antibodi dari infeksi atau vaksin alami.

Dibandingkan dengan varian sebelumnya, Delta lebih parah, menular dan berbahaya. Kemudian datanglah Omicron, yang meski lebih ringan, menyebabkan penularan meluas dan juga ditemukan menginfeksi kembali beberapa orang yang pernah mengidap Covid-19.


Baca juga: Beda Gejala Terpapar Varian Omicron untuk yang Sudah Vaksin Dosis 1 dan Booster

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."