Terpapar Varian Omicron, Hindari 2 Minuman Ini Menurut Dokter

Ilustrasi jeruk dan jus jeruk. Shutterstock

kesehatan

Terpapar Varian Omicron, Hindari 2 Minuman Ini Menurut Dokter

Selasa, 15 Februari 2022 08:10 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sakit tenggorokan salah satu keluhan yang diungkap beberapa pasien Covid-19 varian Omicron. Maka dari itu, ada beberapa minuman yang sebaiknya dihindari saat masa isolasi mandiri menurut Robert G. Lahita MD, Ph.D. atau akrab disapa Dr. Bob, Direktur Institut Penyakit Autoimun dan Rematik di Saint Joseph Health dan penulis Immunity Strong. Pertimbangannya minuman tersebut bisa membuat semakin sulit menelan kala sakit tenggorokan ataupun semakin mengiritasi.

Berikut dua minuman yang harus dihindari kala terpapar varian Omicron

1. Minuman berbasis jeruk

Meskipun jus jeruk mengandung vitamin C dan potasium yang tinggi—keduanya nutrisi penting untuk pemulihan penyakit—sifat asam dari jus jeruk sebenarnya akan menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan jika Anda alami sakit tenggorokan parah saat terpapar varian Omicron.

"Makanan yang terdiri dari jeruk dan makanan yang sedikit asam, akan sangat-sangat sulit untuk ditelan," kata Dr Bob. "Ini terkait dengan sakit tenggorokan parah yang mungkin dialami saat terinfeksi Omicron. Jadi, akan sulit untuk menelan beberapa makanan ini."

Sebagai gantinya, Dr. Bob menyarankan untuk mengonsumsi minuman lunak seperti yoghurt dan probiotik lainnya.

2. Minuman alkohol

Dr. Bob mencatat bahwa orang yang sakit memiliki kebutuhan nutrisi yang meningkat (artinya mereka mungkin perlu mengonsumsi lebih banyak kalori, misalnya), tetapi  minum alkohol bukanlah solusi untuk menambahkan lebih banyak kalori ke dalam makanan Anda saat sakit.

"Itu bukan ide yang bagus jika tenggorokan Anda benar-benar sakit," kata Dr. Bob. "Alkohol itu akan "membakar" tenggorokanmu."

Minuman yang lembut seperti shake adalah asupan yang direkomendasikan dari Dr. Bob untuk meningkatkan asupan kalori. Sebab memberi beberapa protein dari susu (atau bubuk protein tambahan), tetapi tidak menyebabkan lebih banyak rasa sakit pada tenggorokan Anda.

Tapi perlu diingat, jangan lupa untuk minum air putih atau menghidrasi selama sakit. Menurut American Society for Parental and Eternal Nutrition, hidrasi memainkan peran penting dalam pemulihan dari COVID-19, termasuk varian Omicron. Karena tubuh bekerja keras untuk melawan penyakit—seperti melawan demam tinggi dan metabolisme yang meningkat—tubuh Anda akan membutuhkan hidrasi. Tidak minum apa pun tidak mendukung kemampuan tubuh Anda untuk melawan virus dan mendukung fungsi kekebalan Anda.

Baca juga: Beda Gejala Terpapar Varian Omicron yang Sudah Vaksin Dosis 1 dan Booster