Izinkan Putrinya Bikin Akun Instagram Pribadi, Ussy Sulistiawaty Beri Syarat Ini

(dari kanan) Ussy Sulistiawaty saat berbincang dengan putri sulungnya, Nur Amalia Putri atau akrab disapa Amel. Foto: tangkapan layar Youtube/Ussy Andhika Official

keluarga

Izinkan Putrinya Bikin Akun Instagram Pribadi, Ussy Sulistiawaty Beri Syarat Ini

Selasa, 22 Februari 2022 16:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di momen ulang tahunnya yang ke-17 pada Januari silam, Nur Amalia Putri atau Amel meminta izin bikin akun Instagram pribadi kepada orang tuanya, Andhika Pratama dan Ussy Sulistiawaty. Andhika langsung mengiyakan permintaan anak sambungnya di acara pesta sweet seventeen kala itu. Sementara Ussy meminta waktu untuk berpikir. Pertimbangan aktris yang kini aktif menjadi kreator konten itu karena fenomena warganet yang suka menyakiti. 

"Masih takut klo ada aja netizen iseng yg jahat nanti nyakitin hati nya amel, mamanya itu paling ga bisa liat anaknya sedih, jd klo ngebayangin nanti ada yg bikin dia sedih gara2 instagram haduh emaknya juga bisaaa ikutan drooppp saayyyyyy," ujarnya di Instagram pada awal Januari silam.

Sejak saat itu, Amel kerap bertanya kepada Ussy kapan diizinkan untuk bikin akun Instagram pribadi. Hal itu diungkap Ussy lewat vlog terbaru di kanal Youtube keluarganya, Senin, 21 Februari 2022.

"Jadi, mama itu udah ditanyain terus sama yang di sebelah mama (Amel). 'Kapan (bikin akun) Instagram', katanya gitu," ujar Ussy saat berbincang dengan Amel di dalam mobil usai belanja di supermarket akhir pekan lalu.

"Sebesar apa keinginan kakak Amel?" tanya Ussy dengan penasaran.

"Dari setahun lalu sih," respons Amel.

Putrinya ulang tahun ke-17 tahun minta izin Ussy Sulistiawaty bikin akun Instagram/Foto: Instagram/Ussy Sulistiawaty

Ussy kemudian merinci sejumlah syarat kala Amel membuat akun Instagram pribadinya. Salah satunya mengetahui password akun tersebut.

"Tapi mama yang bikini account-nya ya," ujar ibu lima anak itu. "Kan mama juga bakalan tahu password-nya," imbuh Amel dengan polos. "Tapi username-nya Amel bisa pilih sendiri," sambungnya. "of course (tentu saja)," jawab Ussy.

Menurut Ussy, langkah itu bukan untuk mengontrol atau memata-matai bagaimana putrinya bersosialisasi di media sosial, melainkan untuk melindunginya dari kejahatan di media sosial, contohnya penipuan atau penculikan.

"Kadang-kadang tuh banyak kasus dari DM DM-an, aku pernah baca tiba-tiba anaknya dibawa kabur. Mama lebih (khawatir) ke gitu doang. Jangan sampe. You know how much i love you, kan," imbuhnya. 

Ussy kemudian mengizinkan, tapi masih mengulur waktu dengan tidak memberikan kepastian waktu membuat akun Instagram tersebut. "Ntar di rumah ya, nanti kita persiapkan mental, nanti kita bikin yah," ucapnya.

"Amel sih sudah siap, mama aja belom," respons remaja perempuan kelahiran 11 Januari 2005.

Obrolan santai ibu dan anak itu kembali ke soal kriteria unggahan di media sosial versi Ussy. Yang pertama, perempuan 40 tahun itu mengingatkan jangan mengunggah foto dengan pakaian terbuka.

"Terus uploadnya nggak usah yang aneh-aneh, jangan yang terlalu terbuka-terbuka (pakaiannya). Enggak bakalan sih, kakak Amel. Ngomongnya jangan yang kasar," rincinya.

Amel kemudian meyakinkan Ussy bahwa unggahannya akan sesuai arahannya. Terkait ketakutan Ussy tentang adanya kemungkinan komentar negatif dari warganet, Amel mengungkap akan mengatur hanya akun Instagram yang diikutinya bisa merespons di kolom komentar unggahannya.  "Oh cakep, pinter," puji Ussy.

"Nanti cari baik ya dalam dua hari ini. Ya dalam dua hari ini cari hari baik antara besok atau senen. Kan malam ini gak mungkin, ada acara Kai (panggilan sayang ayah Ussy Sulistiawati)," jelasnya.

"Mama masalahnya suka lupa-lupa," ujar Amel. "Enggak, mama janji. Ini kan hari Sabtu, jadi kayaknya besok hari Minggu. Kayak pecah telor ya, kayak lagi beranak. Bismillahirrahmanirrahim," tegas Ussy Sulistiawaty.

Baca juga: Temani Kedua Putrinya Belanja, Ussy Sulistiawaty: Emaknya Pasrah Aja