Diet Vegan yang Cocok untuk Penderita Diabetes

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Buah dan sayur tak hanya kaya akan vitamin. Makanan sehat ini juga memiliki kandungan protein yang diperlukan tubuh.

Buah dan sayur tak hanya kaya akan vitamin. Makanan sehat ini juga memiliki kandungan protein yang diperlukan tubuh.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pola makan sehat salah satu kunci mengontrol gula darah bagi penderita diabetes. Apakah diet vegan salah satunya? Pola makan vegan benar-benar bebas dari daging, susu, dan produk hewani. Meskipun ini bisa menjadi cara makan yang bergizi, ini membutuhkan perencanaan yang matang untuk memastikan kita memenuhi semua kebutuhan nutrisi untuk tubuh.

Penderita diabetes yang menerapkan diet vegan membutuhkan lapisan perencanaan ekstra. Secara umum, penderita diabetes konsisten menjaga asupan karbohidrat sepanjang hari. Sebab karbohidrat mempengaruhi kadar gula darah lebih signifikan daripada protein dan lemak.

Makanan dan camilan juga harus seimbang dengan karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Memasukkan makanan nonkarbohidrat dalam makanan yang akan dikonsumsi dapat membantu mengurangi efek karbohidrat pada gula darah.

Semua ini dapat dilakukan dengan menggunakan makanan nabati secara eksklusif, meskipun mungkin tidak mudah untuk mengenal pola makan vegan.

Baca juga: Studi: Sarapan setelah Pukul 08.30 Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes

Berikut adalah beberapa contoh karbohidrat, protein, dan lemak yang dapat digunakan untuk membuat makanan dan camilan jika kita mengikuti pola makan vegan untuk diabetes.

1. Karbohidrat: tepung gandum utuh (roti, pasta), nasi, kentang, oat, bubur jagung, quinoa, buah (segar, beku, atau kalengan tanpa pemanis), jagung

2. Protein: kedelai dan produk kedelai (tahu, tempe), kacang-kacangan, lentil, kacang polong, kacang tanah, selai kacang, biji-bijian, alternatif daging nabati

3. Lemak: minyak zaitun, minyak alpukat, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, kelapa, olesan nabati.

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa pola makan vegan bermanfaat untuk diabetes, di antaranya meningkatkan manajemen gula darah, sensitivitas insulin, dan manajemen berat badan.

Tetapi, ada beberapa potensi kerugian dari pola makan vegan secara umum, khususnya bagi penderita diabetes. Contohnya, kekurangan nutrisi, protein yang tidak memadai, karbohidrat yang berlebihan. Tapi jangan khawatir dulu, kemungkinan kerugian ini dapat dihindari dengan perencanaan yang matang.

Berikut adalah beberapa tips untuk memulai diet vegan bagi penderita diabetes. Mulai dari membuat perencanaan makan, makan banyak sayuran non-starchy, seimbangkan makan dan camilan, konsumsi suplemen dengan bijak, campurkan protein hingga pantau gula darah secara teratur.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."