Raditya Oloan Meninggal, Mutia Ayu dan 2 Seleb Ini Ungkap Duka Mendalam

Raditya Oloan. Foto/Instagram

ragam

Raditya Oloan Meninggal, Mutia Ayu dan 2 Seleb Ini Ungkap Duka Mendalam

Jumat, 7 Mei 2021 08:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pendeta Raditya Oloan meninggal pada Kamis, 6 Mei 2021 pukul 18.13. Suami aktris Joanna Alexandra itu wafat di usia 36 tahun. Kepergian Raditya menjadi duka mendalam tak hanya bagi keluarga, tapi juga rekan selebriti yang mengenalnya.

Mulai dari penyanyi Mutia Ayu, aktris Shandy Aulia dan Rianti Cartwright menguntai pesan penghormatan terakhirnya kepada Raditya sekaligus menguatkan Joanna.

Melalui unggahan di Instagram Stories-nya Kamis malam, Mutia Ayu mengunggah foto Raditya Oloan memakai kaus putih sambil memegang mic. Di foto itu, a tampak menunduk dan terharu. "Tuhan hidupku punyamu, pakai untuk kehendakmu," bunyi keterangan di foto itu.

Unggahan Instagram Stories Mutia Ayu, Kamis, 6 Mei 2021. Foto: tangkapan layar Instagram @mutia_ayuu

Selain menuliskan rest in peace (istirahat dengan damai) Raditya Oloan, Mutia juga menguatkan Joanna. "Mama joan @joannaalexandra, i know you strong woman. Tuhan menopang selalu kamu, anak-anak, dan keluarga semua," ungkap Mutia.

Shandy Aulia juga menguntai pesan menguatkan yang tertuju pada Joanna melalui Instagram Stories. "@joannaalexandra Roh Kudus pasti berikan penghiburan dan kekuatan sejati. Semua tetap dalam kontrol Tuhan bagi kehidupan Joanna dan anak-anak (emoji tiga hati merah dan tiga telapak tangan menempel).

Unggahan Instagram Stories Shandy Aulia, Kamis, 6 Mei 2021. Foto: tangkapan layar Instagram @shandyaulia

Shandy juga mengucapkan terima kasih kepada Raditya yang menjadi berkat untuknya lewat pengalaman dan firman Tuhan yang kerap dibaginya.

"Hidup loe sudah menjadi berkat dan gue percaya Tuhan Yesus tersenyum melihat loe sekarang. Sampai akhir hidup loe aja masih menjadi berkat dan ingatkan gue kembali kalau kita di usia muda pun harus siap saat Tuhan bilang selesai," tulis istri David Herbowo itu disertai foto tangkapan layar Shandy saat berbincang dengan Raditya dan Joanna via Instagram Live.

Sementara Rianti Cartwright menguntai pesan duka mendalam di Instagram Stories, Jumat pagi, 7 Mei 2021. Ia mengunggah video sedang menggendong putrinya, Cara Rose. Suaminya, Cas Alfonso, sedang menggiling biji kopi. Mereka tampak duduk di kursi meja makan.

Unggahan Instagram Stories Rianti Cartwright, Jumat, 7 Mei 2021. Foto: tangkapan layar Instagram @riantic

"Pergi terlalu cepat (Raditya Oloan), tetapi hidupnya berdampak luar biasa," tulisnya dalam bahasa Inggris. Tak lupa, ia mendoakan dan menguatkan Joanna beserta keluarga.

Sebelum meninggal, Raditya dan keluarganya berjuang melawan Covid-19. Raditya, Joanna Alexandra, tiga anak mereka, dan beberapa staf rumah tangga dinyatakan positif Covid-19 dan membuat mereka dirawat di Wisma Atlet. Hanya satu anaknya, perempuan, yang negatif. 

Lantaran kondisinya terus memburuk, Raditya Oloan dilarikan ke RS Persahabatan, Jakarta Timur pada 18 April 2021. Setelah diswab PCR, Raditya dinyatakan negatif Covid-19. 

Tapi Raditya Oloan memiliki komorbid asma yang membuatnya sesak napas. Ia pun mengalami badai sitokin. Pasien terinfeksi Covid-19 dan bahkan influenza bisa meninggal karena reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh yang disebut badai sitokin. Sitokin adalah protein kecil yang dilepaskan oleh banyak sel berbeda di dalam tubuh, termasuk sistem kekebalan tubuh tempat mereka mengkoordinasikan respons terhadap infeksi. Reaksi berlebihan itu akhirnya memicu peradangan. 

Selamat jalan Raditya Oloan.

SILVY RIANA PUTRI | ISTIQOMATUL HAYATI