Pesona Mutia Ayu dalam Balutan Gaun Tenun Tanimbar di Konser 25 Tahun Glenn Fredly

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Mutia Ayu dan putrinya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo. Foto: Instagram/@mutia_ayuu

Mutia Ayu dan putrinya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo. Foto: Instagram/@mutia_ayuu

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi, Mutia Ayu tampil memikat di konser 25 tahun mendiang suaminya, Glenn Fredly berkarya di industri musik pada akhir pekan kemarin. Tak hanya dari lantunan suaranya, Mutia juga tampil memesona dalam balutan gaun berbahan kain tenun tanimbar rancangan Didiet Maulana. Seperti kita ketahui tenun tanimbar adalah salah satu kain tradisional dari Maluku, yang juga merupakan tanah kelahiran Glenn Fredly.

Lewat akun Instagram-nya, Didiet berbagi kisah di balik gaun yang dipakai Mutia beserta putri semata wayangnya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo. Didiet mengawali kisah dengan niat Glenn ingin mengajak dia membuat pelatihan tenun di Ambon pada 2017 lalu. Tujuannya untuk penyemangat anak-anak muda di Indonesia Timur.

"Bung punya banyak mimpi termasuk kasi semangat untuk dunia tenun di sana," tulis Didiet di Instagram, Minggu, 25 Juni 2023 disertai tangkapan layar percakapan dia dan Glenn di WhatsApp.

Seolah bicara dengan Glenn, Didiet mengatakan bahwa dia sudah menyulap kain tenun tanimbar buatan mama-mama penenun menjadi gaun cantik yang dipakai Mutia.

"Bung, beta (saya) su bikin tenun dengan mama-mama penenun di Tanimbar saat itu. Tenun yang Bung kasi semangat untuk mereka bikin. Dan ketika jadi, Bung belum sempat itu liat seperti apa cantiknya," tuturnya.

Seperti ketahui pelantun Cinta Sejati itu wafat pada 8 April 2020 silam akibat meningitis.

Mutia Ayu dan Gewa mengenakan busana rancangan Didiet Maulana yang dibuat dari tenun Taninmbar, di konser Glenn Fredly: 25 Years of Music. Instagram/didietmaulana

Didiet kemudian membagikan inspirasi busana Mutia dan Gewa adalah dari estetika busana Indonesia seperti kain yang dibentuk di dada, dan ditambah dengan renda bordir halus bermotif renda-renda, karena memang banyak motif Timur yang terpengaruh budaya Eropa.

"Untuk Mutia beta kasi veil kepala serupa ketika Mutia menikah. Namun malam ini semua berwarna hitam dengan taburan kristal sehingga gemerlap di panggung. Gewa lagi senang dengan film Wednesday, Bung. Beta coba buat baju yang sedikit ada ide dari sana. Pas nyobain Gewa ga mau copot!" ungkapnya.

Desainer yang identik dengan tenun itu, berharap dengan menunjukkan kain ini melalui busana Mutia dan Gewa, menjadi saksi bagaimana mendiang Glenn Fredly kerap memberikan dukungan yang membuat dunia kreatif Indonesia semakin hebat. "Walau Bung ga sempat liat kainnya, tapi malam ini, kain yg Bung kasi semangat ke Mama-mama penenun itu, disaksikan banyak orang," tandasnya.

Ada Hologram Glenn Fredly

Konser yang menandai 25 tahun berkarya mendiang Glenn Fredly digelar pada Sabtu, 24 Juni 2023 di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara. Konser yang bertajuk “Glenn Fredly: 25 Years of Music” melibatkan beberapa musisi lintas generasi, termasuk Mutia Ayu, Yura Yunita, Dewi Perssik, Rossa, Iwan Fals, Yovie Widianto, dan masih banyak lainnya. 

Dalam konser itu, Mutia juga menyanyikan lagu Itu Saja bersama dengan sosok Glenn Fredly yang dihadirkan dalam hologram, serta Gewa.

Konser Glenn Fredly: 25 Years of Music digagas oleh Ryan Novianto, COO dari Premier Live Productions. Ryan dan Glenn merencanakan konser itu sesaat sebelum Glenn meninggal pada 2020. 2020. Konser itu menampilkan sosok Glenn Fredly dalam balutan teknologi hologram serta artificial intelligence dan computer generated imagery guna menampilkan sosoknya untuk mengobati rindu para penggemar. 

Ucapan Terima Kasih dan Syukur Mutia Ayu

Mutia Ayu dan Gewa mengenakan busana rancangan Didiet Maulana yang dibuat dari tenun Taninmbar, di konser Glenn Fredly: 25 Years of Music. Instagram/didietmaulana

Lewat akun Instagram-nya, Mutia Ayu menghaturkan ucapan terima kasih kepada segala pihak yang terlibat dan mendukung konser mendiang suaminya.

"Rasanya tidak cukup ungkapan kata Terimakasih ini untuk semua pihak yang telah mewujudkan acara ini, beribu kata Syukur dan Terimakasih kepada semua yang tak pernah lelah untuk selalu suport acara Glenn Fredly 25 Years Of Music sehingga berjalan dengan lancar," tulisnya di Instagram, Senin, 26 Juni 2023.

Dia juga mengunggah pesan spesial untuk Gewa. "Terimakasih Gewa udah temenin dan kuatin Bunda di atas panggung, karna Gewa Bunda bisa lewatin semua," ucapnya.

"Semoga ayah happy di sana karna apa yang Ayah inginkan Gewa temenin Ayah di atas panggung Akhirnya terjadi,meskipun dalam bentuk hologram tapi mudah-mudahan ayah happy di sana," jelasnya.

Mutia Ayu menutup pesannya dengan mengucapkan betapa bangga dia dan Glenn terhadap Gewa. Dan, tak lupa ungkap sayang kepada Gewa.

Pilihan Editor: Ini Karakter Glenn Fredly yang Bikin Mutia Ayu Jatuh Cinta

AN NISA RISTIANTI | INSTAGRAM 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."