7 Makanan Bebas Repot Buat Kamu yang Jalani Diet Mediterania

Saat menurunkan berat badan, perhatikan pula kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh. (Foto: Canva)

kesehatan

7 Makanan Bebas Repot Buat Kamu yang Jalani Diet Mediterania

Rabu, 31 Maret 2021 14:47 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Kinanti Munggareni

CANTIKA.COM, JakartaDiet Mediterania dikenal luas karena manfaat kesehatannya. Tetapi jika pikiran tentang waktu tambahan di dapur untuk menyiapkan makanan yang seimbang membuat Anda ingin menjerit, jangan menyerah sepenuhnya. Diet Mediterania cukup mudah dilakukan jika Anda tahu makanan yang tepat.

“Fokusnya adalah makan lebih banyak makanan utuh seperti buah-buahan dan sayuran dan hindari makanan yang diproses secara berlebihan,” kata ahli diet terdaftar Wintana Kiros, dikutip dari Huffington Post. “Karena ini termasuk semua kelompok makanan, itu berkelanjutan.”

Berikut adalah bahan makanan tips diet mediterania bebas repot.

Minyak zaitun

Minyak zaitun extra-virgin adalah lemak pilihan dalam Diet Mediterania. Anda akan menggunakannya setiap hari untuk memasak, menyelesaikan hidangan, dan bahkan memanggang, jadi ada baiknya Anda mengetahui apa yang Anda cari saat memilih minyak zaitun yang berkualitas.

Greek Yogurt

Ahli gizi dan ahli gizi terdaftar E.A. Stewart, pendiri Spicy RD Nutrition, mengatakan Greek Yogurt adalah bahan yang baik untuk disimpan.

“Banyak klien saya tidak mendapatkan cukup protein saat sarapan. Saya merekomendasikan yogurt Yunani polos tanpa pemanis dengan buah dan kacang-kacangan atau biji-bijian untuk sarapan berprotein tinggi yang mudah dan memuaskan, ”kata Stewart. "Yoghurt Yunani mengandung hampir dua kali lipat protein dari yogurt biasa, dan merupakan sumber kalsium, vitamin B12, kalium, dan probiotik yang baik."

Flax dan Chia Seed

Kebanyakan orang tidak makan serat sebanyak yang seharusnya, kata Kiros. Dia menantang klien untuk menambahkan 8 hingga 10 gram serat ke setiap makanan, dan merekomendasikan menambahkan biji rami atau biji chia ke piring untuk melakukannya.

“Saya terus-menerus menggilir antara biji rami dan biji chia setiap pagi, menambahkannya ke yogurt Yunani atau oatmeal,” kata Kiros. “Ini adalah rutinitas yang mudah untuk diterapkan, dan semuanya dikemas dengan omega-3 dan serat.”

Gandum

Oat gandum bebas gluten menawarkan sumber utama serat larut untuk kesehatan jantung dan pencernaan, menurut Stewart, dan gandum mentah memberikan pati resisten untuk mikrobioma usus yang sehat. Sarapan cepat favorit Stewart adalah oat untuk semalam.

Dia juga merekomendasikan menambahkan gandum ke smoothie dan adonan pancake, dan menyarankan mereka sebagai dasar untuk hidangan gurih dengan tumis sayuran dan telur.

Mentega kacang

Kacang dan biji-bijian adalah makanan pokok dalam Diet Mediterania, dan selai kacang menambah manfaat lemak sehat, vitamin dan mineral, kata Stewart.

"Saya adalah penggemar berat Diet Mediterania yang berfokus pada semua makanan lezat yang bisa Anda makan versus yang tidak," katanya.

Stewart merekomendasikan untuk mengaduk selai kacang ke dalam yogurt Yunani, lalu taburi dengan buah. Atau Anda dapat meminta anak-anak untuk bekerja menggulung gigitan energi tanpa memasak dengan gandum, selai kacang, buah kering, biji-bijian, dan keripik cokelat.

Ikan Beku dan Kalengan

Aspek yang menakutkan dari memulai diet ini adalah memasukkan cukup ikan, tetapi ada cara mudah untuk meningkatkan jumlah ikan yang Anda makan.

“Cara favorit baru saya untuk makan ikan adalah sarden,” kata Kiros. “Saya menambahkannya ke sandwich dan atasnya dengan bubuk bawang putih dan cabai yang dihancurkan atau ramuan campuran, sayuran dan minyak zaitun. Sarden memiliki asam lemak omega-3 tingkat tinggi dan merkuri rendah dibandingkan ikan lainnya. "

Penambah Rasa: Herbal Segar, Lemon dan Bawang Putih

Untuk menyantap makan malam dari yang sederhana hingga yang lezat, Karadsheh menggabungkan berbagai bumbu, termasuk peterseli Italia, adas manis, mint segar, dan kemangi.

Kiros menyarankan untuk menyimpan bawang putih, kunyit, dan kari, yang "meningkatkan rasa tanpa menambahkan garam berlebih, dan juga menawarkan manfaat kesehatan anti-inflamasi."

Deretan makanan sehat ini bisa membantu Anda untuk melakukan diet Mediterania dengan mudah.

Baca juga: Satu Lagi Kelebihan Diet Mediterania, FAO pun Mendukung

HUFFINGTON POST