7 Manfaat Probiotik dari Kesehatan Kulit dan Atasi Kecemasan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi yogurt. Wikipedia.org

ilustrasi yogurt. Wikipedia.org

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bakteri tidak selalu buruk bagi tubuh. Ada yang namanya bakteri baik atau probiotik yang bermanfaat melancarkan proses pencernaan. Contoh makanan yang mengandung probiotik di antaranya yogurt, kombucha, dan kimchi. Probiotik tidak hanya berupa bakteri, tetapi juga bisa berupa mikroorganisme lainnya.

Probiotik adalah istilah yang merujuk pada mikroorganisme hidup yang saat dikonsumsi akan memberikan berbagai macam manfaat yang baik untuk pencernaan. Sebab itu, probiotik tidak hanya bakteri, tetapi juga bisa berupa jamur.

Jamur dan bakteri probiotik dapat dikonsumsi melalui makanan dan minuman fermentasi, tetapi tidak semua makanan dan minuman fermentasi mengandung jamur dan bakteri probiotik. Beberapa yogurt tidak memasukkan jamur dan bakteri probiotik, karenanya Anda perlu membaca label yogurt untuk memastikan apakah terdapat jamur atau bakteri probiotik dalam yogurt yang akan dibeli.

Beberapa makanan dan minuman fermentasi melalui proses yang dapat mematikan jamur dan bakteri probiotik, seperti proses pasteurisasi, panggang, dan sebagainya. Contoh makanan dan minuman fermentasi yang melalui proses yang mematikan probiotik adalah cokelat, bir, wine, kecap asin, dan sebagainya. Ada tiga jenis probiotik yang biasanya sering digunakan, yaitu bakteri probiotik bifidobacterium, lactobacillus, dan jamur probiotik saccharomyces boulardii.
 
Ilustrasi kombucha. (Delish/Parker Feierbach) 
 

Berikut ini sejumlah manfaat probiotik untuk kesehatan tubuh

1. Menjaga kesehatan kulit
Manfaat probiotik tidak hanya terbatas pada pencernaan, tetapi juga untuk menjaga kesehatan kulit. Jamur atau bakteri diketahui mampu mengatasi jerawat, membantu pemulihan luka, dan melindungi kulit dari sinar matahari.

2. Menyeimbangkan ekosistem dalam pencernaan
Bakteri dan jamur probiotik merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh karena salah satu manfaat probiotik adalah untuk menyeimbangkan ekosistem bakteri dalam pencernaan. Ketidakseimbangan mikroorganisme dalam pencernaan berpotensi meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan sebagainya. Manfaat probiotik adalah untuk menjaga keseimbangan dan memastikan mikroorganisme baik dalam tubuh tetap bekerja dengan baik.

3. Mendukung penurunan berat badan
Kabar baik bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan karena salah satu manfaat probiotik adalah membantu perjalanan Anda dalam mencapai berat badan ideal Anda. Manfaat probiotik dalam menurunkan berat badan dibuktikan melalui riset yang menemukan bahwa bakteri probiotik lactobacillus gasseri bisa menurunkan lemak di perut dalam kurun waktu 12 minggu. Meskipun demikian, perlu penelitian lebih lanjut mengenai fungsi probiotik terhadap penurunan berat badan.

4. Menjaga kesehatan pencernaan
Manfaat probiotik yang paling terkenal tentunya adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Probiotik dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan menyeimbangkan kembali ekosistem bakteri dalam pencernaan. Dalam menjaga kesehatan pencernaan, manfaat probiotik adalah juga untuk meringankan gejala dari sindrom iritasi usus besar, melawan infeksi bakteri H.pylori yang dapat memicu kanker lambung, dan mengatasi penyakit radang usus.

5. Mencegah dan membantu atasi infeksi saluran pernapasan
Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat probiotik adalah untuk mencegah dan mengobati infeksi saluran pernapasan, seperti pilek dan sebagainya. Konsumsi bakteri probiotik lactobacillus dan bifidobacterium mampu mempersingkat durasi sakit yang dialami dan mengurangi tingkat absen karena sakit.

6. Menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah
Probiotik ditemukan mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, juga bermanfat untuk menurunkan tekanan darah.

7. Meringankan depresi dan kecemasan
Siapa sangka bahwa kesehatan mental juga bisa dijaga dengan mengonsumsi jamur atau bakteri probiotik melalui kontribusinya terhadap perkembangan otak, untuk meringankan gejala depresi dan kecemasan.

SEHATQ

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."