Baby G Bantu Memasak, Aliya Rajasa: Anak Perempuanku Sudah Bisa Jadi Sous Chef

(Paling kiri) Aliya Rasaja bersama anak ketiganya, Gayatri Idalia Yudhoyono atau Baby G. Instagram/@ruby_26

keluarga

Baby G Bantu Memasak, Aliya Rajasa: Anak Perempuanku Sudah Bisa Jadi Sous Chef

Kamis, 11 Maret 2021 07:39 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaAliya Rajasa kerap membagikan aktivitas ia bersama ketiga anaknya, Airlangga Satriadhi Yudhoyono, Pancasakti Maharajasa Yudhoyono, dan Gayatri Idalia Yudhoyono. Dalam unggahan terbaru Instagram-nya, istri Edhie Baskoro Yudhoyono itu mengunggah aktivitas si bungsu, Gayatri Idalia Yudhoyono atau Baby G ikut memasak.

Aliya membagikan empat foto Baby G yang berdiri di atas kursi putih untuk ikut memasak. Ia tampil manis mengenakan gaun renda warna peach. Rambut panjangnya dikuncir rapi ke belakang.

Selain foto, Aliya membagikan dua video Baby G membantu membuat jelly. Di video pertama, ia menuangkan bubuk jelly ke dalam panci, sementara Aliya mengaduknya. Di video kedua, Baby G terlihat fokus memasukkan jelly ke dalam cetakan bentuk es krim.

"Ibu Gaia seharian sibuk di dapur, masak makanan untuk mas-masnya: daging sapi cincang utk mas Sakti, sop ayam utk mas Airlangga, dan oseng tahu toge. Lalu request mas Sakti dan Pappienya: popsicles jelly," Aliya menjelaskan menu masakan yang dibuatnya dalam keterangan Instagram, Rabu, 10 Maret 2021.

Aliya kemudian mengapresiasi Baby G yang sudah bisa membantunya memasak. "Hebat anak wedhokkuu (perempuan) sudah bisa jadi sous chef (membantu koki utama)," ungkap perempuan berusia 34 tahun itu.

Kegiatan ibu dan anak memasak bersama seperti Aliya dan Baby G memiliki sederet manfaat. Selain memperkuat ikatan batin (bonding), aktivitas memasak bisa membantu tumbuh kembang anak.

Melansir laman Healthy Little Foodies, mengajak anak memasak di usia muda bisa jadi modal keterampilan mereka beradaptasi dengan baik hingga dewasa.

Dari segi pengembangan palet rasa, anak-anak akan lebih banyak mengenal tekstur dan rasa yang berbeda di setiap bahan masakan. Semakin muda Anda memulai, semakin baik. Anak-anak lebih cenderung mau mencoba bahan dan makanan yang berbeda jika mereka mengalaminya sejak usia dini

Aktivitas mengaduk, mengukur, menggulung, memeras, dan menuangkan bumbu berdampak besar pada keterampilan koordinasi motorik halus dan tangan-mata si kecil.

Memasak bersama anak menawarkan kesempatan bagus untuk membantu perkembangan bahasa. Berbicara dan mendeskripsikan apa yang Anda lakukan dapat membuat anak mengenal kata-kata dan istilah baru. Seiring bertambahnya usia anak-anak, mereka dapat menjelaskan kepada Anda apa yang mereka lakukan, apa yang mereka lihat, cium, dan rasakan.

Anak juga bisa belajar mengenal angka dan berhitung saat menggunakan timbangan atau ukuran bumbu yang Anda pakai menggunakan sendok.

Kegiatan memasak bisa menjadi tempat untuk menumbuhkan harga diri, kepercayaan diri, dan harga diri anak Anda. Mengajak anak-anak memasak memberikan banyak kesempatan untuk mendorong dan merayakan pekerjaan mereka.

Anak-anak merasa sangat bangga ketika mereka merasa telah berhasil menyiapkan hidangan untuk diri mereka sendiri atau keluarga mereka.

Tertarik mengajak anak Anda ikut memasak seperti yang dilakukan Aliya Rajasa dan Baby G?

Baca juga:

Berfoto dengan Ketiga Anaknya, Aliya Rajasa: Berjuang Terus Anak-anakku