Cara Anggun C. Sasmi Melepas Rindu dengan Indonesia, Salah Satunya Masak Nasi

Anggun C. Sasmi, penyanyi. Instagram/@anggun_cipta

profil

Cara Anggun C. Sasmi Melepas Rindu dengan Indonesia, Salah Satunya Masak Nasi

Selasa, 12 Januari 2021 12:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Anggun Cipta Sasmi atau lebih dikenal Anggun C. Sasmi punya ragam cara saat melepas rindu dengan Indonesia. Ia memilih menyantap sederet makanan, memasak nasi, dan minum teh melati.

"Kalau lagi kangen sih sebenarnya buat gue gampang ya soalnya. Mulainya tuh dari makanan. Masak nasi," serunya sembari tertawa kepada Dave Hendrik dalam vlog Brunch with Dave yang diunggah di YouTube Harper's Bazaar Indonesia, 29 Oktober 2020.

Anggun mengaku nasi yang dikonsumsinya adalah beras jasmine rice dari Thailand dan basmati rice dari India. Secara berkelakar, ia mengungkapkan akan membeli beras Indonesia di koperasi Kedutaan Besar Indonesia di Prancis agar mendapat harga murah.

"Mungkin next time gue harus pergi ke koperasi di KBRI, ya. Biar dikasih harga murah. Bawanya sekarung gitu," tutur ibu satu putri itu.

Selain memasak nasi, menyantap masakan Indonesia di restoran Djakarta Bali yang ada di Paris juga termasuk pengobat rindunya. Ia mengaku akan menghampiri restoran tersebut jika rindu makan rendang dan martabak. Menurut Anggun, martabak merupakan menu baru di restoran tersebut dan tergolong mewah.

"Langsunglah gue meluncur ke sana. Udah gitu mereka punya menu baru, martabak. Martabak asin buat gue mewah," ucap perempuan 46 tahun itu.

Anggun juga mengungkapkan ada sejumlah makanan yang tidak mau dia bagi sekalipun dengan sang suami, Christian Kretschmar. Apa itu? Mi ayam dan nasi goreng kambing.

"Soalnya kan adek gue kan di Jakarta, chef di restoran di Ivy. Selalu bikinin gue, di menunya ada mi ayam. Gue kalo ke situ, kalo makan itu, gue gak mo share. Nasi goreng kambing ijonya, duh gue gak mo share sama laki gue. Pokoknya harus selalu dia order sendiri dan gue order sendiri," katanya.

Tak hanya makanan khas Indonesia, minum teh melati masuk daftar pengobat rindu dengan Tanah Air. "Jadi, minum teh. enggak boleh bilang mereknya, ya. Pokoknya minum teh melati yang kayak gitu-gitu," imbuh pelantun Tua-tua Keladi itu.

Ia juga menyebutkan menelepon sanak saudaranya juga menjadi pelepas rindu dengan Indonesia. Anggun C. Sasmi hijrah dan melanjutkan karier bernyanyi di benua Eropa pada tahun 1994. Sebelum menetap di Paris, ia sempat bermukim di London dan Belanda. Meski memilih menetap di sana dan sudah menjadi warga negara Prancis, Anggun tak melupakan tanah kelahirannya Indonesia. Selain urusan pekerjaan, ia masih sering kembali ke Indonesia untuk keperluan keluarga dan liburan.