9 Fakta Menarik Hwang Minhyun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Hwang Minhyun. Instagram.com/@optimushwang

Hwang Minhyun. Instagram.com/@optimushwang

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaPenyanyi sekaligus aktor asal Korea, Hwang Minhyun bakal menggelar mini konser di The Kasablanka Hall, Jakarta Selatan, pada 19 Agustus 2023. Berdasarkan unggahan Instagram Mecimapro, promotor konser tersebut, Minhyun mengaku bahwa dia semangat bertemu dengan Hwangdo (sebutan untuk penggemarnya) dan tidak sabar bersenang-senang dengan penggemarnya di Indonesia.

Bukan cuma itu, Minhyun juga mengatakan bahwa tak sabar menjajal makanan Indonesia. “Saya ingin sekali makan nasi goreng dan mie goreng lokal di Indonesia,” jelasnya.

Untuk lebih mengenal lebih dekat sosok Hwang Minhyun, berikut sederet fakta menariknya.

1. Profil

Usia Minhyun saat ini menginjak 27 tahun. Lahir pada tanggal 9 Agustus 1995, Minhyun berzodiak Leo. Dia memiliki satu saudara perempuan yang lebih tua darinya. Minhyun mengikuti trainee di Pledis Entertainment pada usia 15 tahun. Dia bisa bermain piano, pandai menulis serta membuat lagu. MBTI-nya adalah ESFJ.

2. Satu SMA dengan Bae Suzy

Meskipun dipadatkan dengan sederet jadwal sebagai peserta pelatihan atau trainee, Minhyun tetap menghadiri kelasnya di School of Performing Arts Seoul. Sekolah Menengah Atas (SMA) seni itu tampaknya menjadi tempat belajar bagi banyak idola Korea. Alumninya antara lain Jaehyun dari NCT, Kai dari EXO, Joy dari Red Velvet, juga Bae Suzy atau Suzy, anggota grup Miss A sebelum menjadi seorang aktris.

3. Jadi Model Video Musik

Sebelum Minhyun menjadi trainee dan dibina oleh Pledis Entertainment, dia debut tampil di layar kaca menjadi model video musik. Dia diketahui menjadi model di video musik lagu cinta Shanghai Romance karya grup Orange Caramel.

4. Karier di Boy Group

Pada 15 Maret 2012, Minhyun melakukan debut resminya sebagai vokalis utama dan visual dari boy group beranggotakan lima orang, NU'EST. Lagu debut mereka berjudul Face. 

Pada tahun 2017, Minhyun mengambil bagian dalam acara survival show bertajuk Produce 101 musim kedua bersama rekan satu grupnya di NU'EST, yakni JR, Baekho, dan Ren. 

Dia berhasil menang di peringkat 9 dengan jumlah vote 862.719. Setelahnya, Hwang Minhyun debut sebagai anggota Wanna One pada 2017 hingga 2019. 

Hwang Min Hyun. (Instagram/@optimushwang)

5. Debut Aktor pada 2016

Hwang Minhyun debut akting di film indie Jepang bertajuk Their Distance (2015). Dia berperan sebagai karyawan toko swalayan Korea dan mahasiswa yang jatuh cinta dengan rekan kerjanya.

Setelah itu, dia membintangi drama romansa remaja bertajuk Live On. Tokoh yang diperankan Minhyun adalah Go Eun Tak, siswa yang berperan aktif mengikuti banyak kegiatan ekstrakurikuler sekaigus manajer klub penyiaran di sekolahnya. Dalam suatu wawancaranya, dia mengaku iri dengan kehidupan Eun Tak, karakter utama di drama tersebut.

“Sangat iri dengan karakter tersebut [karena] dia mengumpulkan begitu banyak kenangan di sekolah dengan melakukan semua [kegiatan ekstrakurikuler]," sementara dia menghabiskan sebagian besar masa remajanya sebagai trainee.

Jadi, dia menganggap peran tersebut sebagai pengalaman yang tak terlupakan. "Semua yang saya rasakan saat saya memainkan peran Go Eun-taek benar-benar memberi saya kesempatan untuk berkembang secara pribadi. Saya sangat berterima kasih kepada penonton dan penggemar saya,” ucap Minhyun.

Popularitasnya semakin naik kala membintangi drama Alchemy of Souls musim satu dan dua pada 2022 sebagai Seo Yul. Setelahnya Minhyun berperan sebagai Kim Do Ha dalam drama bertajuk My Lovely Liar pada 2023.

6. Penggemar Berat Melodrama

Memainkan peran romantis dan menyanyikan lagu-lagu cinta sepertinya menjadi sifat alami Hwang Minhyun. Selama wawancaranya untuk 1st Look Korea, dia menceritakan bahwa beberapa film favoritnya adalah Begin Again dan La La Land. Dia juga menyebutkan bahwa film tersebut menginspirasinya untuk mengekspresikan cinta dalam karya-karyanya.

7. Pernah Bintangi Proyek Musikal

Pada Juni 2019, Minhyun debut sebagai aktor musikal di Marie Antoinette, di mana dia berperan sebagai Count Axel von Fersen, seorang bangsawan Swedia yang jatuh cinta dengan Marie Antoinette. Meskipun ini adalah musikal pertamanya, Minhyun dipuji oleh sesama aktor musikal. 

Untuk penampilannya tersebut, dia dinobatkan sebagai Aktor Baru Terbaik oleh Stagetalk Audience Choice Awards.

8. Merilis Lagu Solo

Hwang Minhyun juga merilis lagu solo selain aktif mengikuti kegiatan grup. Single solo digitalnya, Universe adalah single pra-rilis dari album comeback pertama NU'EST sebagai grup lengkap setelah Minhyun kembali, berjudul Happily Ever After.

Dia juga merilis Moonlight dan I'll Spend All My Days With You yang masing-masing merupakan original soundtrack (OST) untuk webtoon Love Revolution dan drama korea The Red Sleeve. Selain itu, dia juga mengerjakan beberapa kolaborasi dengan artis Korea lainnya.

9. Akun Media Sosial

Jika ingin mengetahui lebih dekat keseharian atau proyek yang dibintangi Hwang Minhyun, Anda bisa singgah ke akun Instagramnya @optimushwang.

Pilihan Editor: Mengenal Lee Junho, Pemeran Gu Won di King the Land

AN NISA RISTIANTI | PREVIEW | COSMO

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."